Hari/ Tanggal : Rabu / 8 September 2021
Kelas : 9D
Materi : Fungsi dan Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar:
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
- 1. Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- 2. Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah hari ini materi kita adalah memasuki BAB 2
Materi Matematika Kelas 9
Bab 2 Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Persamaan kuadrat merupakan persamaan polinomial (suku banyak) yang memiliki orde (pangkat) dua. Lalu, bagaimana bentuk dan cara menyelesaikan persamaan kuadrat ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.
Persamaan kuadarat sering juga disebut dengan persamaan parabola, karena jika bentuk persamaan kuadrat digambarkan ke dalam koordinat xy akan membentuk grafik parabolik. Persamaan kuadrat dalam x dapat dituliskan dalam bentuk umum seperti berikut:
y = ax2 + bx + c
Dengan a, b, c ∈ R dan a ≠ 0
Keterangan:
x = variabel
a = koefisien kuadrat dari x2
b = koefisien liner dari x
c = konstanta
Nilai koefisen a, b, dan c yang menentukan bentuk parabola dari fungsi persamaan kuadrat dalam koorinat xy.
- Koefisien a menentukan cekung atau cembungnya kurva parabola. Jika nilai a>0 parabola akan terbuka ke atas, jika a<0 parabola akan terbuka ke bawah.
- Koefisien b menentukan posisi x puncak parabola atau sumbu simetri dari kurva yang terbentuk senilai x = –b/2a.
- Koefisien b menentukan posisi x puncak parabola atau sumbu simetri dari kurva yang terbentuk senilai x = –b/2a.
- Koefisien c menentukan titik potong fungsi parabola dengan sumbu y
Mencari Akar-akar Persamaan Kuadrat
Ada tiga cara untuk mencari akar-akar dalam menyelesaikan persamaan kuadrat, yaitu dengan faktorisasi, kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc.
1. Faktorisasi
Faktorisasi atau pemfaktoran merupakan cara mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan mencari nilai yang jika dikalikan akan menghasilkan nilai lain. Ada tiga bentuk persamaan kuadrat dengan faktorisasi akar-akar yang berbeda seperti berikut:
Contoh :
Tentukan akar-akar penyelesaian dari bentuk x2 – 15x + 14 = 0.
Langkah 1:
Carilah dua bilangan yang merupakan faktor dari 14 dan jika dijumlah sama dengan –15. Misalkan dua bilangan tersebut adalah p dan q, maka pq = 14 dan p + q = –15
Langkah 2:
Sehingga bentuk x 2 – 15x + 14 = 0 dapat difaktorkan menjadi
x2 – 15x + 14 = 0
(x – 1)(x – 14) = 0
x –1 = 0 atau x – 14 = 0
x1 = 1 atau x2 = 14
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {1, 14}
2. Selesaikan persamaan kuadrat berikut dengan cara faktorisasi 5x2+13x+6=0
Jawab:
assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusputri alyaa salsabila 9D
Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus- Alvia Sefti Anggraini 9D
Assalamualaikum terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAldi ardianold putra 9D
asalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusDian frizca 9D
assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-kalila islami azzahra 9D
Assallamualaikum pak terimakasih atas tugas nya
BalasHapusBima saputra 9D
assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusNaura Indira 9D
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-rajwaqiqa maulidia derina 9D
Assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusBerliana Jody 9D
assalamualaikum trimakasih atas tugasnya | Nuri lutfiyah putri 9D
BalasHapusAssalamualaikum bu terimakasih atas materinya
BalasHapusNecky 9D
assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-Renata tri safira 9D