Hari/ Tanggal : Kamis / 23 September 2021
Kelas : 9B
Materi : Fungsi dan Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar:
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
- 1. Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- 2. Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus ABC
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan menggunakan
Rumus ABC
Rumus abc dinyatakan dalam sebuah persamaan yang cukup mudah dihafal. Nilai a, b, dan c pada rumus abc mewakili koefisien dari persamaan kuadrat. Nilai a untuk koefisien dari variabel x2, b untuk koefisien dari variabel x, dan c adalah nilai untuk konstanta.
Secara umum, persamaan kuadrat dinyatakan melalui persamaan ax2 + bx + c = 0.
Misalkan terdapat persamaan kuadrat x2 – 5x + 6 = 0 maka,
§ a = 1 (angka di depan x2)
§ b = – 5 (angka di depan x)
§ c = 6 (angka tanpa variabel)
Untuk mencari akar – akar dari suatu persamaan kuadrat dapat digunakan rumus abc. Persamaan rumus abc diberikan seperti berikut.
Cara menghafal rumus abc: x satu dua sama dengan min b plus minus akar b kuadrat min empat a c per dua.
c. Dengan Rumus abc
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah , akan mencari rumus abc dengan mengambil bentuk umum persamaan kuadrat dan melengkapkan kuadrat sempurna. Jika diketahui persamaan kuadrat ax² + bx + c = 0 dengan a ≠0, maka
Jawab:
3x² +5x – 2 = 0 didapat a = 3, b = 5, c = -2
Jawab :
diketaui a = 1 , b = 1, c = 0
maka akar-akar dari persamaan tersebut adalah sebagai berikut
Jadi, hasil akar-akar dari persamaan x2 + 2x = 0 adalah x1= 0 dan x2= -2,
sehingga himpunan penyelesaiannya adalah HP = { -2,0 }
3. Carilah himpunan akar x pada soal x2 – 2x – 3 = 0 dengan rumus abc
Jawab :
diketahui a = 1, b = 2, c = -3
maka hasil akar-akar dari persamaan tersebut adalah sebagai berikut:
assalamualaikum bu
BalasHapusterimakasih atas materi dan tugasnya
—s.r.azizah 9B
Assalamualaikum bu, terimakasih atas materi dan tugasnya 🙏🏻
BalasHapusAlifia Sabrina 9B
assalamu'alaikum bu, terimakasih atas materinya dan tugasnya
BalasHapusBram Prasetia Ali 9B
Assalamu'alaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusNabila Fakhriyah 9B
Assalamu'alaikum bu,terimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapusYuka ramadani 9B
Assalamu'alaikum, terimakasih bu
BalasHapus-Raisyah 9B
Assalamualaikum bu, terimakasih materi dan tugasnya
BalasHapusNadia Adzra Aisyah 9B
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum bu, trimakasih
BalasHapusRadithya Rizky 9B
Assalamu'alaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya.
BalasHapusRafi adrian pranata 9b
Assalamu'alaikum Bu terimakasih atas tugas nya
BalasHapusAnggita Meyshafa Aulya 9B
Assalamualaikum bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusKlarisa Rahma Cantika 9B
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya.
BalasHapus-Regita Amanda 9B
Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya Elifa Dewi Baryza 9B
BalasHapusAssalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusGilang 9B
Assalamualaikum bu trimakasih atas tugasnya
BalasHapus-syafa suci 9B