MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
FASE : D
MATERI POKOK : BILANGAN BULAT DAN PECAHAN
PERTEMUAN : KE 3 DARI 3
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
WAKTU PEMBELAJARAN : 2 X 40 MENIT
Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial). Peserta didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.
2. Bergotong royong
3. Berkebinekaan global
4. Mandiri
- Mampu Menentukan hasil dari operasi hitung perkalian bilangan bulat
- Mampu Menentukan hasil dari operasi pembagian bilangan bulat
1. Suhu mula-mula di ruang pendingin adalah 15 derajat celcius. Setelah alat pendingin di ruang pendingin tersebut dihidupkan, suhunya menjadi –8 derajat celcius. Besar penurunan suhu di ruang tersebut adalah ... derajat celcius
2. Ibu membeli 60 kg gula pasir. Gula itu akan dijual eceran dengan dibungkus plastik masing-masing beratnya 1¼ kg. Banyak kantong plastik berisi gula yang diperlukan adalah ....
3. Urutkan suhu dari terbesar ke terkecil -3℃, 8℃, -8℃, -10℃,
-6℃, 10℃, 4℃ adalah...
4. Penyelesaian dari 23 x (48 - 3) menggunakan sifat distributif adalah....
5. (1.339 - 1.271) : 17 - 5 x (6-10)=.....
6. Urutkan dari yang terkecil ke terbesar -1011, -1008, -1101,
-1001, -1000, -1020, -1022
7. -24 + 25 x -3 = ...
8. 14 - (-5) + 2 = ...
9. 24 - 3 x 7 = ...
10. Urutkan dari pecahan terbesar ke terkecil 2/6 ; 3/9 ; 3/5 ; 0,75 ; 25% ; 1,50 = ...
11. Urutan pecahan terkecil ke pecahan terbesar dari 0,45 ; 0,85 ; 7/8 ; 78% ; 2/4 adalah…
12. Hasil dari 525 : (5) + 6 – 8 × 12 =
13. Hasil dari 5/42 : 7/21 × 4/7 =
14. Bandingkan 256 ........ -266
15. Bandingkan −224 ....... −242
Tidak ada komentar:
Posting Komentar