Jumat, 07 Januari 2022

TEOREMA PYTHAGORAS

  Hari/ Tanggal : Jumat, 7 Januari 2022
 Kelas              : 8F
 Materi            :  Teorema Pythagoras

KOMPETENSI DASAR
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema pythagoras dan tripel pythagoras

Tujuan Pembelajaran :
    Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø  Memahami rumus dari Teorema Pythagoras
Ø  Menjelaskan Teorema Pythagoras
Ø  Menjelaskan bunyi Teorema Pythagoras
Ø  Menyajikan hasil pembelajaran teorema Pythagoras

Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 
 Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi 
 Teorema Pythagoras
Teorema Pythagoras menyatakan bahwa “Dalam segitiga siku-siku, kuadrat dari sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari dua sisi lainnya”. Sisi-sisi segitiga ini dinamai Perpendicular, Base dan Hypotenuse.
Di sini, sisi miring adalah sisi terpanjang, karena berlawanan dengan sudut 90 °. Sisi-sisi segitiga siku-siku (katakanlah x, y dan z) yang memiliki nilai integer positif, ketika kuadrat, dimasukkan ke dalam persamaan, juga disebut triple Pythagoras.
Perhatikan segitiga siku-siku, yang diberikan di bawah ini:
 

Temukan nilai x.
  adalah sisi yang berlawanan dengan sudut kanan, maka itu adalah sisi miring.
Sekarang, dengan teorema kita tahu
 
 
Karena di dalam penerapannya tidak ada nilai negatif maka kita dapat simpulkan bahwa panjang garis miringnya adalah  
Rumus Teorema Phytagoras
 

Perhatikan segitiga yang diberikan di atas:
Di mana ”  ” adalah sisi tegak lurus (perpendicular side),
”  ” adalah dasarnya (base),
“ ” adalah sisi miring (hypotenuse side).
Menurut definisi tersebut, rumus phytagoras diberikan sebagai:
 
Jika panjang a dan b diketahui, maka c dapat dihitung sebagai
 
Jika panjang sisi miring c dan satu sisi (a atau b) diketahui, panjang yang lain dapat dicari dengan
  atau  
CONTOH
Soal 1
Sebuah persegi ABCD mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Tentukanlah panjang diagonal dari persegi tersebut.
Jawab: 
Diketahui:
panjang = p = 8 cm
lebar = L = 6 cm
Ditanya:
diagonal = d = … ?
Berdasarkan dalil Pythagoras, maka:
⇒ d2 = p2 + L2
⇒ d2 = 82 + 62
⇒ d2 = 64 + 36
⇒ d2 = 100
⇒ d = √100
⇒ d = 10 cm
Sehingga, panjang diagonal persegi pada soal di atas adalah 10 cm.
Soal 2.
Suatu segitiga siku-siku KLM dengan siku-siku di L digambarkan seperti di bawah ini: 

Tentukan panjang sisi KL pada gambar di atas!
Jawab:
Sebab, segitiga di atas adalah segitiga siku-siku, maka berlaku rumus Phytagoras seperti berikut ini:
KM² = KL² + LM²
KL² = KM² – LM²
KL² = 13² – 12²
KL² = 169 – 144
KL² = 25
KL  =  √25
KL = 5
Sehingga, panjang sisi KL dalam segitiga siku-siku di atas yaitu 5 cm.

Demikianlah materi hari ini, kalau ada yang belum paham silahkan anak anak bertanya lewat waya nak. Dan untuk lebih paham materi ini, silahkan anak anak kerjakan sosl soal latihan di bawah ini

LATIHAN
 


KERJAKAN SOAL DI ATAS NO 1,2 3
JANGAN LUPA TUGAS DIKIRIMKAN KE email budiutami77@gmail.com

19 komentar:

  1. Assalamualaikum bu
    Nama bilal pratama
    Kls 8f
    Ket hadir
    Terimakasih bu atas materinya 🙏🙏

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum,
    Nama:Kayla Assyfa Listhon
    Kelas:8F
    Hari/tanggal:Jum'at/7 Januari 2022
    Terimakasih bu.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Nabila Sapitri
    Kelas: 8F
    Ket: hadir
    -terimakasih atas materinya hari ini..

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Bagini arya fadila
    8 f
    Hadir

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Nama : Muhammad Yusuf Isa
    Kelas : 8F
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. assalamualaikum
    nama : Arga aditya
    kelas : 8F
    ket : hadir
    terimakasih
    wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  7. Assalammualaikum
    Nama:Zullia Ade Rono W
    Kelas:8F
    Hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama saya Khalisa Putri Mukhbita.
    Dari kelas 8F || Absen : 12.
    Keterangan: Hadir.
    Hari/Tanggal : Jum'at, 7 Januari 2022
    Terimakasih bu atas materinya 🙏🏻.
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Shireen Fehima 8F
    Hadir

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama: Wafa Aziza
    Kls: 8F
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  11. Assalammualaikum
    Nama:Bunga Cantika Asmara
    Kelas:8F
    Hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Khalista Sheila Lathifah.
    Dari kelas 8 F.
    Hari/Tanggal: Jum’at, 07 Januari 2022.
    Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Nama Marcello Radita Wijaya
    Kelas 8F
    Ket hadir

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum
    Glessya Gendis Aurell
    8f
    hadir

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum
    Safira Azzahra
    8F
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum
    Nama : Altaf Nara Jihady
    Kls : 8F
    Ket : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum
    Nama : albhi zafaran
    Kelas: 8F
    Ket : hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum wr wb
    Nama:Raytama Aldino Putra
    Kelas:8F
    Ket:hadir
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus