Hari,tanggal : Senin-Jumat, 3 - 7 Januari 2022
Kelas : 9A - 9D
Materi : Kesebanguan dan Kekongruenan
Kompetensi Dasar: 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
Tujuan Pembelajaran
Setelah memahami materi fungsi kudrat, maka peserta didik dapat
Menjelaskan Kesebangunan dua bangun datar
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah, materi pertemuan kita minggu ini adalah
Pengertian Kesebangunan Bangun Datar
Kesebangunan merupakan sebuah bangun datar di mana sudut – sudutnya mempuntai kesesuaian yang sama besarnya. Dan juga panjang sisi – sisi sudutnya juga bersesuai dengan mempunyai sebuah perbandingan yang sama.
Perhatikan contoh di bawah ini:
Dua Bangun Datar yang Sebangun
Sekarang, coba kamu perhatikan Gambar di atas! Sebangunkah persegipanjan ABCD dengan persegipanjang EFGH? Pada persegipanjang ABCD dan persegipanjang EFGH, perbandingan panjangnya adalah 4 : 8 = 1 : 2.
Adapun perbandingan lebarnya adalah 2 : 4 = 1 : 2. Dengan demikian, perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian pada kedua persegipanjang tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut.
Kemudian, perhatikan sudut-sudut yang bersesuaian pada persegipanjang ABCD dan persegipanjang EFGH. Oleh karena keduanya berbentuk persegipanjang, setiap sudut besarnya 90° sehingga sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua bangun tersebut sama besar.
Artinya kedua persegi panjang tersebut memiliki sisi-sisi yang bersesuaian dan sebanding sedangkan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Oleh karena itu, persegipanjang ABCD dan persegipanjang EFGH dikatakan sebangun.
Kesebangunan adalah kesamaan perbandingan panjang sisi dan besar sudut antara dua buah bangun datar atau lebih.
Dua bangun datar yang sebangun
Kemudian, perhatikan sudut-sudut yang bersesuaian pada persegipanjang ABCD dan persegipanjang KLMN. Oleh karena keduanya berbentuk persegipanjang, setiap sudut besarnya 90° sehingga sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua bangun tersebut sama besar.
Syarat Kesebangunan
Jadi, dua atau lebih bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
- Panjang sisi-sisi yang bersesuaian pada bangun-bangun tersebut memiliki perbandingan yang senilai.
- Sudut-sudut yang bersesuaian pada bangun-bangun tersebut sama besar.
Pengertian Kekongruenan
Kekongruenan merupakan dua buah bangun datar yang di mana kedua bangunnya sama – sama memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama.
Kekongruenan ini biasa dilambangkan dengan pemakaian simbol ≅.
Perhatikan contoh di bawah ini:
1. Dua Bangun Datar yang Kongruen
Pada kedua bangun di atas adalah bangun yang kongruen, karena panjang KL = PQ, Panjang LM = QR, panjang MN = RS, panjang NK = SP maka oleh karena itu, pada bangun KLMN dan PQRS dapat dikatakan adalah kongruen karena memiliki bentuk dan ukuran yang sama.
Perbedaan Kesebangunan dan Kekongruenan
Hal mendasar yang membedakan kongruen dan sebangun yaitu:
Bangun dikatakan kongruen jika sisi-sisi yang bersesuaian harus sama panjang. Sementaa jika bangun dikatakan sebangun apabila perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian harus sama besar.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwa, seluruh bangun yang kongruen sudah pasti sebangun, namun jika sebangun belum tentu kongruen.
CONTOH
1. Berikut ini ditampilkan ukuran panjang dan lebar dari 4 buah persegipanjang.
(i) 10 cm, 15 cm
(ii) 16 cm, 20 cm
(iii) 18 cm, 12 cm
(iv) 12 cm, 15 cm
Pasangan persegipanjang yang sebangun adalah….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (i) dan (iv), (ii) dan (iii)
D. (i) dan (iii), (ii) dan (iv)
Pembahasan
Persegipanjang yang sebangun akan memiliki perbandingan panjang dan lebar yang sama:
(i) 10 cm, 15 cm → 2 : 3
(ii) 16 cm, 20 cm → 4 : 5
(iii) 18 cm, 12 cm → 3 : 2
(iv) 12 cm, 15 cm → 4 : 5
Terlihat yang sebangun adalah (i) dan (iii) serta (ii) dan (iv), jawaban D.
2. Perhatikan gambar dua buah belah ketupat di bawah ini, apakah kedua berdiri tersebut sanggup dinyatakan kongruen?
Penyelesaian:
Untuk menjawab soal tersebut, kalian harus mengingat kembali akan sifat-sifat berdiri datar yang dimiliki oleh belah ketupat, yaitu:
a. Semua sisi sama panjang dan sepasang-sepasang sejajar.
b. sudut-sudut yang berhadapan sama besar dan terbagi dua sama besar.
Pada belah ketupat ABCD diatas, diketahui bahwa AB = BC = CD = AD = 6 cm,
Sudut A = sudut C = 400, dan sudut B = sudut D = 1400 (sudut-sudut yang berhadapan)
Pada belah ketupat EFGH diatas, diketahui bahwa EF = FG = GH = EH = 6 cm,
Sudut E = sudut G = 400, dan sudut F = sudut H = 1400
Dari uraian tersebut sanggup diperoleh:
AB/EF = BC/FG = CD/GF = AD=EH = 1
sudut A = sudut C = Sudut E = sudut G = 400
sudut B = sudut D = sudut F = sudut H = 1400
Karena sisi-sisinya yang bersesuaian mempunyai ukuran sama panjang serta sudut-sudut yang bersesuaian sama besarnya, maka berdiri ABCD dan EFGH bisa dikatakan kongruen.
Demikianlah materi kita hari ini, semoga bisa dipahami oleh anak anak semuanya, seandainya ada yang belum paham silahkan bertanya lewat WA.
LATIHAN
1. Apakah masing-masing pasangan bangun di bawah ini sebangun?
2. Perhatikan gambar berikut:
Trapesium ABCD dan PQRS sebangun, tentukanlah:
a. Panjang BC
b. Panjang RS
3. a. Apakah persegi panjang KLMN sebangun dengan persegi panjang PQRS?
b. Apakah persegi panjang KLMN kongruen dengan persegi panjang PQRS?
Jawaban dikumpulkan ke email ibu budiutami77@gmail.com
Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAnnisa Maulidawati Sofyan 9C
assalamu'alaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusYesha Kirania Nevita 9C
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapussevina Amanda Putri 9C
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusNilam Septia 9C
Assalamualaikum Bu, Terimakasih atas tugasnya
BalasHapusSaniya Princess Medina 9C
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusSalma Afiifah Putri 9C
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusFazilatun Nisa 9C
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusLingga jaya salendra 9c
Assalamualaikum bu terima kasih atas materinya
BalasHapusM.Raihan Pahlevi 9C
Assalammualaikum but trimakasih at as materinya panji aditya mahardika. S 9c
BalasHapusassalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusputri alyaa salsabila 9d
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....
BalasHapusTerimakasih Bu atas materi yang diberikan serta tugas nya🙏🏻
Jihan Khairunnisa 9C
assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusNaura 9D
assalamualaikum bu trimakasih atas tugasnya -Nuri luthfiah putri 9D
BalasHapusAssalammualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-shafa khairunnisa 9d
Assalamualaikum bu terimakasih
BalasHapus-Renata tri safira 9D
assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-kalila islami azzahra 9D
assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-rajwaqiqa maulidia derina 9D
Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-Refeka Ksatria Panatagama 9D
Assalamualaikum, terimakasih ibuu info materi dan tugasnya!
BalasHapusRizka Amelia 9c
asalamualaikum terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAmmar 9D
Assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusSavira Ramadhani dari kelas 9D
Assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusGilang 9B
Assalamualaikum Bu, Terimakasih atas tugasnya
BalasHapusKlarisa Rahma Cantika 9B
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya 🙏🏻
BalasHapusAlifia Sabrina 9B
Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya Elifa Dewi Baryza 9B
BalasHapusassalamualaikum bu terimakasih
BalasHapusAnggita meyshafa aulya 9B
Assalamualaikum Bu terimakasih
BalasHapus-Regita Amanda 9B
Assalamualaikum bu, trimakasih
BalasHapusRadithya Rizky 9B
Assalamualaikum Bu,terimakasih
BalasHapusYuka Ramadani 9B
Assalamu'alaikum Bu terimakasih
BalasHapusNabila Fakhriyah 9B
Terimakasih kasih Bu
BalasHapusDzaky Atha 9B
assalamualaikum bu, terimakasih
BalasHapus—s.r.azizah 9b
Assalamualaikum Bu,terimakasih
BalasHapus-Arissa Syafina 9b
Assalamaualaikum bu terimakasih tugasnya
BalasHapusM.faiz y.p 9B
Assalamualaikum bu, Terimakasih
BalasHapusBram Prasetia Ali 9B
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusjuan 9B
assalamualaikum bu terima kasih -aliani sabrina 9b
BalasHapusAssalamualaikum bu, terimakasih tugasnya
BalasHapusNadia Adzra Aisyah 9b
assalamualaikum bu, terimaksih atas tugasnya
BalasHapusMeissya Arletsia 9A
assalamualaikum bu, tetimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapus-cahaya putri zahra 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapusDiranda Aprilia 9A
Assalamualaikum bu terimakasih
BalasHapusDini safarina salma 9A
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusNi Nyoman Jingga Widiathama Putri 9A
Assalamualaikum bu, terima kasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAggy nazwa alika 9A
Assalamu'alaikum, terima kasih bu
BalasHapus-Vakhroh Ardelia 9A
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusTegar assharul 9A
assalamualaikum bu trimakasih-tazkia 9A
BalasHapusAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bu terimakasih banyak atas tugas nya dan materi nya🙏🏻
BalasHapus- Anisa Putri 9 A
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum bu sari terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusDiajeng Ayu Wulan 9A
Assalamu'alaikum ok Bu
BalasHapusMagjun 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAhmad Fauzan Harahap 9A
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAlfarin Azzura 9A
assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusmuhamad Rafli 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusMuhammad Satria Fadhil 9A
Assalamuaalaikum bu makasih materinya
BalasHapusM.faiz y.p 9B