Hari/ Tanggal : Selasa dan Jumat, 13 dan 16 September 2022
Kelas : 8A
Materi : Koordinat Cartesius
KOMPETENSI DASAR
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
• Mengidentifikasi konsep diagram kartesius
• Mengidentifikasi pembagian kuadran bidang kartesius
• Mendeskripsikan langkah-langkah menggambar titik pada koordinat kartesius
• Mengidentifikasi pengertian jarak antara dua titik pada bidang kartesius
• Mendeskripsikan langkah-langkah menentukan jarak dua buah titik dalam bidang kartesius
• Menetukan jarak antar dua titik
Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya
Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi
LATIHAN
1. Sumbu X pada sistem koordinat Cartesius disebut...
2. Gambarlah Bangun apa yang dibentuk titik koordinat P(-3, 3), Q(3, 3), R(3, -3), dan S(-3, -3) adalah...
3. Ordinat dari titik A (8, 21) adalah…
4. Diketahui titik P (3, 4) dan Q (15, 10). Koordinat relatif titik Q terhadap P adalah…
5. Diketahui garis p dan q merupakan dua garis lurus yang tidak memiliki titik potong walaupun telah diperpanjang hingga tak terhingga. Kedudukan dari garis p dan q yaitu…
6. Gambarlah titik A(1, -2), B(-3, 6), C(2, 8), dan D(-1, -5) pada koordinat Kartesius:
7. Gambarlah titik A(-4, 2), B(-4, 9), C(2, 2), dan D(3, 9), pada koordinat Kartesius
8. Gambarlah 4 titik yaitu titik B, titik C, titik D, titik E pada bidang koordinat yang berjarak sama terhadap titik A(3 , -6)!
9. Dua buah titik koordinat suatu bangun adalah (-4, 0) dan (2, 0).
a. Tentukan titik koordinat ketiga yang berada di atas sumbu-x supaya membentuk segitiga sama sisi.
b. Tentukan dua titik koordinat lain yang berada di atas sumbu-x supaya membentuk persegi.
10. Absis pada titik koordinat P(-5, 3) adalah...
12. Bidang yang dibentuk dari titik-titik koordinat A(6, 1), B(6, 9), C(2, 5), D(2, 1) adalah...
13. Bangun datar yang dibentuk titik koordinat A(2, 0), B(-2, 0), C(0, -4) adalah...
14. Luas bangun yang dibentuk titik koordinat P(-3, 3), Q(3, 3), R(3, -3), dan S(-3, -3)
15. Keliling bangun datar yang dibentuk dari titik koordinat A(1, 6), B(4, 6), dan C(4, 2) adalah..
SELAMAT MENGERJAKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar