MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
WAKTU PEMBELAJARAN : 23 - 27 Januari 2023
KOMPETENSI DASAR
3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
Tujuan Pembelajaran :
• Siswa dapat memahami pengertian sudut dan jenis-jenis sudut
• Siswa dapat mengukur besar sudut dengan busur derajat
• Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
MATERI PEMBELAJARA
Sudut
Pengertian sudut ialah dua buah garis sinar yang membentuk suatu daerah karena titik pangkalnya saling berhimpit atau bersekutu. Sudut tersebut memiliki bagian bagiannya sendiri. Berikut bagian bagian pada sudut yaitu meliputi:
Kaki sudut ialah garis sinar yang digunakan untuk menciptakan sudut.
Titik sudut ialah titik potong atau titik pangkal yang digunakan garis sinar untuk saling berhimpitan.
Hubungan Antara Dua Sudut
Jika dua buah sudut digabungkan menjadi satu maka akan membentuk hubungan seperti di bawah ini:
Sudut Berpenyiku
Dua buah sudut yang berhimpitan akan menghasilkan bentuk sudut siku siku sehingga salah satu sudut dijadikan sebagai sudut penyiku diantara kedua sudut tadi. Dengan begitu dua buah sudut yang berhimpitan tersebut dapat dikatakan sebagai sudut komplemen atau berpenyiku. Untuk lebih paham mengenai sudut berpenyiku ini maka dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:
Sudut Berpelurus
Hubungan dua sudut selanjutnya ialah sudut berpelurus. Jika dua sudut saling berhimpitan maka akan menghasilkan sudut lurus, dimana salah satu sudut dijadikan sebagai sudut pelurus untuk sudut lainnya. Maka dari itu hubungan dua buah sudut tersebut dapat dinamakan dengan sudut suplemen atau sudut berpelurus. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:
CONTOH
1. Perhatikan gambar di bawah ini!
Hitunglah besar pelurus sudut ABD?
Jawab.
Sudut berpelurus memiliki besar sudut 180⁰.
Maka,
(2x + 10)⁰ + (x + 8)⁰ = 180⁰
2x + x + 10⁰ + 8⁰ = 180⁰
3x + 18⁰ = 180⁰
3x = 180⁰ – 18⁰
3x = 162⁰
x = 54⁰
Besar sudut pelurus ABD = besar sudut CBD, sehingga:
∠CBD = x + 8⁰ = 54⁰ + 8⁰ = 62⁰
Jadi, besar sudut pelurus ABD ialah 62⁰.
2. Perhatikan gambar di bawah ini
Tentukan besar sudut a dan b, untuk:
a. b = 2a
b. a = b – 20°
c. b = 3a –30°
d. b = 3a + 20°
Penyelesaian:
a. b = 2a, maka:
∠a + ∠b = 90°
a + 2a = 90°
3a = 90°
a = 30°
b = 2a
b = 2.30°
b = 60°
b. a = b – 20°, maka
∠a + ∠b = 90°
b – 20° + b = 90°
2b = 110°
b = 55°
a = b – 20°
a = 55° - 20°
a = 35°
c. b = 3a –30°, maka:
∠a + ∠b = 90°
a + 3a –30° = 90°
4a = 120°
a = 30°
b = 3a –30°
b = 3.30° –30°
b = 90° –30°
b = 60°
d. b = 3a + 20°, maka:
∠a + ∠b = 90°
a + 3a + 20° = 90°
4a = 70°
a = 17,5°
b = 3a + 20°
b = 3.17,5° + 20°
b = 52,5° + 20°
b = 72,5°
LATIHAN SOAL
1. Besar sudut penyiku dari sudut 35⁰ adalah…….
A. 55⁰
B. 65⁰
C. 145⁰
D. 325⁰
2. Perhatikan gambar berikut
Besar penyiku ∠ PSR adalah
A. 9⁰
B. 32⁰
C. 48⁰
D. 58⁰
3. Perhatikan gambar di bawah ini
Besar ∠ABD adalah ….
A. 98°
B. 105°
C. 112°
D. 119°
4. Perhatikan gambar di bawah ini
Besar pelurus sudut SQR adalah ….
A. 101°
B. 100°
C. 95°
D. 92°
5. Perhatikan gambar
Besar ∠BCA adalah ….
A. 70°
B. 100°
C. 110°
D. 154°
assalamualaikum
BalasHapusKhairunnisa m sasikirana
8a
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusAdis Afikqa Akram
Kls 8A
Hadir