MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
WAKTU PEMBELAJARAN : 15 -19 Mei 2023
KOMPETENSI DASAR
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
4.12 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
Tujuan Pembelajaran :
- Memahami cara pengumpulan data dan penyajian data
- Dapat membaca diagram batang, garis, lingkaran
- Dapat menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran
Materi Pembelajaran
1. Mengenal Data
Kata “data” berasal dari bahasa Inggris bersifat majemuk. Datum adalah keterangan atau informasi yang diperoleh dari suatu obyek/kejadian atau narasumber. Sedangkan data adalah adalah kumpulan dari datum.
Misalkan : Hasil ulangan matematika kelas 9 adalah 100, 99, 98, 75, 80, 85
Nah semua hasil ulangan matematika kelas 9 itu disebut data. Sedangkan setiap angka nilai ulangannya disebut datum.
2. Menyajikan Data Dalam Bentuk Tabel
a. Tabel Baris Kolom
b. Tabel Kontigensi
c. Tabel Distribusi Frekuensi
3. Jenis Jenis Diagram
Nah ada beberapa jenis diagram, yaitu :
Diagram batang
Diagram garis
Diagram lingkaran
Diagram gambar
A. Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Batang
Misalnya ada data tentang nilai rata-rata tes Ulangan Akhir Semester pelajaran Matematika kelas 7 di SMP Cakrawala yang disajikan dalam tabel sebagai berikut :
85 | 90 | 70 | 75 | 90 | 80 | 85 | 95 | 100 | 75 |
70 | 75 | 80 | 80 | 85 | 95 | 100 | 75 | 85 | 90 |
75 | 85 | 80 | 85 | 90 | 70 | 85 | 90 | 80 | 85 |
90 | 90 | 75 | 80 | 80 | 85 | 95 | 90 | 95 | 100 |
Untuk mengetahui berapa banyak siswa yang memperoleh nilai 70, 75, 80, 85, 90, 95, dan 100 tentu kita akan mengalami kesulitan. Cara mudah untuk mengetahui banyak siswa untuk setiap nilai adalah menyajikan data tersebut dalam bentuk diagram batang seperti gambar di bawah ini
Dalam diagram tersebut, kalian dengan mudah mengetahui banyak siswa untuk setiap nilai, misalnya banyak siswa yang mendapat nilai 85 ada 9 siswa, banyak siswa yang mendapat nilai 95 ada 4 siswa dan seterusnya.
B. Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Garis
Contoh diagram garis
C. Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran
Contoh :
Dalam suatu polin terhadap 1.000 pemirsa tentang acara yang paling disukai pada salah satu stasiun televisi didapatkan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran sebagi berikut. Berdasarkan diagram lingkaran tersebut:
Acara apakah yang paling banyak diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
Acara apakah yang paling sedikit diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
Berapa persen pemirsa yang meminati acara Olah Raga? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
Alternatif :
1. Acara yang paling banyak diminati pemirsa adalah acara sinetron yaitu sebanyak 25%. Banyak pemirsa yang meminatinya adalah 25/100 × 1.000 = 250 pemirsa.
2. Acara yang paling sedikit diminati pemirsa adalah acara musik yaitu sebanyak 10%. Banyak pemirsa yang meminatinya adalah 10/100 × 1.000 = 100 pemirsa
3. Pemirsa yang meminati acara olahraga adalah
100 – (13 + 10 + 25 + 15 + 20) = 100 – 83 = 17
Jadi, persentase pemirsa acara olahraga adalah 17% dan banyak pemirsanya adalah 17/100 × 1.000 = 170 pemirsa.
Assalamu'alaikum wr.wb
BalasHapusQueensha 7D
Hadir Bu..