Rabu, 23 Agustus 2023

BILANGAN BULAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

  MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA

 FASE                                     :  D

MATERI POKOK                 : BILANGAN BULAT DAN PECAHAN

PERTEMUAN                       : KE 3 DARI 3

GURU PENGAMPU             : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

WAKTU PEMBELAJARAN : 2 X 40 MENIT


CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial). Peserta didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
 1 .  Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.      Bergotong royong

3.      Berkebinekaan global

4.      Mandiri

5.     Bernalar Kritis, dan Kreatif

Maka peserta didik Diharapkan 
  • Mampu  Menentukan hasil dari operasi hitung perkalian bilangan bulat
  • Mampu Menentukan hasil dari operasi  pembagian bilangan bulat

Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan  nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi ayo kita ulangi sedikit materi minggu lalu yaitu tentang pengertian bilangan bulat, membandingkan bilangan bulat dan operasi pada  bilangan bulat.
Pertemuan kali ini kita akan memasuki materi 

MENYELESAIKAN PERMASALAHAN BILANGAN BULAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI


LEMBAR KEGIATAN SISWA

MATERI POKOK: BILANGAN BULAT

Nama Kelompok

Anggota Kelompok 1. ........................................

   2. ........................................

   3. ........................................

  4. ........................................

   5. ........................................

 

. Latihan

1.      Budi berdiri di atas lantai berpetak, dia berdiri disatu titik dan dinamakan titik 0. Garis pada petak didepan Budi diberi angka 1, 2, 3, ..., dan garis yang berada di belakang Budi diberi angka -1, -2, -3, .... Budi melangkah maju sebanyak 4 langkah, kemudian ia mundur sebanyak 7 langkah, kemudian maju 2 langkah dan mundur 4 langkah. Sekarang budi berada di angka berapa, pada garis lantai berpetak.

2.      Diketahui suhu didalam ruangan laboratorium 180C. Karena akan digunakan untuk  sebuah penelitian, maka suhu diturunkan menjadi 250C. Setelah 2 jam suhu ruangan  laboratorium harus dinaikkan lagi 130C. berapakah suhu ruangan laboratorium sekarang?

3.      Seekor ikan berada dalam kedalaman 800m di bawah permukaan laut, ikan itu berenang sejauh 150m menuju permukaan laut, posisi ikan itu sekarang berada …

a.       950 m di bawah permukaan laut

b.      950m di atas permukaan laut

c.       650 m di bawah permukaan laut

d.      650 m  di atas permukaan laut

 

4.      Aturan penskoran dalam ulangan matematika kelas VII adalah sebagai berikut : Jawaban benar diberi skor  5, salah skor  -2  dan tidak menjawab skor  0.  Dari 30 soal, Budi menjawab dengan benar  23 soal, tidak menjawab 5 soal.  Berapa skor total yang diperoleh Budi ?

 

5.      Seorang karyawan menerima gaji Rp700.000,-/bulan.Sedangkan pengeluar-an untuk memenuhi kebutuhan hidupnya adalah  Rp1.100.000,-/bulan.  Untuk men-cukupi kekurangannya ia minta kiriman orang tuanya. Berapa jumlah kiriman dari orang tuanya dalam satu tahun untuk mencukupi kekurangan tersebut ?

 

 

 

6.      Hitunglah !

           a.    (21 : 3) + 5   =

           b.    15 + 4 x 2  =

           c.    (5 x 8) – (12 : 3)  =     

 

7.      Hitunglah dengan cara yang paling mudah

                 a.   28 x 21 + 28 x 12 + 28 x 34

       

 

 

 Demikianlah materi hari ini, semoga peserta didik memahami dan dapat  mengerjakan soal soal dalam kehidupan sehari hari, kalau masih ada yang belum paham silahkan bertanya ke ibu ya nak

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar