Hari/ Tanggal : Senin / 13 September 2021
Kelas : 9C
Materi : Fungsi dan Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar:
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
- 1. Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- 2. Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapi kuadrat sempurna
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapi kuadrat sempurna
Kuadrat Sempurna
Tidak semua persamaan kuadrat bisa diselesaikan dengan cara faktorisasi, cara lain untuk menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna. Bentuk persamaan kuadrat sempurna adalah bentuk persamaan yang menghasilkan bilangan rasional. Penyelesaian persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat menggunakan rumus:
(x+p)2 = x2 + 2px + p2
Ubah menjadi bentuk persamaan dalam (x+p)2 = q
Penyelesaian:
(x+p)2 = q
x+p = ± q
x = -p ± q
Supaya kalian lebih paham, coba pahami contoh soal melengkapi bentuk kuadrat sempurna di bawah ini:
CONTOH
1. x2 + 6x + 5 = 0
Jawab:
x2 +6x+5=0
Ubah menjadi x2 + 6x = -5
Tambahkan satu angka di ruas kiri dan kanan agar menjadi kuadrat sempurna. Penambahan angka ini diambil dari separuh angka koefisien dari x atau separuhnya 6 yang dikuadratkan, yakni 32=9. Tambahkan angka 9 di ruas kiri dan kanan, sehingga persamaannya menjadi:
x2 + 6x + 9 = -5 + 9
x2 + 6x + 9 = 4
(x+3)2 = 4
(x+3) = √4
x = 3 ± 2
- Untuk x+3 = 2
x = 2-3
x = -1
- Untuk x+3 = -2
x = -2-3
x = -5
Jadi, x= -1 atau x = -5
2. Dengan menggunakan cara melengkapkan kuadrat, selesaikanlah x2 + 13 = 6x.
Pembahasan Karena x2 + 13 = 6x tidak dalam bentuk standar, maka kita harus menuliskannya ke dalam bentuk standar terlebih dahulu.
3. Tentukan himpunan penyelesaian dari x2 – 6 x + 5 = 0.
Jawab: x2 – 6 x + 5 = 0
x2 – 6 x + 9 – 4 = 0
x2 – 6 x + 9 = 4
(x – 3)2 = 4
x – 3 = 2 atau x – 3 = –2
x = 5 atau x = 1
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah{ 1 , 5}.
DEMIKIANLAH MATERI HARI INI, SEMOGA BERMANFAAT DAN UNTUK LEBIH PAHAM MATERI INI ANAK ANAK KERJAKAN LATIHAN YA ...
LATIHAN
Kerjakan no 2,3,4,8,9
Assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusKhezya Ayunda 9C
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamualaikum bu, terimakasih
BalasHapus- Anggi Anggraini 9C
Assalamualaikum Bu Terimakasih atas materi
BalasHapusDhea Agustina 9C
Assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusLingga jaya salendra 9c
assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya.
BalasHapusImam Malik 9C
Assalamualaikum bu, Terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusSaniya Princess Medina 9C
assalamu'alaikum bu terimkasih atas tugasnya
BalasHapusYesha Kirania 9C
Assalammualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAnnisa Maulidawati Sofyan 9C
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh syukron Bu atas tugas dan materi yang diberikan
BalasHapusJihan Khairunnisa 9c