MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IX A, B
MATERI : BILANGAN BERPANGKAT, PERSAMAAN KUADRAT,
FUNGSI KUADRAT,GEOMETRI TRANSFORMASI
PERTEMUAN KE : TERAKHIR
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd.
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik dengan menggunakan konsep-konsep dan keterampilan matematika yang dipelajari pada fase ini. Mereka mampu mengoperasikan secara efisien bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah; melakukan pemfaktoran bilangan prima, menggunakan faktor skala, proporsi dan laju perubahan. Mereka dapat menyajikan dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan sistem persamaan linier dengan dua variabel dengan beberapa cara, memahami dan menyajikan relasi dan fungsi
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi peserta didik diharapkan
Dapat mengerjakan soal soal SAS
KISI – KISI PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
|
Tingkat Sekolah |
: SMP/MTs (FASE D) |
Kelas |
: IX |
|
Mata Pelajaran |
: Matematika |
Kurikulum |
: Merdeka
(Deep Learning) |
|
Bentuk soal |
: Pilihan Ganda |
Tahun Pelajaran |
: 2025/ 2026 |
|
Jumlah soal |
: 40 soal |
|
|
|
No. |
Kompetensi Dasar |
Kelas / Semester |
Materi |
Indikator Soal |
Tingkat
Kesulitan |
Nomor
Soal |
|
1. |
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan
berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar |
IX / 1 |
Bilangan Berpangkat |
Peserta didik dapat mendefenisikan bilangan berpangkat |
mudah |
|
|
Peserta didik dapat mendefenisikan bilangan berpangkat nol |
mudah |
|
||||
|
Peserta didik
dapat mendefenisikan bilangan berpangkat bilangan
negatif |
sedang |
|
||||
|
Peserta didik dapat
mendefenisikan bilangan berpangkat bilangan rasional. |
sedang |
|
||||
|
Peserta didik dapat
menerapkan aturan perkalian pada bilangan berpangkat |
sedang |
|
||||
|
Peserta didik dapat
menerapkan aturan perkalian pada bilangan berpangkat |
sedang |
|
||||
|
Peserta didik
dapat menerapkan aturan
perkalian bilangan berpangkat pada masalah bidang
datar |
sedang |
|
||||
|
Peserta didik
dapat mengaplikasikan perkalian bilangan bepangkat pada kehidupan sehari-hari
Peserta
didik dapat mengembangkan pengetahuannya tentang operasional bilangan berpangkat pada bentuk
persamaan aljabar |
Sukar
Sukar |
|
|
No. |
Kompetensi Dasar |
Kelas / Semester |
Materi |
Indikator Soal |
Tingkat
Kesulitan |
Nomor Soal |
|
|
|
|
IX / 1 |
Bilangan Akar |
Peserta didik dapat
mendefinisikan bilangan akar |
mudah |
|
|
|
Peserta didik
dapat menemukan hasil
operasi perkalian dan pembagian bentuk bilangan akar |
mudah |
|
|||||
|
Peserta
didik dapat menyederhanakan bentuk bilangan akar |
sedang |
|
|||||
|
Peserta didik
dapat menerapkan prinsip perkalian bilangan
akar pada kehidupan sehari-hari |
sukar |
|
|||||
|
Peserta didik dapat
mengurutkan bentuk bilangan akar |
sedang |
|
|||||
|
2 |
3.5 |
Menjelaskan transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual |
IX / 1 |
Transformasi Geometri |
·
Peserta didik dapat menentukan koordinat bayangan suatu titik atau bangun datar hasil dari
Translasi (Pergeseran). ·
Peserta didik dapat menentukan bayangan suatu titik
atau bangun datar hasil dari Refleksi
(Pencerminan))
·
Peserta didik dapat menentukan koordinat bayangan suatu titik atau bangun datar hasil dari
Refleksi (Pencerminan)
·
Peserta didik dapat Menentukan koordinat bayangan suatu titik hasil dari Rotasi (Perputaran) dengan pusat
O(0,0) dengan sudut tertentu
· Peserta didik
dapat menentukan koordinat bayangan suatu titik hasil dari Dilatasi (Perkalian) dengan pusat
O(0,0) dan faktor skala k |
mudah |
|
|
|
4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi,translasi, rotasi
dan dilatasi) |
mudah |
|
||||
|
sedang |
|
||||||
|
sedang |
|
||||||
|
sedang |
|
||||||
|
· Peserta didik
dapat Menentukan komponen translasi atau
faktor skala dilatasi jika diketahui koordinat titik asal
dan bayangannya. |
Sedang |
|
|||||
|
|
|
|
|
·
Peserta didik dapat menentukan bayangan titik atau
garis hasil dari Komposisi
(Gabungan) dua jenis transformasi (misalnya: Translasi dilanjutkan
Refleksi).
·
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan kontekstual
bentuk transformasi |
Sedang |
|
|
sukar |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar