Hari/ Tanggal : Kamis / 16 September 2021
Kelas : 9B
Materi : Fungsi dan Persamaan Kuadrat
Kompetensi Dasar:
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
- 1. Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- 2. Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapi kuadrat sempurna
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapi kuadrat sempurna
Kuadrat
Sempurna
Tidak
semua persamaan kuadrat bisa diselesaikan dengan cara faktorisasi, cara lain
untuk menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat
sempurna. Bentuk persamaan kuadrat sempurna adalah bentuk persamaan yang
menghasilkan bilangan rasional. Penyelesaian persamaan kuadrat dengan
melengkapkan kuadrat menggunakan rumus:
(x+p)2 = x2 +
2px + p2
Ubah menjadi bentuk persamaan dalam (x+p)2 =
q
Penyelesaian:
(x+p)2 = q
x+p = ± q
x = -p ± q
Supaya
kalian lebih paham, coba pahami contoh soal melengkapi bentuk
kuadrat sempurna di bawah ini:
CONTOH
1. x2 + 6x
+ 5 = 0
Jawab:
x2 +6x+5=0
Ubah
menjadi x2 + 6x = -5
Tambahkan
satu angka di ruas kiri dan kanan agar menjadi kuadrat sempurna. Penambahan
angka ini diambil dari separuh angka koefisien dari x atau separuhnya 6 yang
dikuadratkan, yakni 32=9. Tambahkan angka 9 di ruas kiri dan kanan,
sehingga persamaannya menjadi:
x2 +
6x + 9 = -5 + 9
x2 +
6x + 9 = 4
(x+3)2 =
4
(x+3)
= √4
x
= 3 ± 2
- Untuk x+3 = 2
x
= 2-3
x
= -1
- Untuk x+3 = -2
x
= -2-3
x
= -5
Jadi, x=
-1 atau x = -5
2. Dengan menggunakan cara melengkapkan kuadrat, selesaikanlah x2 + 13 = 6x.
Pembahasan Karena x2 + 13 = 6x tidak dalam
bentuk standar, maka kita harus menuliskannya ke dalam bentuk standar terlebih
dahulu.
3. Tentukan himpunan penyelesaian dari x2 – 6 x + 5 = 0.
Jawab: x2 – 6 x + 5 = 0
x2 – 6 x + 9 – 4 = 0
x2 – 6 x + 9 = 4
(x – 3)2 = 4
x – 3 = 2 atau x – 3 = –2
x = 5 atau x = 1
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah{ 1 , 5}.
DEMIKIANLAH MATERI HARI INI, SEMOGA BERMANFAAT DAN UNTUK LEBIH PAHAM MATERI INI ANAK ANAK KERJAKAN LATIHAN YA ...
LATIHAN
Kerjakan no 2,3,4,8,9
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas materi dan tugas nya 🙏🏻
BalasHapusAlifia Sabrina 9B
assalamualaikum bu
BalasHapusterimakasih atas materi dan tugasnya
—s.r.azizah IX'B
Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya Elifa Dewi Baryza 9B
BalasHapusAssαlαmuαlαikum bu , terimαkαsih αtαs mαteri dαn tugαsnyα 🙏🏻
BalasHapus— 🍃• Zαlfα Ghαisαni 9B
Assalamualaikum bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusGilang 9B
Assalamualaikum bu, terimakasih
BalasHapus-arissa 9b
Assalamalaukjm bu terima kasih -aliani sabrina 9b
BalasHapusAssalamu'alaikum Bu terimakasih
BalasHapusAnggita Meyshafa Aulya 9B
Assalamu'alaikum Bu terimakasih
BalasHapusjuan 9B
assalamualaikum terimakasih bu
BalasHapusananda kezia wilanti 9b
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya.
BalasHapus-Regita Amanda 9B
Assalamu'alaikum Bu terimakasih.
BalasHapusRafi adrian pranata 9b
Assalamu'alaikum Bu terimakasih
BalasHapusNabila Fakhriyah 9b
Assalamu'alaikum Bu terimakasih
BalasHapusRidho Abdillah Putra 9B