Rabu, 24 September 2025

RUMUS ABC

  MATA PELAJARAN              : MATEMATIKA

  KELAS                                    :  IX  A. B

  MATERI                                  : PERSAMAAN KUADRAT

  PERTEMUAN   KE                :  4 dari 4

  GURU PENGAMPU               :  SARI BUDI UTAMI, S.Pd.

 

 Pada akhir fase D, peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik dengan menggunakan konsep-konsep dan keterampilan matematika yang dipelajari pada fase ini. Mereka mampu mengoperasikan secara efisien bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah; melakukan pemfaktoran bilangan prima, menggunakan faktor skala, proporsi dan laju perubahan. Mereka dapat menyajikan dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan sistem persamaan linier dengan dua variabel dengan beberapa cara, memahami dan menyajikan relasi dan fungsi

Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi  peserta didik  diharapkan

  •  Mencermati  permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
  • Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapi menggunakan rumur ABC


Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan  nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 

Baiklah sebelum kita memasuki materi yang baru, masih ingatkah anak anakku dengan materi minggu kemarin...?  Iya betul...materi minggu kemarin adalah tentang  penyelesaian Persamaan kuadrat  dengan melengkapi  kuadrat sempurna.

Untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi  penyelesain persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus ABC


Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan menggunakan

Rumus ABC

Rumus abc dinyatakan dalam sebuah persamaan yang cukup mudah dihafal. Nilai a, b, dan c pada 

rumus abc mewakili koefisien dari persamaan kuadrat. Nilai a untuk koefisien dari variabel x2, b 

untuk koefisien dari variabel x, dan c adalah nilai untuk konstanta. 

Secara umum, persamaan kuadrat dinyatakan melalui persamaan ax2 + bx + c = 0.

Misalkan terdapat persamaan kuadrat x2 – 5x + 6 = 0 maka 

§  a = 1 (angka di depan x2) 

§  b = – 5 (angka di depan x) 

§  c = 6 (angka tanpa variabel)

   Untuk mencari akar – akar dari suatu persamaan kuadrat dapat digunakan rumus abc. Persamaan rumus abc diberikan seperti berikut.


Cara menghafal rumus abc: x satu dua sama dengan min b plus minus akar b kuadrat min empat a c per dua.

CONTOH

1.  Tentukan himpunan penyelesaian 3x² +5x – 2 = 0

Jawab:

3x² +5x – 2 = 0     didapat a = 3, b = 5, c = -2

2.  Dengan menggunakan rumus abc, tentukan himpunan penyelesaian dari x2 + 2x = 0

Di ketahui  a = 1 , b = 1, c = 0

maka akar-akar dari persamaan tersebut adalah sebagai berikut


 Jadihasil akar-akar dari persamaan x2 + 2x = 0 adalah x1= 0 dan x2= -2, Sehingga  himpunan penyelesaiannya adalah HP = { -2,0 }

L
LATIHAN
1.  Berapakah akar persamaan kuadrat  x2    + 9x + 18 = 0?

2.  Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan  x2  + 6x – 16 = 0

3.   Tentukan  persamaan kuadrat x2   + 2x – 3 = 0

4.  Himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat 2 x2 – x – 15 adalah



KESIMPULAN

Demikianlah materi tentang rumus ABC' yaitu







     REFERENSI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar