MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : VIII
MATERI : POLA BILANGAN, KOORDINAT CARTESIUS, RELASI
FUNGSI, PERSAMAAN GARIS LURUS
PERTEMUAN KE : TERAKHIR
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd.
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik dengan menggunakan konsep-konsep dan keterampilan matematika yang dipelajari pada fase ini. Mereka mampu mengoperasikan secara efisien bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah; melakukan pemfaktoran bilangan prima, menggunakan faktor skala, proporsi dan laju perubahan. Mereka dapat menyajikan dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan sistem persamaan linier dengan dua variabel dengan beberapa cara, memahami dan menyajikan relasi dan fungsi
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi peserta didik diharapkan
Dapat menyelesaikan soal soal SAS
PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG
![]()
Sekretariat: Jl. Pramuka No. 108 Rajabasa
Bandar Lampung Telp. 081293457214
KISI-KISI SOAL SUMATIF
AKHIR SEMESTER (SAS)
GANJIL
Mata Pelajaran Matematika Kelas/Semester VIIIGanjil TahunPelajaran 2025/2026
Tim Penyusun Bidang Kurikulum dan Keorganisasian
Bentuk Soal Pilihan Ganda
Banyak Soal :
40 Soal
|
No |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Nomor Soal |
|
1 |
Barisan dan Deret Aritmetika |
Menentukan suku berikutnya atau suku ke-n dari barisan aritmetika |
C2 |
1, 2, 6, 8,10, 11 |
|
2 |
Barisan dan Deret Geometri |
Menentukan
rasio dan suku
tertentu dari barisan geometri |
C2 - C3 |
7, 12,13 |
|
3 |
Pola Bilangan |
Menentukan
pola bilangan sederhana (segitiga Pascal, bertingkat, Fibonacci,
gambar) |
C2 |
3,
4, 5, 9 |
|
4 |
Koordinat
cartesius |
Menentukan
kuadran, mencari titik yang belum di ketahui |
C2 |
14 - 18 |
|
5 |
Relasi |
Mengidentifikasi
relasi antara dua himpunan (dalam bentuk
diagram panah, pasangan berurutan, atau pernyataan) |
C3 |
19 - 23 |
|
6 |
Fungsi |
Menentukan
domain, range, nilai
fungsi, dan banyak fungsi yang mungkin |
C2 - C3 |
24 -
31 |
|
7 |
Persamaan Garis lurus |
Menentukan
gradien, gradien sejajar dan tegak lurus |
C3 - C4 |
32 -
37 |
|
8 |
|
Menentukan
persamaan garis lurus di ketahui titik dan ber gradien m, menentukan
persamaan garis lurus melalui dua titik |
C4 |
38 - 40 |
Distribusi Level
Kognitif:
|
Level |
Keterangan |
Persentase |
Nomor Soal |
|
C1 |
Pengetahuan |
20% |
1, 3, 4, 13, 15, 16, 24 |
|
C2 |
Pemahaman |
40% |
2, 5, 6, 7, 9, 10, 14, 18, 25 – 27 |
|
C3 |
Penerapan |
30% |
11, 12, 17, 19 – 23, 28 – 33 |
|
C4 |
Penalaran |
10% |
34 – 40 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar