MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
FASE : D
MATERI POKOK : LINGKARAN
PERTEMUAN : KE 2 DARI 3
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Di akhir fase D Peserta didik dapat memahami; unsur unsur lingkaran dan menghitung keliling dan luas lingkaran
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
1 . Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa
2. Bergotong royong
3. Berkebinekaan global
Maka peserta didik Diharapkan dapat :
Menjelaskan dan memahami unsur unsur lingkaran
Menghitung keliling dan luas lingkaran
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah sebelum kita memasuki materi baru, mari diulas sebentar materi minggu lalu yaitu tentang unsur unsur lingkaran, . Dan materi minggu ini adalah tentang : rumus unsur unsur lingkaran
Rumus Menghitung Sudut Pusat dan Sudut Keliling
Yuk, belajar sudut pusat dan sudut keliling.
Sama-sama sudut yang ada di lingkaran tapi mereka berdua beda., kalian bisa ngebedain antara sudut pusat dan sudut keliling. Perhatiin pengertiannya sama gambarnya
Sudut pusat itu merupakan daerah sudut yang dibatasi oleh dua jari-jari lingkaran yang titik sudutnya merupakan titik pusat lingkaran. Contoh: ∠AOB
Nah, kalau sudut keliling merupakan daerah sudut yang dibatasi oleh dua tali busur yang berpotongan di satu titik pada lingkaran dan titik sudutnya terletak pada keliling lingkaran. Contoh: ∠ADB dan ∠ACB.
SIFAT SIFAT SUDUT KELILING
a. Besar sudut keliling yang menghadap diameter lingkaran adalah 90°
b. Besar sudut-sudut keliling yang menghadap busur yang sama adalah sama besar
c. Jumlah besar sudut-sudut yang berhadapan pada segi empat tali busur (Segi empat yang sisinya tali busur) adalah 180°
Contoh Soal!
Sebuah lingkaran memiliki besar ∠ABC = 60° dan ∠AOC = (4x – 12)°. Berapakah nilai x pada lingkaran tersebut?
Pembahasan:
Diketahui:
Sudut keliling lingkaran = ∠ABC = 60°
Sudut pusat lingkaran = ∠AOC = (4x – 12)°
Ditanya: Nilai x …?
Jawab:
∠AOC = 2 × ∠ABC
(4x – 12)° = 2 × 60°
(4x – 12)° = 120°
4x = 120° + 12°
4x = 132°
x = 33°
Jadi, didapat nilai x-nya adalah 33º. Sehingga, kita bisa tahu juga nih nilai sudut pusat lingkaran tersebut, yaitu:
∠AOC = (4x – 12)°
∠AOC = (4(33) – 12)°
∠AOC = (132 – 12)° = 120°
Berdasarkan perhitungan di atas, didapat nilai ∠AOC = 120°
Tidak ada komentar:
Posting Komentar