Hari/ Tanggal : Senin / 6 September 2021
Kelas : VIIIF
Materi : Sistem koordinat cartesius
Kompetensi Dasar:
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat katesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat kartesius
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
-
Mengidentifikasi konsep diagram kartesius
-
Membedakan
kuadran setiap titik dalam bidang koordinat
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah hari ini materi kita adalah memasuki BAB 2
BAB 2. Sistem Koordinat cartesius
1. Posisi Titik Terhadap Sumbu-X dan Sumbu-Y
Ayo Kita Amati
Titik-titik pada bidang koordinat Kartesius memiliki jarak terhadap sumbu-X dan sumbu-Y.
Coba sekarang amati posisi titik A, B, C, D, E, F, G, dan H terhadap sumbu-X dan sumbu-Y pada Gambar 2.2.
Dari gambar di atas , keterangannya sebagai berikut
Titik A berjarak 3 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 6 satuan dari sumbu-X.
Titik B berjarak 4 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 4 satuan dari sumbu-X.
Titik C berjarak 4 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 3 satuan dari sumbu-X.
Titik D berjarak 6 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 5 satuan dari sumbu-X.
Titik E berjarak 5 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 5 satuan dari sumbu-X.
Titik F berjarak 3 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 3 satuan dari sumbu-X.
Titik G berjarak 2 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 6 satuan dari sumbu-X.
Titik H berjarak 6 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 5 satuan dari sumbu-X.
2. Posisi Titik terhadap Titik Asal (0, 0) dan Titik Tertentu (a, b)
Pernahkah kalian berkemah? Dalam perkemahan ada pos utama, tenda, pasar, pos-pos, kolam, dan lain-lain. Coba sekarang perhatikan denah perkemahan di bawah ini.
Ayo Kita Menanya
Perhatikan denah perkemahan tersebut, dan buatlah pertanyaan yang berkaitan dengan posisi objek tertentu terhadap objek yang lain, misal seperti ini
1. Bagaimana kedudukan kolam terhadap pasar?
2. Bagaimana kedudukan perumahan terhadap tenda 1?
Menggali Informasi
Berdasar denah perkemahan Gambar 2.7, tentukan:
1. posisi beberapa objek terhadap pos utama,
2. posisi beberapa objek terhadap tanah lapang,
3. posisi beberapa objek terhadap kolam.
Alternatif Pemecahan Masalah
Posisi beberapa objek terhadap pos utama dan posisi beberapa tempat terhadap tanah lapang dan kolam dapat dituliskan pada Tabel 2.3.
Ayo Kita Menalar
Setelah kalian mengamati denah perkemahan tersebut, coba lengkapilah tabel berikut ini
3. Memahami Posisi Garis terhadap Sumbu-X dan Sumbu-X
Contoh :
Gambarlah garis l yang melalui titik A(3, –5) yang tidak sejajar dengan sumbu-X dan tidak sejajar dengan sumbu-Y.
Alternatif :
Gambar garis l yang melalui titik A(3, –5) yang tidak sejajar dengan sumbu-X dan tidak sejajar dengan sumbu-Y adalah sebagai berikut.
Apakah masih ada garis lain yang yang melalui titik A(3, −5) yang tidak sejajar pada sumbu-X dan tidak sejajar dengan sumbu-Y? Jika ada, berapa banyak garis lain yang melalui titik A(3, −5) yang tidak sejajar pada sumbu-X dan tidak sejajar dengan sumbu-Y?
LATIHAN
Untuk lebih pahamnya anak anak, kerjakan soal latihan di bawah ini ya nak
Kerjakan soal no 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama Bilal pratama
Kls8f
Ket Hadir
Terimakasih Bu atas materinya 🙏
Assalamualaikum Wr.Wb.
BalasHapusSaya Khalista Sheila Lathifah.
Dari kelas 8 F.
Hari/Tanggal: Senin, 06 September 2021.
Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Assalamualaikum Wr.Wb.
BalasHapusSaya albhi zafaran
Dari kelas 8 F.
Hari/Tanggal: Senin, 06 September 2021.
Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Assalamualaikum
BalasHapusSaya Safira Azzahra
Kelas 8 F
Ket Hadir
Terimakasih
Wassalamu'alaikum
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama: Nabila Sapitri
Kelas: 8F
Ket: hadir
Terimakasih atas materinya...
Assalamualaikum
BalasHapusNama Marcello Radita Wijaya
Kelas 8F
Ket hadir
Assalamualaikum,
BalasHapusNama:Kayla Assyfa Listhon
Kelas:8F
Hari/tanggal:Senin/06 September 2021
Terimakasih bu.
Wassalamu'alaikum
Assalammualaikum
BalasHapusNama:Zullia Ade Rono W
Kelas:8F
Ket:hadir
Terima kasih
Assalamualaikum Wr.Wb.
BalasHapusSaya Bunga Cantika Asmara
Dari kelas 8 F.
Hari/Tanggal: Senin, 06 September 2021.
Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Assalammualaikum
BalasHapusNama:Rama Al septian
Kelas:8F
Ket:hadir
Terima kasih
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama : Sabina laiqa derina
Kls : 8f
Ket : Hadir
Terimakasih
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama: Wafa Aziza
Kelas: 8F
Ket: Hadir
Terimakasih
Wassalamu'alaikum
Assalamualaikum
BalasHapusSaya Khairiya Zaina Wardah
Kelas 8 F
Ket Hadir
Terimakasih
Wassalamu'alaikum
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama: Were fadhil A
Kelas: 8F
Ket: Hadir
Terimakasih
Wassalamu'alaikum
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama Alvin Aditya Nugraha
Kls8f
Ket Hadir
Terimakasih Bu atas materinya
Assalamualaikum
BalasHapusNama : Muhammad Yusuf Isa
Kelas : 8F
Terimakasih
Assalamu'alaikum Bu
BalasHapusNama: Bagus abdurasyid
Kelas: 8F
Assalamu'alaiakum Wr.Wb.
BalasHapusNama : Khalisa Putri Mukhbita
Kelas : 8F
Ket : Hadir
Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama:Raytama Aldino Putra
Kelas:8F
Keterangan hadir
Wassalamualaikum Wr.wb
Assalamualaikum
BalasHapusNama:Glessya Gendis Aurell
Kelas:8F
Ket:Hadir
Terimakasih