Hari/ Tanggal : Selasa/ 7 September 2021
Kelas : 9A, 9B
Materi : Fungsi dan Persamaan kuadrat
Kompetensi Dasar:
3.3
Menganalisis
sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem
persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
- 1. Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat
- 2. Menganalisis
faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar)
dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan
pemfaktoran
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah hari ini materi kita adalah memasuki BAB 2
Materi Matematika Kelas 9
Bab 2 Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Persamaan kuadrat merupakan persamaan polinomial (suku banyak) yang memiliki orde (pangkat) dua. Lalu, bagaimana bentuk dan cara menyelesaikan persamaan kuadrat ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.
Persamaan kuadarat sering juga disebut dengan persamaan parabola, karena jika bentuk persamaan kuadrat digambarkan ke dalam koordinat xy akan membentuk grafik parabolik. Persamaan kuadrat dalam x dapat dituliskan dalam bentuk umum seperti berikut:
y = ax2 + bx + c
Dengan a, b, c ∈ R dan a ≠ 0
Keterangan:
x = variabel
a = koefisien kuadrat dari x2
b = koefisien liner dari x
c = konstanta
Nilai koefisen a, b, dan c yang menentukan bentuk parabola dari fungsi persamaan kuadrat dalam koorinat xy.
- Koefisien a menentukan cekung atau cembungnya kurva parabola. Jika nilai a>0 parabola akan terbuka ke atas, jika a<0 parabola akan terbuka ke bawah.
- Koefisien b menentukan posisi x puncak parabola atau sumbu simetri dari kurva yang terbentuk senilai x = –b/2a.
- Koefisien b menentukan posisi x puncak parabola atau sumbu simetri dari kurva yang terbentuk senilai x = –b/2a.
- Koefisien c menentukan titik potong fungsi parabola dengan sumbu y
Mencari Akar-akar Persamaan Kuadrat
Ada tiga cara untuk mencari akar-akar dalam menyelesaikan persamaan kuadrat, yaitu dengan faktorisasi, kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc.
1. Faktorisasi
Faktorisasi atau pemfaktoran merupakan cara mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan mencari nilai yang jika dikalikan akan menghasilkan nilai lain. Ada tiga bentuk persamaan kuadrat dengan faktorisasi akar-akar yang berbeda seperti berikut:
Contoh :
Tentukan akar-akar penyelesaian dari bentuk x2 – 15x + 14 = 0.
Langkah 1:
Carilah dua bilangan yang merupakan faktor dari 14 dan jika dijumlah sama dengan –15. Misalkan dua bilangan tersebut adalah p dan q, maka pq = 14 dan p + q = –15
Langkah 2:
Sehingga bentuk x 2 – 15x + 14 = 0 dapat difaktorkan menjadi
x2 – 15x + 14 = 0
(x – 1)(x – 14) = 0
x –1 = 0 atau x – 14 = 0
x1 = 1 atau x2 = 14
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {1, 14}
2. Selesaikan persamaan kuadrat berikut dengan cara faktorisasi 5x2+13x+6=0
Jawab:
Assalamualaikum bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusNi Nyoman Jingga Widiathama Putri 9A
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAlfarin Azzura 9A
Assalamualaikum bu, terimakasi atas tugasnya
BalasHapusAudita Gea Salsabillah 9A
assalamualaikum bu, terima kasih atas tugasnya
BalasHapusMeissya Arletsia 9A
assalamualaikum bu, terima kasih atas tugasnya
BalasHapus-Muhammad Rafli 9A
Assalamualaikum Bu terima kasih atas tugasnya
BalasHapusDanu aji kusuma 9A
assalamualaikum bu baik ibu terimakasih atas tugasnya
BalasHapus—s.r.azizah IX'B
Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAhmad Fauzan Harahap 9A
assalamualaikum bu trimakasih atas materi dan tugasnya-tazkia 9A
BalasHapusAssalamu'alaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAnggita Meyshafa Aulya 9B
Assalamualaikum bu, terimakasi atas tugasnya
BalasHapusKlarisa Rahma Cantika 9B
assalamualaikum bu, terimakasih
BalasHapus-Arissa Syafina 9B
assalamualaikum bu, terima kasih
BalasHapus-aggy nazwa alika 9A
Assalamu'alaikum, terima kasih bu
BalasHapus-Vakhroh Ardelia 9A
Assalamualaikum bu terima kasih -aliani sabrina 9b
BalasHapusAssalamu'alaikum, terimakasih bu
BalasHapus-Raisyah 9B
Assalamualaikum trimakasih bu
BalasHapus-zalfa reyqa 9b
Assalamualaikum bu trimakasih
BalasHapus-syafa suci 9B
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusTegar assharul 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusFernando islami P 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya.
BalasHapusRafi adrian pranata 9b
Assalamualaikum bu, trimakasih
BalasHapusRadithya Rizky 9B
Assalamu'alaikum Bu terima kasih untuk tugas nya
BalasHapusNabila Fakhriyah 9B
Assalamu'alaikum bu, terimakasih
BalasHapusBram Prasetia Ali 9B
Assalamulaikum bu terimakasih
BalasHapusnadia adzra aisyah 9b
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya.
BalasHapus-Regita Amanda 9B
Assalamualaikum bu terimakasih atas tugas nya
BalasHapusDiranda Aprilia 9a
Assalamualaikum trimakasih bu
BalasHapusRidho Abdillah Putra 9B
Assalamualaikum bu terimakasih atas tugas nya
BalasHapusDiajeng Ayu wulan 9A
Assalamualaikum bu terimakasi
BalasHapus-tania 9A
Assalamualaikum bu trmksi
BalasHapusRizky Jaka p 9b
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya 🙏🏻
BalasHapus-alifia sabrina 9B
Assalamu'alaikum bu Terimakasih atas tugas nya Radaffa j. P.
BalasHapus9B.