MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
FASE : D
MATERI POKOK : KOORDINAT CARTESIUS
PERTEMUAN : KE 3 DARI 4
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik dengan menggunakan konsep-konsep dan keterampilan matematika yang dipelajari pada fase ini.
Mereka dapat melakukan transformasi geometri tunggal di bidang koordinat Kartesius.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
1 . Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa
2. Bergotong royong
3. Berkebinekaan global
Maka peserta didik Diharapkan dapat :
Menentukan posisi suatu titik pada koordinat kartesius
Menentukan posisi titik terhadap titik lain pada koordinat kartesius
Memahami posisi garis pada koordinat kartesius.
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Sebelum kita membahas materi minggu ini masih ingatkah kalian dengan materi minggu kemarin.......?Iya materi minggu kemarin yaitu tentang Pengertian koordinat kartesius
Baiklah pada pertemuan ini, materi yang akan kita pelajari adalah letak dan posisi titik Koordinat cartesius
POSISI TITIK KOORDINAT KARTESIUS
Adapun rumus koordinat Cartesius adalah (x,y), dengan x = nilai absis (sumbu X) dan y = nilai ordinat (sumbu Y).
Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh diagram Cartesius adalah sebagai berikut.
Pada diagram di atas, terdapat dua titik koordinat yaitu titik A dan titik B.
Untuk menuliskan titik koordinatnya, kamu tentukan dahulu nilai sumbu X dan sumbu Y-nya.
Pada diagram di atas:
titik A = (5,10) karena absisnya berada di skala 5 dan ordinatnya berada di skala 10. Itu artinya, titik A berada di daerah kuadran I; dan
titik B = (15,-5) karena absisnya berada di skala 15 dan ordinatnya berada di skala -5. Itu artinya, titik B berada di daerah kuadran IV.
Agar Quipperian semakin paham dengan materi kali ini, yuk simak contoh soal koordinat Cartesius berikut.
Contoh Soal 1
Sebuah bangun datar dibentuk dari titik koordinat A (-1,3), titik B (1,3), titik C (-2,1), dan titik D (2,1). Tentukan luas bangun datar tersebut!
Pembahasan:
Pertama, kamu harus menentukan posisi titik koordinat yang disebutkan pada soal.
Titik A (-1,3) -> titik absis = -1, titik ordinat = 3 (kuadran II)
Titik B (1,3) -> titik absis = 1, titik ordinat = 3 (kuadran I)
Titik C (-2,1) -> titik absis = -2, titik ordinat = 1 (kuadran II)
Titik D (2,1) -> titik absis = 2, titik ordinat = 1 (kuadran I)
Berikut ini posisi titik-titik A, B, C, dan D pada diagram Cartesius.
Jika keempat titik dihubungkan, ternyata membentuk bangun trapesium sama kaki dengan ketentuan seperti berikut.
Tinggi bangun = 3 satuan
Sisi AB = 3 satuan
Sisi CD = 4 satuan
Dengan demikian, luas trapesium ABCDnya adalah sebagai berikut.
Jadi, luas bangun datar tersebut adalah 10,5 satuan luas.
LATIHAN
1. Koordinat titik K dan L berturut-turut adalah (-3,2) dan (-6,-1). Agar terbentuk bangun segitiga sama kaki, titik M harus diletakkan pada koordinat berapa?
2. Galih menggambar dua buah garis, yaitu garis P dan Q. Garis P sejajar dengan sumbu X dan memotong sumbu Y di titik koordinat (0,4).
Sementara itu, garis Q sejajar sumbu Y dan memotong sumbu X di titik koordinat (5,0).
Tentukan titik koordinat perpotongan garis P dan Q!
KESIMPULAN
Didalam koordinat kartesius rumus koordinat Cartesius adalah (x,y), dengan x = nilai absis (sumbu X) dan y = nilai ordinat (sumbu Y).
REVERENSI
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/matematika/koordinat-cartesius/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar