Hari/ Tanggal : Selasa / 21 September 2021
Kelas : 9D
Materi : Fungsi dan Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar:
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
- 1. Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- 2. Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus ABC
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan menggunakan
Rumus ABC
Rumus abc dinyatakan dalam sebuah persamaan yang cukup mudah dihafal. Nilai a, b, dan c pada rumus abc mewakili koefisien dari persamaan kuadrat. Nilai a untuk koefisien dari variabel x2, b untuk koefisien dari variabel x, dan c adalah nilai untuk konstanta.
Secara umum, persamaan kuadrat dinyatakan melalui persamaan ax2 + bx + c = 0.
Misalkan terdapat persamaan kuadrat x2 – 5x + 6 = 0 maka,
§ a = 1 (angka di depan x2)
§ b = – 5 (angka di depan x)
§ c = 6 (angka tanpa variabel)
Untuk mencari akar – akar dari suatu persamaan kuadrat dapat digunakan rumus abc. Persamaan rumus abc diberikan seperti berikut.
Cara menghafal rumus abc: x satu dua sama dengan min b plus minus akar b kuadrat min empat a c per dua.
c. Dengan Rumus abc
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah , akan mencari rumus abc dengan mengambil bentuk umum persamaan kuadrat dan melengkapkan kuadrat sempurna. Jika diketahui persamaan kuadrat ax² + bx + c = 0 dengan a ≠0, maka
Jawab:
3x² +5x – 2 = 0 didapat a = 3, b = 5, c = -2
Jawab :
diketaui a = 1 , b = 1, c = 0
maka akar-akar dari persamaan tersebut adalah sebagai berikut
Jadi, hasil akar-akar dari persamaan x2 + 2x = 0 adalah x1= 0 dan x2= -2,
sehingga himpunan penyelesaiannya adalah HP = { -2,0 }
3. Carilah himpunan akar x pada soal x2 – 2x – 3 = 0 dengan rumus abc
Jawab :
diketahui a = 1, b = 2, c = -3
maka hasil akar-akar dari persamaan tersebut adalah sebagai berikut:
assalamualaikum bu terima kasih atas tugasnya
BalasHapusDian frizca 9D
assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusputri alyaa salsabila 9D
Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus- Alvia Sefti Anggraini 9D
Assalamualaikum bu terimakasih atas materinya
BalasHapus-Necky 9D
assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusraisyah kamila putri 9d
Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAldi ardianold putra 9D
asalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAmmar 9D
Assalammualaikum Bu terima kasih atas tugasnya
BalasHapus-shafa khairunnisa 9d
assalamualaikum trimakasih atas tugasnya|Nuri luthfiah putri 9D
BalasHapusassalamu'alaikum bu terimakasih tugasnya
BalasHapusTegar assharul9A
Assalamualaikum Bu terimakasih tugasnya
BalasHapusM.A Zaidan razzaq 9D
Assalamu'alaikum Bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusBima saputra 9D
Assalamualaikum bu, terimakasih atas tgsny
BalasHapusBerliana Jody 9D
Assalamualaikum bu terimakasih atas tugas nya
BalasHapusM Luthfi Ramadhan 9d
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-rajwaqiqa maulidia derina 9D
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusNaura Indira 9d