MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : 9C,9D
MATERI : BENTUK AKAR
PERTEMUAN : KE 1 DARI 2
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
WAKTU PEMBELAJARAN : 2 X 40 MENIT
KD : 3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan
rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi peserta didik diharapkan
- Menyajikan hasil pembelajaran merasionalkan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasional bentuk akar, serta sifat-sifatnya
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pada hari ini, mari kita ulas sedikit materi minggu kemarin yaitu tentang bentuk akar. Nah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi
MERASIONALKAN PENYEBUT BENTUK AKAR
Cara Menyelesaikan Soal Penyebut Pecahan
Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar ialah metode perubahan pecahan rasional pada penyebutnya menjadi bilangan irasional. Bilangan irasional sendiri dapat diartikan sebagai bilangan irasional yang memiliki bentuk akar di dalamnya. Anak-anak dapat mengamati bentuk akar dalam penyebut pecahan seperti
Jika pecahan memiliki penyebut berbentuk akar tersebut, maka harus disederhanakan dengan cara merasionalkannya terlebih dahulu. Dengan begitu pecahan tadi dapat memiliki penyebut yang bilangannya irasional.
Bentuk Pecahan
1. A/√B
Pecahan yang bentuknya
mengandung bentuk akar yang dinyatakan dalam wujud √b dan bilangan rasional seperti a. Penyebut pecahan bentuk akar ini dapat dirasionalkan dengan cara mengalikannya pada bentuk akar sejenis yakni dikalikan dengan
Maka dari itu metode pengerjaannya akan menjadi seperti di bawah ini:
Contoh Soal
Hitunglah nilai dari:
1.
Pembahasan.
Contoh soal merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar ini dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Bentuk Pecahan
2.
atau
Untuk menyelelesaikan contoh soal merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar yang berbentuk seperti di atas dapat dilakukan dengan cara perkalian bentuk sekawannya. Untuk itu bentuk persamaannya akan diubah menjadi seperti berikut ini:
Contoh Soal
Tentukan nilai dari:
Pembahasan.
Contoh soal merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut ini:
LATIHAN SOAL
1. Bilangan 2/√6 dirasionalkan penyebutnya menjadi...
2. Bentuk rasional dari 20/(√8- √3) adalah...
3. Diketahui a =√2 dan b = √3 . Nilai dari 5ab + 2√24 adalah...
4. Bilangan
di rasionalkan penyebutnya menjadi......
5. Bilangan
di rasionalkan penebutnya menjadi.......
KESIMPULAN
Demikianlah materi hari ini, ibu harapkan anak anak paham dengan materi hari ini yaitu tentang merasionalkan bentuk akar dan operasinya, kalau ada yang belum paham supaya lebih paham silahkan anak anak bertanya langsung ke ibu ada tulis di kolom komentar ya nak
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama: Nadia Amelia
Kelas: 9D
Absen: 17
Keterangan: Hadir.