Hari/ Tanggal : Rabu / 15 September 2021
Kelas : 9A
Materi : Fungsi dan Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar:
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
- 1. Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- 2. Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapi kuadrat sempurna
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapi kuadrat sempurna
Kuadrat Sempurna
Tidak semua persamaan kuadrat bisa diselesaikan dengan cara faktorisasi, cara lain untuk menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna. Bentuk persamaan kuadrat sempurna adalah bentuk persamaan yang menghasilkan bilangan rasional. Penyelesaian persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat menggunakan rumus:
(x+p)2 = x2 + 2px + p2
Ubah menjadi bentuk persamaan dalam (x+p)2 = q
Penyelesaian:
(x+p)2 = q
x+p = ± q
x = -p ± q
Supaya kalian lebih paham, coba pahami contoh soal melengkapi bentuk kuadrat sempurna di bawah ini:
CONTOH
1. x2 + 6x + 5 = 0
Jawab:
x2 +6x+5=0
Ubah menjadi x2 + 6x = -5
Tambahkan satu angka di ruas kiri dan kanan agar menjadi kuadrat sempurna. Penambahan angka ini diambil dari separuh angka koefisien dari x atau separuhnya 6 yang dikuadratkan, yakni 32=9. Tambahkan angka 9 di ruas kiri dan kanan, sehingga persamaannya menjadi:
x2 + 6x + 9 = -5 + 9
x2 + 6x + 9 = 4
(x+3)2 = 4
(x+3) = √4
x = 3 ± 2
- Untuk x+3 = 2
x = 2-3
x = -1
- Untuk x+3 = -2
x = -2-3
x = -5
Jadi, x= -1 atau x = -5
2. Dengan menggunakan cara melengkapkan kuadrat, selesaikanlah x2 + 13 = 6x.
Pembahasan Karena x2 + 13 = 6x tidak dalam bentuk standar, maka kita harus menuliskannya ke dalam bentuk standar terlebih dahulu.
3. Tentukan himpunan penyelesaian dari x2 – 6 x + 5 = 0.
Jawab: x2 – 6 x + 5 = 0
x2 – 6 x + 9 – 4 = 0
x2 – 6 x + 9 = 4
(x – 3)2 = 4
x – 3 = 2 atau x – 3 = –2
x = 5 atau x = 1
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah{ 1 , 5}.
DEMIKIANLAH MATERI HARI INI, SEMOGA BERMANFAAT DAN UNTUK LEBIH PAHAM MATERI INI ANAK ANAK KERJAKAN LATIHAN YA ...
LATIHAN
Kerjakan no 2,3,4,8,9
Assalamualaikum bu sari terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusDiajeng Ayu wulan 9A
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAlfarin Azzura 9A
assalamualaikum bu, terimakasi atas tugasnya
BalasHapusAudita Gea Salsabillah 9A
assalamualaikum bu trimakasih atas materi dan tugasnya-tazkia 9A
BalasHapusAssalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAhmad Fauzan Harahap 9A
Assalamualaikum bu terima kasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAggy nazwa alika 9A
Assalamu'alaikum ok Bu
BalasHapusMagjun 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapusDiranda Aprilia 9A
Assalamualaikum, trimakasih atas materi & tugasnya bu
BalasHapus-Annisa devina 9a
Assalamualaikum Bu Terimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapusFernando islami P 9A
Assalamualaikum buk terimakasih atas materinya danTugas nya
BalasHapusMaaf baru absen
ZIGO ARI GHOPICAN 9a