MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IX A, B
MATERI : PERSAMAAN KUADRAT
PERTEMUAN KE : 3 dari 4
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd.
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik dengan menggunakan konsep-konsep dan keterampilan matematika yang dipelajari pada fase ini. Mereka mampu mengoperasikan secara efisien bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah; melakukan pemfaktoran bilangan prima, menggunakan faktor skala, proporsi dan laju perubahan. Mereka dapat menyajikan dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan sistem persamaan linier dengan dua variabel dengan beberapa cara, memahami dan menyajikan relasi dan fungsi
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi peserta didik diharapkan
- Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapi kuadrat sempurna
(x + p)2 = x2 + 2px + p2
Dari bentuk tersebut, kamu bisa ubah menjadi bentuk persamaan dalam (x + p)2 = q
Penyelesaian:
(x + p)2 = q
x + p = ± √q
x = −p ± √q
Reverensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar