Senin, 03 Januari 2022

KESEBANGUAN DAN KEKONGRUENAN DUA BANGUN DATAR

 Hari,tanggal : Senin-Jumat, 3 - 7 Januari 2022

Kelas              : 9A - 9D

Materi            : Kesebanguan dan Kekongruenan


Kompetensi Dasar: 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar


Tujuan Pembelajaran

Setelah memahami materi fungsi kudrat, maka peserta didik dapat

   Menjelaskan Kesebangunan dua bangun datar


       


Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....

Apa kabarnya hari ini ?

Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....

Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.

Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 

Baiklah, materi pertemuan kita minggu ini adalah 


Pengertian Kesebangunan Bangun Datar


Kesebangunan merupakan sebuah bangun datar di mana sudut – sudutnya mempuntai kesesuaian yang sama besarnya. Dan juga panjang sisi – sisi sudutnya juga bersesuai dengan mempunyai sebuah perbandingan yang sama.

Perhatikan contoh di bawah ini:
Dua Bangun Datar yang Sebangun
Sekarang, coba kamu perhatikan Gambar di atas! Sebangunkah persegipanjan ABCD dengan persegipanjang EFGH? Pada persegipanjang ABCD dan persegipanjang EFGH, perbandingan panjangnya adalah 4 : 8 = 1 : 2.
Adapun perbandingan lebarnya adalah 2 : 4 = 1 : 2. Dengan demikian, perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian pada kedua persegipanjang tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut.

Kemudian, perhatikan sudut-sudut yang bersesuaian pada persegipanjang ABCD dan persegipanjang EFGH. Oleh karena keduanya berbentuk persegipanjang, setiap sudut besarnya 90° sehingga sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua bangun tersebut sama besar.

Artinya kedua persegi panjang tersebut memiliki sisi-sisi yang bersesuaian dan sebanding sedangkan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Oleh karena itu, persegipanjang ABCD dan persegipanjang EFGH dikatakan sebangun.

Kesebangunan adalah kesamaan perbandingan panjang sisi dan besar sudut antara dua buah bangun datar atau lebih. 




Dua bangun datar yang sebangun

Kedua bangun di atas, ABCD dan KLMN  adalah dua bangun yang sebangun, karena memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
a.       Pasangan sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama, yaitu
:
Pasangan sisi AD dan KN =  
Pasangan sisi AB dan KL = 
Pasangan sisi BC dan LM =   
Pasangan sisi CD dan MN = 
Jadi,   
b.      Besar sudut yang bersesuaian sama, yaitu :
Kemudian, perhatikan sudut-sudut yang bersesuaian pada persegipanjang ABCD dan persegipanjang KLMN. Oleh karena keduanya berbentuk persegipanjang, setiap sudut besarnya 90° sehingga sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua bangun tersebut sama besar.

Syarat Kesebangunan 

Jadi, dua atau lebih bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Panjang sisi-sisi yang bersesuaian pada bangun-bangun tersebut memiliki perbandingan yang senilai.
  2. Sudut-sudut yang bersesuaian pada bangun-bangun tersebut sama besar.

Pengertian Kekongruenan

Kekongruenan merupakan dua buah bangun datar yang di mana kedua bangunnya sama – sama memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama.
Kekongruenan ini biasa dilambangkan dengan pemakaian simbol .
Perhatikan contoh di bawah ini:
1. Dua Bangun Datar yang Kongruen
kesebangunan dan kekongruenan pdf
Pada kedua bangun di atas adalah bangun yang kongruen, karena panjang KL = PQ, Panjang LM = QR, panjang MN = RS, panjang NK = SP maka oleh karena itu, pada bangun KLMN dan PQRS dapat dikatakan adalah kongruen karena memiliki bentuk dan ukuran yang sama.

Perbedaan Kesebangunan dan Kekongruenan

Hal mendasar yang membedakan kongruen dan sebangun yaitu:
Bangun dikatakan kongruen jika sisi-sisi yang bersesuaian harus sama panjang. Sementaa jika bangun dikatakan sebangun apabila perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian harus sama besar.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwa, seluruh bangun yang kongruen sudah pasti sebangun, namun jika sebangun belum tentu kongruen.




CONTOH

1. Berikut ini ditampilkan ukuran panjang dan lebar dari 4 buah persegipanjang.
(i) 10 cm, 15 cm
(ii) 16 cm, 20 cm
(iii) 18 cm, 12 cm
(iv) 12 cm, 15 cm
Pasangan persegipanjang yang sebangun adalah….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (i) dan (iv), (ii) dan (iii)
D. (i) dan (iii), (ii) dan (iv)

Pembahasan
Persegipanjang yang sebangun akan memiliki perbandingan panjang dan lebar yang sama:
(i) 10 cm, 15 cm → 2 : 3
(ii) 16 cm, 20 cm → 4 : 5
(iii) 18 cm, 12 cm → 3 : 2
(iv) 12 cm, 15 cm → 4 : 5

Terlihat yang sebangun adalah (i) dan (iii) serta (ii) dan (iv), jawaban D.

2. Perhatikan gambar dua buah belah ketupat di bawah ini, apakah kedua berdiri tersebut sanggup dinyatakan kongruen?

 sudah pernah menawarkan ulasan bahan mengenai Contoh Soal Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar dan Penyelesaiannya


Penyelesaian:

Untuk menjawab soal tersebut, kalian harus mengingat kembali akan sifat-sifat berdiri datar yang dimiliki oleh belah ketupat, yaitu:

a. Semua sisi sama panjang dan sepasang-sepasang sejajar.
b. sudut-sudut yang berhadapan sama besar dan terbagi dua sama besar.

Pada belah ketupat ABCD diatas, diketahui bahwa AB = BC = CD = AD = 6 cm,
Sudut A = sudut C = 400, dan sudut B = sudut D = 1400 (sudut-sudut yang berhadapan)

Pada belah ketupat EFGH diatas, diketahui bahwa EF = FG = GH = EH = 6 cm,
Sudut E = sudut G = 400, dan sudut F = sudut H = 1400

Dari uraian tersebut sanggup diperoleh:

AB/EF = BC/FG = CD/GF = AD=EH = 1

sudut A = sudut C = Sudut E = sudut G = 400
sudut B = sudut D = sudut F = sudut H = 1400

Karena sisi-sisinya yang bersesuaian mempunyai ukuran sama panjang serta sudut-sudut yang bersesuaian sama besarnya, maka berdiri ABCD dan EFGH bisa dikatakan kongruen.



Demikianlah materi kita hari ini, semoga bisa dipahami oleh anak anak semuanya, seandainya ada yang belum paham silahkan bertanya lewat WA.


LATIHAN


1. Apakah masing-masing pasangan bangun di bawah ini sebangun?

2. Perhatikan gambar berikut:
Trapesium ABCD dan PQRS sebangun, tentukanlah:
a. Panjang BC
b. Panjang RS

3. a. Apakah persegi panjang KLMN sebangun dengan persegi panjang PQRS?
b. Apakah persegi panjang KLMN kongruen dengan persegi panjang PQRS?

Jawaban dikumpulkan ke email ibu budiutami77@gmail.com

57 komentar:

  1. Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya

    Annisa Maulidawati Sofyan 9C

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum bu terimakasih atas tugasnya

    Yesha Kirania Nevita 9C

    BalasHapus
  3. assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya

    sevina Amanda Putri 9C

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
    Nilam Septia 9C

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu, Terimakasih atas tugasnya
    Saniya Princess Medina 9C

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
    Salma Afiifah Putri 9C

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
    Fazilatun Nisa 9C

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    Lingga jaya salendra 9c

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum bu terima kasih atas materinya
    M.Raihan Pahlevi 9C

    BalasHapus
  11. Assalammualaikum but trimakasih at as materinya panji aditya mahardika. S 9c

    BalasHapus
  12. assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    putri alyaa salsabila 9d

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....
    Terimakasih Bu atas materi yang diberikan serta tugas nya🙏🏻
    Jihan Khairunnisa 9C

    BalasHapus
  14. assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    Naura 9D

    BalasHapus
  15. assalamualaikum bu trimakasih atas tugasnya -Nuri luthfiah putri 9D

    BalasHapus
  16. Assalammualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    -shafa khairunnisa 9d

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum bu terimakasih
    -Renata tri safira 9D

    BalasHapus
  18. assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
    -kalila islami azzahra 9D

    BalasHapus
  19. assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    -rajwaqiqa maulidia derina 9D

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    -Refeka Ksatria Panatagama 9D

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum, terimakasih ibuu info materi dan tugasnya!
    Rizka Amelia 9c

    BalasHapus
  22. asalamualaikum terimakasih atas tugasnya
    Ammar 9D

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
    Savira Ramadhani dari kelas 9D

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
    Gilang 9B

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum Bu, Terimakasih atas tugasnya
    Klarisa Rahma Cantika 9B

    BalasHapus
  26. assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya 🙏🏻
    Alifia Sabrina 9B

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya Elifa Dewi Baryza 9B

    BalasHapus
  28. assalamualaikum bu terimakasih
    Anggita meyshafa aulya 9B

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum Bu terimakasih
    -Regita Amanda 9B

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum bu, trimakasih
    Radithya Rizky 9B

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum Bu,terimakasih
    Yuka Ramadani 9B

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum Bu terimakasih
    Nabila Fakhriyah 9B

    BalasHapus
  33. Terimakasih kasih Bu
    Dzaky Atha 9B

    BalasHapus
  34. assalamualaikum bu, terimakasih
    —s.r.azizah 9b

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum Bu,terimakasih
    -Arissa Syafina 9b

    BalasHapus
  36. Assalamaualaikum bu terimakasih tugasnya
    M.faiz y.p 9B

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum bu, Terimakasih
    Bram Prasetia Ali 9B

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
    juan 9B

    BalasHapus
  39. assalamualaikum bu terima kasih -aliani sabrina 9b

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum bu, terimakasih tugasnya
    Nadia Adzra Aisyah 9b

    BalasHapus
  41. assalamualaikum bu, terimaksih atas tugasnya
    Meissya Arletsia 9A

    BalasHapus
  42. assalamualaikum bu, tetimakasih atas materi dan tugas nya
    -cahaya putri zahra 9A

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugas nya
    Diranda Aprilia 9A

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum bu terimakasih
    Dini safarina salma 9A

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
    Ni Nyoman Jingga Widiathama Putri 9A

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum bu, terima kasih atas materi dan tugasnya
    Aggy nazwa alika 9A

    BalasHapus
  47. Assalamu'alaikum, terima kasih bu
    -Vakhroh Ardelia 9A

    BalasHapus
  48. assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
    Tegar assharul 9A

    BalasHapus
  49. assalamualaikum bu trimakasih-tazkia 9A

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bu terimakasih banyak atas tugas nya dan materi nya🙏🏻
    - Anisa Putri 9 A
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum bu sari terimakasih atas tugas dan materinya

    Diajeng Ayu Wulan 9A

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
    Ahmad Fauzan Harahap 9A

    BalasHapus
  53. assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
    Alfarin Azzura 9A

    BalasHapus
  54. assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
    muhamad Rafli 9A

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugas dan materinya
    Muhammad Satria Fadhil 9A

    BalasHapus
  56. Assalamuaalaikum bu makasih materinya
    M.faiz y.p 9B

    BalasHapus