MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : 9C,9D
MATERI : KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN
PERTEMUAN : KE 3 DARI 4
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
WAKTU PEMBELAJARAN : 2 X 40 MENIT
HARI/TANGGAL . : RABU, 31 JANUARI 2024
KD
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi peserta didik diharapkan
- Menjelaskan Kesebangunan dua trapesium
Menghitung panjang sisi trapesium yang belum di ketahui
Menghitung panjang sisi pada segitiga dan trapesium yang belum di ketahui
atau |
1. Perhatikan gambar berikut!
Tentukan Panjang DB
Pembahasan:
Gambar di atas adalah gambar bangun ΔABC dan ΔADE dan kedua bangun tersebut adalah sebangun. Untuk menentukan DB, langkah yang dilakukan adalah menentukan AB terlebih dahlu dan ambil perbandingan alas dan tinggi dari kedua sisi segitiga seperti berikut
Dengan demikian, DB = AB – AD = 15 cm – 10 cm = 5 cm
2. Perhatikan gambar segitiga dibawah ini!
Tentukan QR dan QU
Pembahasan:
Seperti penyelesaian pada soal nomor 2. Ambil perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dari segitiga PQR dan segitiga SUR!
QU = QR – UR = 20 cm – 15 cm = 5 cm
Jadi, panjang sisi QR = 20 cm dan panjang sisi QU = 5 cm
Kesebangunan Trapesium Bentuk 1
Trik cepat yang disimpulkan melalui rumus kesebangunan trapesium untuk bentuk pertama adalah menggunakan rumus berikut.
atau |
Kesebangunan Trapesium Bentuk 2
Perhatikan sebuah bangun datar berbentuk trapesium seperti yang diberikan di atas. Pada trapesium memuat titik E dan titik F yang masing – masing merupakan titik tengah garis AC dan BD. Sehingga, AE : AC = BF : BD = 1: 2
Rumus cepat untuk mendapatkan panjang EF adalah melalui rumus kesebangunan trapesium berikut.
Jika E dan F adalah titik tengah diagonal AC dan BD maka panjang EF pada gambar di atas adalah ….
A. 4 cm
B. 8 cm
C. 16 cm
D. 32 cm
Pembahasan:
Diketahui:
- AB = 20 cm
- CD = 12 cm
- Titik E dan F adalah titik tengah diagonal AC dan BD
Menghitung EF:
Jawaban: A
Untuk lebih paham dengan materi diatas, silahkan anak anak kerjakan soal latihan di bawah ini ya
LATIHAN
1. Panjang TU adalah ….
A. 14 cm
B. 15 cm
C. 16 cm
D. 19 cm
2. Pada gambar berikut, panjang AB adalah . . . .
A. 8 cm
B. 9 cm
C. 12 cm
D. 15 cm
3. Seorang pemuda menghitung lebar sungai dengan menancapkan tongkat di B, C, D dan E (seperti pada gambar) segingga DCA segaris ( A = Benda di seberang sungai) . Lebar sungai Ab adalah . . .
A. 16 m
B. 15 m
C. 9 m
D. 7 m
4. Perhatikan gambar di bawah !
Segitiga ABC siku-siku di B. Jika AD = 3 cm, DB = 2 cm dan BC = 4 cm, maka panjang DE adalah ….
A. 2,4 cm
B. 6,7 cm
C. 3,75 cm
D. 3,6 cm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar