Hari/ Tanggal : Jumat, 7 Januari 2022
Kelas : 8F
Materi : Teorema Pythagoras
KOMPETENSI DASAR
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema pythagoras dan tripel pythagoras
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Memahami rumus dari Teorema Pythagoras
Ø Menjelaskan Teorema Pythagoras
Ø Menjelaskan bunyi Teorema Pythagoras
Ø Menyajikan hasil pembelajaran teorema Pythagoras
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi
Teorema Pythagoras
Teorema Pythagoras menyatakan bahwa “Dalam segitiga siku-siku, kuadrat dari sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari dua sisi lainnya”. Sisi-sisi segitiga ini dinamai Perpendicular, Base dan Hypotenuse.
Di sini, sisi miring adalah sisi terpanjang, karena berlawanan dengan sudut 90 °. Sisi-sisi segitiga siku-siku (katakanlah x, y dan z) yang memiliki nilai integer positif, ketika kuadrat, dimasukkan ke dalam persamaan, juga disebut triple Pythagoras.
Perhatikan segitiga siku-siku, yang diberikan di bawah ini:
Temukan nilai x.
adalah sisi yang berlawanan dengan sudut kanan, maka itu adalah sisi miring.
Sekarang, dengan teorema kita tahu
Karena di dalam penerapannya tidak ada nilai negatif maka kita dapat simpulkan bahwa panjang garis miringnya adalah
Rumus Teorema Phytagoras
Perhatikan segitiga yang diberikan di atas:
Di mana ” ” adalah sisi tegak lurus (perpendicular side),
” ” adalah dasarnya (base),
“ ” adalah sisi miring (hypotenuse side).
Menurut definisi tersebut, rumus phytagoras diberikan sebagai:
Jika panjang a dan b diketahui, maka c dapat dihitung sebagai
Jika panjang sisi miring c dan satu sisi (a atau b) diketahui, panjang yang lain dapat dicari dengan
atau
CONTOH
Soal 1
Sebuah persegi ABCD mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Tentukanlah panjang diagonal dari persegi tersebut.
Jawab:
Diketahui:
• panjang = p = 8 cm
• lebar = L = 6 cm
Ditanya:
• diagonal = d = … ?
Berdasarkan dalil Pythagoras, maka:
⇒ d2 = p2 + L2
⇒ d2 = 82 + 62
⇒ d2 = 64 + 36
⇒ d2 = 100
⇒ d = √100
⇒ d = 10 cm
Sehingga, panjang diagonal persegi pada soal di atas adalah 10 cm.
Soal 2.
Suatu segitiga siku-siku KLM dengan siku-siku di L digambarkan seperti di bawah ini:
Tentukan panjang sisi KL pada gambar di atas!
Jawab:
Sebab, segitiga di atas adalah segitiga siku-siku, maka berlaku rumus Phytagoras seperti berikut ini:
KM² = KL² + LM²
KL² = KM² – LM²
KL² = 13² – 12²
KL² = 169 – 144
KL² = 25
KL = √25
KL = 5
Sehingga, panjang sisi KL dalam segitiga siku-siku di atas yaitu 5 cm.
Demikianlah materi hari ini, kalau ada yang belum paham silahkan anak anak bertanya lewat waya nak. Dan untuk lebih paham materi ini, silahkan anak anak kerjakan sosl soal latihan di bawah ini
LATIHAN
KERJAKAN SOAL DI ATAS NO 1,2 3
JANGAN LUPA TUGAS DIKIRIMKAN KE email budiutami77@gmail.com
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama bilal pratama
Kls 8f
Ket hadir
Terimakasih bu atas materinya 🙏🙏
Assalamualaikum,
BalasHapusNama:Kayla Assyfa Listhon
Kelas:8F
Hari/tanggal:Jum'at/7 Januari 2022
Terimakasih bu.
Wassalamu'alaikum
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama: Nabila Sapitri
Kelas: 8F
Ket: hadir
-terimakasih atas materinya hari ini..
Assalamualaikum
BalasHapusBagini arya fadila
8 f
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusNama : Muhammad Yusuf Isa
Kelas : 8F
Terimakasih
assalamualaikum
BalasHapusnama : Arga aditya
kelas : 8F
ket : hadir
terimakasih
wassalamualaikum wr wb
Assalammualaikum
BalasHapusNama:Zullia Ade Rono W
Kelas:8F
Hadir
Terima kasih
Assalamualaikum Wr.Wb.
BalasHapusNama saya Khalisa Putri Mukhbita.
Dari kelas 8F || Absen : 12.
Keterangan: Hadir.
Hari/Tanggal : Jum'at, 7 Januari 2022
Terimakasih bu atas materinya 🙏🏻.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Assalamualaikum
BalasHapusShireen Fehima 8F
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusNama: Wafa Aziza
Kls: 8F
Hadir
Terimakasih
Assalammualaikum
BalasHapusNama:Bunga Cantika Asmara
Kelas:8F
Hadir
Terima kasih
Assalamualaikum Wr.Wb.
BalasHapusSaya Khalista Sheila Lathifah.
Dari kelas 8 F.
Hari/Tanggal: Jum’at, 07 Januari 2022.
Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Assalamualaikum
BalasHapusNama Marcello Radita Wijaya
Kelas 8F
Ket hadir
adzkia mutiara 8F
BalasHapushadir
Assalamualaikum
BalasHapusGlessya Gendis Aurell
8f
hadir
Assalamualaikum
BalasHapusSafira Azzahra
8F
Hadir
Terimakasih
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama : Altaf Nara Jihady
Kls : 8F
Ket : Hadir
Terimakasih
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama : albhi zafaran
Kelas: 8F
Ket : hadir
Terimakasih
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusNama:Raytama Aldino Putra
Kelas:8F
Ket:hadir
Wassalamualaikum wr wb