Senin, 22 Mei 2023

LATIHAN SOAL PENYAJIAN DATA

   MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

 KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D

 GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

 WAKTU PEMBELAJARAN : 22 - 26  Mei 2023

 

KOMPETENSI DASAR


3.12        Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis,  diagram batang,  dan diagram lingkaran)

4.12        Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran


Tujuan Pembelajaran :
  • Memahami  cara pengumpulan data dan penyajian data
  • Dapat membaca diagram batang, garis, lingkaran
  • Dapat menyajikan dan menafsirkan data  dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran
Materi Pembelajaran



LATIHAN SOAL SOAL




1. Perhatikan diagram garis di atas!
Kenaikan suhu tertinggi terjadi pada hari .......
a)Kamis - Jumat
b)Kamis - Jumat
c)Jumat - Sabtu
d)Selas - Rabu


2. Data siswa SDN Durensewu I dari Tahun 2009 sampai Tahun 2012. Selisih banyaknya siswa tahun 2012 dan tahun 2009 adalah …
a)25 orang
b)75 orang
c)100 orang
d)50 orang


3. Jika semua pemilih ada 250 siswa,
banyak siswa yang memilih Hidayat adalah...
a)40 siswa
b)35 siswa
c)32 siswa
d)30 siswa


4.Siswa yang lulus sebanyak 50 orang terjadi pada tahun ...


a)2002
b)2001
c)2004
d)2003



5.Jumlah siswa yang tingginya kurang dari 153 adalah ... .
a)17 anak
b)10 anak
c)15 anak
d)27 anak




6. Pernyataan yang benar adalah
a)Pada bulan desember, penjualan baju koko lebih besar dari sarung
b)Jumlah total barang yang terjual bulan oktober adalah 500 buah
c)Jumlah sarung yang terjual bulan september = desember
d)Pada bulan november, penjualan baju koko lebih kecil dari sarung



7. Diagram yang biasanya digunakan untuk menyajikan data
dalam bentuk persentase adalah
a)Diagram grafik
b)Diagram Batang
c)Diagram Garis
d)Diagram Lingkaran





8.Hijau + Putih + Merah = ... derajat

a)206
b)207
c)205
d)204







Senin, 15 Mei 2023

PENYAJIAN DATA

   MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

 KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D

 GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

 WAKTU PEMBELAJARAN : 15 -19  Mei 2023

 

KOMPETENSI DASAR


3.12        Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis,  diagram batang,  dan diagram lingkaran)

4.12        Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran


Tujuan Pembelajaran :
  • Memahami  cara pengumpulan data dan penyajian data
  • Dapat membaca diagram batang, garis, lingkaran
  • Dapat menyajikan dan menafsirkan data  dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran
Materi Pembelajaran

1. Mengenal Data

Kata “data” berasal dari bahasa Inggris bersifat majemuk. Datum adalah keterangan atau informasi yang diperoleh dari suatu obyek/kejadian atau narasumber. Sedangkan data adalah adalah kumpulan dari datum.

Misalkan : Hasil ulangan matematika kelas 9 adalah 100, 99, 98, 75, 80, 85

Nah semua hasil ulangan matematika kelas 9 itu disebut data. Sedangkan setiap angka nilai ulangannya disebut datum.

2. Menyajikan Data Dalam Bentuk Tabel

a. Tabel Baris Kolom


b. Tabel Kontigensi

c. Tabel Distribusi Frekuensi

3. Jenis Jenis Diagram

Nah ada beberapa jenis diagram, yaitu :

Diagram batang
Diagram garis
Diagram lingkaran
Diagram gambar

A. Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Batang
Misalnya ada data tentang nilai rata-rata tes Ulangan Akhir Semester pelajaran Matematika kelas 7 di SMP Cakrawala yang disajikan dalam tabel sebagai berikut : 

859070759080859510075
707580808595100758590
75858085907085908085
909075808085959095100
Nilai Rata – rata UAS

Untuk mengetahui berapa banyak siswa yang memperoleh nilai 70, 75, 80, 85, 90, 95, dan 100 tentu kita akan mengalami kesulitan. Cara mudah untuk mengetahui banyak siswa untuk setiap nilai adalah menyajikan data tersebut dalam bentuk diagram batang seperti gambar di bawah ini

Dalam diagram tersebut, kalian dengan mudah mengetahui banyak siswa untuk setiap nilai, misalnya banyak siswa yang mendapat nilai 85 ada 9 siswa, banyak siswa yang mendapat nilai 95 ada 4 siswa dan seterusnya.


B. Mengolah dan Menyajikan Data  dalam Bentuk Diagram Garis
Contoh diagram garis



C. Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran
Contoh : 




Dalam suatu polin terhadap 1.000 pemirsa tentang acara yang paling disukai pada salah satu stasiun televisi didapatkan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran sebagi berikut. Berdasarkan diagram lingkaran tersebut:

Acara apakah yang paling banyak diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
Acara apakah yang paling sedikit diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
Berapa persen pemirsa yang meminati acara Olah Raga? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
Alternatif :
1. Acara yang paling banyak diminati pemirsa adalah acara sinetron yaitu sebanyak 25%. Banyak pemirsa yang meminatinya adalah 25/100 × 1.000 = 250 pemirsa.

2. Acara yang paling sedikit diminati pemirsa adalah acara musik yaitu sebanyak 10%. Banyak pemirsa yang meminatinya adalah 10/100 × 1.000 = 100 pemirsa

3. Pemirsa yang meminati acara olahraga adalah 

100 – (13 + 10 + 25 + 15 + 20) = 100 – 83 = 17 

Jadi, persentase pemirsa acara olahraga adalah 17% dan banyak pemirsanya adalah 17/100 × 1.000 = 170 pemirsa.

Senin, 08 Mei 2023

POSTEST III KELAS 7

   MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

 KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D

 GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

 WAKTU PEMBELAJARAN : 8 - 12  Mei 2023

 

KOMPETENSI DASAR

3.11 Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang,

        belahketupat,  jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  

4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat         (persegi,persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga


Tujuan Pembelajaran :
  • Memahami pegertian segiempat dan pengertian segitiga
  • Dapat menghitung keiling dan luas segiempat
  • Dapat menghitung keliling dan lias segitiga


MATERI PEMBELAJARAN

KERJAKAN SOAL ULANGAN HARIAN DI BAWAH INI

1. Segi empat berikut yang memiliki dua pasang sisi sejajar saling berhadapan kecuali………
A. Persegi panjang 
B. Jajargenjang 
C. Trapesium sama sisi 
D  Belah ketupat

2. Perhatikan pernyataan berikut.
Sisi yang berhadapan sama panjang 
Sudut yang berhadapan sama besar
Kedua diagonal memiliki panjang yang sama
Memiliki dua pasang sisi sejajar
Sifat bangun belah ketupat ditunjukkan oleh nomor…….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 4

3.Diketahui persegi seperti gambar dibawah ini.

Jika panjang KL adalah 8 cm maka panjang KO adalah……..
A. 8√2
B. 6√2
C. 4√2
D. 2√2


4. 
Berdasarkan gambar di atas maka pernyataan berikut yang tidak benar adalah……..
A. Panjang PT = QT = RT = ST
B. T adalah titik tengah perpotongan kedua diagonal
C. Luas segitiga PTQ = luas segitiga QRT
D. Luas segitiga PQR = luas segitiga PRS


5.Diketahui besar sudut pada sebuah layang-layang adalah sebagai berikut.
Besarsudut RPS dan sudut PQS berturut-turut adalah……..
A. 30⁰ dan 35⁰
B. 40⁰ dan 35⁰
C. 45⁰ dan 40⁰
D. 56⁰ dan 35⁰


6. Sebuah jajargenjang KLMN memiliki keliling sebesar 96 cm. Jika panjang sisi LM = 20 cm dan KO = 12 cm seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut,
 maka tinggi dan luas jajargenjang tersebut adalah……….
A. 14 cm dan 225 cm²
B. 15 cm dan 224 cm²
C. 14 cm dan 224 cm²
D. 16 cm dan 230 cm²

7. Luas belah ketupat ABCD yang memiliki panjang diagonal 12 cm dan 20 cm adalah…….
A. 240 cm²
B. 120 cm²
C. 60 cm²
D. 30 cm²

8.Panjang PR dan QR pada segitiga PQR adalah sama. Jika besar sudut P = 50⁰, maka besar dan jenis sudut R adalah…….
A. Siku-siku 90⁰
B. Tumpul dan 260⁰
C. Lancip dan 50⁰
D. Lancip dan 80⁰

9.Segitiga KLM memiliki panjang sisi KL = 13 cm, LM = 20 cm dan MK = 8 cm. Urutan sudut dalam segitiga tersebut dimulai dari yang terkecil adalah…….
A. L, M, K
B. K, L, M
C. M, L, K
D. L, K, M


10. Urutan panjang sisi-sisi segitiga EFG dari yang terpanjang ke yang terpendek jika diketahui besar sudut E = 70⁰, F = 90⁰ dan G = 20⁰ adalah……..
A. EF, FG, EG
B. FG, EF, EG
C. EF, EG, FG
D. EG, FG, EF

Selasa, 02 Mei 2023

LATIHAN SOAL -SOAL KELAS 8

 MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS : 8 ( DELAPAN) A

GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

WAKTU PEMBELAJARAN :  2 dan 5 Mei  2023



KOMPETENSI DASAR
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi


Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
Menjelaskan contoh penyajian data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi
Memahami cara menyajikan data dalam bentuk diagram batang dan diagram lingkaran



MATERI PEMBELAJARAN

LATIHAN SOAL SOAL
KERJAKAN SOAL SOAL DI BAWAH INI DENGAN BAIK DAN BENAR YA NAK

1. Berat badan 10 siswa dalam satuan kg adalah sebagai berikut:
42, 46, 47,43, 48, 49, 47,47,46, 45.
Rata-rata berat badan dari siswa tersebut adalah...
A. 44
B. 45
C. 46
D. 47

2. Median dari data 26, 27,23, 28, 29, 27,27,26, 22, 25 adalah... .
A. 26
B. 26,5
C. 27
D. 28

3. Modus data 56, 57,53, 58, 59, 57, 57,56, 53, 55 adalah... .
A. 53
B. 55
C. 56
D. 57

4. Rata-rata nilai matematika seluruh siswa kelas 6 adalah 72. Sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan 69 dan rata-rata nilai laki-laki 74. Jika banyak siswa dalam kelas 40 orang, banyak siswa laki-laki adalah....
A. 24 orang
B. 20 orang
C. 16 orang
D. 8 orang

5. Berat badan rata-rata 15 siswa laki-laki 52 kg, sedangkan berat badan rata-rata 25 siswa wanita 48 kg. Berat badan rata-rata seluruh siswa adalah ….
A. 50,5 kg
B. 50,0 kg
C. 49,5 kg
D. 49,0 kg

6. Diketahui sekelompok data: 35, 30, 45, 20, 35, 25, 40, 40, 35. Pernyataan yang benar adalah….

A. modus = 35, yaitu data yang pertama
B. modus = 35, yaitu data yang memiliki frekuensi terbanyak
C. modus = 35, yaitu data yang letaknya di tengah-tengah
D. modus = 40 atau 20, yaitu data terbesar dan data terkecil

7. Rata-rata berat badan seluruh siswa di kelas IX-A 72 kg. Sedangkan rata-rata berat badan perempuan 69 kg, dan rata-rata berat badan pria 74 kg. Jika banyak siswa dalam kelas 40 orang, banyak siswa perempuan adalah…

A. 24 orang
B. 20 orang
C. 16 orang
D. 8 orang

8. Diagram berikut menyatakan kegemaran siswa”SMP TARUNA”.

Jika banyak siswa yang gemar voli 54 orang, banyak siswa yang gemar futsal adalah…

A. 86 orang
B. 84 orang
C. 83 orang
D. 81 orang

LATIHAN SOAL SEGITIGA

  MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

 KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D

 GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

 WAKTU PEMBELAJARAN : 2 - 5 Mei 2023

 

KOMPETENSI DASAR

3.11 Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang,

        belahketupat,  jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  

4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat         (persegi,persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga


Tujuan Pembelajaran :

  • Memahami rumus keliling dan luas segitiga
  • Dapat menghitung keiling dan luas segitiga


MATERI PEMBELAJARAN

LATIHAN SOAL SOAL
KERJAKAN SOAL DI BAWAH INI PAKAI CARA YA NAK

1. Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga ....
a. siku-siku
b. sama kaki
c. sama sisi
d. sembarang

2. Pada segitiga sama sisi, besar setiap sudutnya adalah ....
a. 50°
b. 60°
c. 70°
d. 80°

3. Diketahui segitiga ABC siku-siku di B. Jika luas segitiga ABC 105 cm² dan panjang AB = 14 cm, maka panjang BC adalah .... cm.
a. 15
b. 16
c. 18
d. 20

4. Diketahui segitiga KLM merupakan segitiga sama kaki. Sisi KL dan sisi KM sama panjang yaitu 26 cm. Jika keliling segitiga KLM 83 cm, maka panjang sisi LM adalah .... cm
a. 30
b. 31
c. 32
d. 33

5. Panjang alas segitiga 24 cm dan tinggi 18 cm. Luas segitiga tersebut adalah .... cm²
a. 196
b. 208
c. 216
d. 232

6. Diketahui 1/2 x p x l = 120 cm². Jika l = 20 cm, maka nilai p adalah .... cm
a. 10
b. 12
c. 14
d. 16


7. Sebuah papan reklame berbentuk segitiga, memiliki panjang alas 65 cm dan luasnya 1.625 cm², maka tingginya adalah .... cm
a. 50
b. 52
c. 54
d. 55

8. Tinggi sebuah segitiga 11 cm. Jika luasnya 66 cm², maka panjang alasnya adalah .... cm
a. 10
b. 11
c. 12
d. 14

9. Keliling segitiga sama sisi dengan panjang sisi 26 cm adalah ....
a. 72
b. 78
c. 80
d. 82

10. Taman bunga berbentuk segitiga dengan ukuran 135 cm, 75 cm, dan 90 cm. Jika taman tersebut dikelilingi pagar kawat 5 tingkat, maka kawat yang diperlukan adalah .... meter.
a. 9
b. 10
c. 12
d. 15



SELAMAT MENGERJAKAN

Senin, 10 April 2023

KELILING DAN LUAS SEGITIGA

 MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

 KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D

 GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

 WAKTU PEMBELAJARAN : 10 14April 2023

 

KOMPETENSI DASAR

3.11 Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang,

        belahketupat,  jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  

4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat         (persegi,persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga


Tujuan Pembelajaran :

  • Memahami rumus keliling dan luas segitiga
  • Dapat menghitung keiling dan luas segitiga


MATERI PEMBELAJARAN

Rumus Segitiga
Rumus segitiga yang akan dibahas meliputi rumus keliling segitiga dan rumus luas segitiga.

Rumus Keliling Segitiga
Perhatikan gambar berikut.

Pada gambar di atas, terdapat segitiga dengan ukuran sisi a, b, dan c. Keliling segitiga dirumuskan sebagai berikut.

K = BC + AC + AB

K = a + b + c

Keterangan:

a, b, c : ukuran sisi-sisi segitiga.

Berikutnya akan dijelaskan mengenai rumus luas segitiga.

Rumus Luas Segitiga
Perhatikan gambar berikut.

Luas segitiga dirumuskan sebagai berikut.

L = ½ x a x t

Keterangan:

a : ukuran alas segitiga
t : ukuran tinggi segitiga

Segitiga Istimewa

Segitiga istimewa merupakan segitiga yang memiliki sifat-sifat khusus. Beberapa segitiga dengan sifat khusus seperti segitiga siku-siku, segitiga segitiga sama kaki, serta segitiga sama sisi.


Contoh Soal Keliling dan Luas Segitiga 

1. Suatu segitiga sama sisi memiliki panjang alas 20 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah keliling dan luas segitiga tersebut!

Pembahasan

Elo lihat kan dari soal jenis segitiganya ialah segitiga sama sisi. Masih ingat dong segitiga ini punya sisi yang sama panjang di ketiga sisinya.

a = 20 cm

t = 10 cm

rumus keliling segitiga = s + s + s

=20+20+20
=60 cm

rumus luas segitiga= ½ a × t

= ½ 20 × 10

=100 cm²



2. Diketahui sebuah segitiga siku-siku dengan panjang alasnya 8 cm dan tinggi 6 cm. Hitunglah keliling dan luas segitiga tersebut!

Pembahasan
Karena segitiga tersebut merupakan segitiga sama sisi, sehingga ketiga sisinya sama panjang.

a = 6 cm

t = 8 cm


Untuk menghitung keliling segitiga tersebut, elo perlu cari sisi miringnya terlebih dahulu dengan dalil phytagoras. Misalkan sisi miring kita simbolkan dengan c, sehingga

c² = a² + b²




LATIHAN SOAL

1. Panjang alas segitiga adalah 26 cm. Jika luasnya 169 cm2, maka tinggi segitiga tersebut adalah....
A. 11 cm
B. 13 cm
C. 17 cm
D. 21 cm


2. Segitiga siku – siku mempunyai panjang sisi tegak 8 cm dan panjang ala 15 cm. Berapa keliling dari segitiga tersebut....
A. 55 cm
B. 35 cm
C. 60 cm
D. 40 cm

3. Rumus mencari keliling persegi adalah....
A. K = 4 x s
B. K = 2 x s
C. K = p +l
D. K = 2 (p + l)

4. keliling sebuah persegi  68 m. Berapa luas persegi tersebut....
A. 289 cm2
B. 219 cm2
C. 314 cm2
D. 424 cm2


5. luas prsegi  144 cm2. Berapa keliling persegi tersebut....
A. 72 cm
B. 24 cm
C. 64 cm
D. 48 cm



Senin, 03 April 2023

SIFAT-SIFAT SEGITIGA

  MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D

GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

WAKTU PEMBELAJARAN : 3 - 5 April 2023

 

KOMPETENSI DASAR

3.11 Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang,

        belahketupat,  jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  

4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat         (persegi,persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga


Tujuan Pembelajaran :

• Mengenal dan memahami bangun datar segitiga
• Memahami jenis dan sifat sifat segitiga berdasarkan panjang sisinya dan jumlah sudutnya
• Memahami rumus keliling dan luas segitiga


MATERI PEMBELAJARAN

SIFAT-SIFAT SEGITIGA


Ciri-ciri dan sifat bangun datar segitiga, antara lain sebagai berikut.
1. Segitiga Sama Sisi 

Memiliki tiga sudut yang sama besarnya, yakni 60 derajat.
Memiliki tiga sisi yang sama panjang
Memiliki tiga sumbu simetri lipat.
Memiliki tiga sumbu simetri putar.

2. Segitiga Sama Kaki 

Memiliki satu sumbu simetri lipat.
Memiliki dua sisi yang berhadapan sama panjang.
Memiliki satu sumbu simetri putar.

3. Segitiga Siku-siku
 
Memiliki satu sisi miring.
Tidak memiliki sumbu simetri lipat.
Memiliki dua sisi yang saling tegak lurus.
Tidak memiliki sumbu simetri putar.
Salah satu sudutnya, yaitu sudut siku-siku sebesar 90 derajat.
Menggunakan rumus phytagoras dalam mencari panjang sisi miringnya.

4. Segitiga Sembarang 

Memiliki tiga sisi tidak sama panjang.
Memiliki tiga sudut yang besarannya berbeda.
Tidak memiliki sumbu simetri lipat.
Memiliki satu sumbu simetri putar.




KELILING DAN LUAS SEGITIGA



GARIS -GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA





  • Garis Tinggi adalah garis dari titik sudut segitiga yang memotong salah satu sisi segitiga sehingga garis tegak lurus dengan sisi segitiga tersebut.
  • Garis Berat adalah garis dari titik sudut segitiga yang memotong salah satu sisi segitiga sehingga garis membagi panjang sisi segitiga tersebut sama panjang.
  • Garis Bagi adalah garis dari titik sudut segitiga yang memotong salah satu sisi segitiga sehingga garis membagi besar sudut segitiga tersebut sama besar.
  • Garis Sumbu adalah garis yang tegak lurus dengan sisi segitiga dan membagi panjang sisi segitiga tersebut sama panjang.
Pada segitiga samasisi keempat garis di atas merupakan garis yang sama.