Senin, 01 Februari 2021

 HARI/TANGGAL      : SENIN / 1 FEBRUARI 2021

  KELAS                    : 9B,9C,9D,9E

  KD                           : 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan                                         antar  

                                     bangun  datar

   MATERI                 : Kesebangunan dan Kekongruenan

  TUJUAN                 :  Peserta didik dapat:

                                                             ·      Mengidentifikasi perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren·                  



Assalamualaikum anak- anak.......

  Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya. 

 Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 


Kesebangunan dan Kekongruenan

Kesebangunan

Dua buah bangun datar dikatakan sebangun jika memiliki besar sudut yang bersesuaian sama besar. Selain itu, perbandingan panjang sisi – sisi yang bersesuaian pada dua buah bangun datar tersebut juga sama.


Kesimpulannya, hubungan antara dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi syarat berikut.

  1. Sudut – sudut yang bersesuaian sama besar (sudut – sudut – sudut)
  2. Panjang sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama (sisi – sisi – sisi)
  3. Dua sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama dan sudut bersesuaian yang diapit sama besar (sisi – sudut – sisi)

Terdapat beberapa bentuk kesebangunan pada bidang datar, baik untuk bidang datar berbentuk segitiga atau bidang datar segi empat seperti pada trapesium. Berikut ini persamaan yang dihasilkan melalui kesebangunan pada kedua jenis bangun tersebut.

Kesebangunan pada Segitiga:

Bentuk 1kesebangunan pada segitiga





atau



 Bentuk 2kesebangunan pada segitiga




CONTOH


1. Perhatikan gambar berikut!

Tentukan Panjang DB

Pembahasan:

Gambar di atas adalah gambar bangun ΔABC dan  ΔADE dan kedua bangun tersebut adalah sebangun.  Untuk menentukan DB, langkah yang dilakukan adalah menentukan AB terlebih dahlu dan ambil perbandingan alas dan tinggi dari kedua sisi segitiga seperti berikut.

Dengan demikian, DB = AB – AD = 15 cm – 10 cm = 5 cm

2. Perhatikan gambar segitiga dibawah ini!

Tentukan QR dan QU

Pembahasan:

Seperti penyelesaian pada soal nomor 2. Ambil perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dari segitiga PQR dan segitiga SUR!

QU = QR – UR = 20 cm – 15 cm = 5 cm

Jadi, panjang sisi QR = 20 cm dan panjang sisi QU = 5 cm

3. Perhatikan segitiga dibawah ini!

Jika telah diketahui panjang SR adalah 8 cm, tentukan panjang QS!

Pembahasan:

kedua segitiga SPQ dan RPS di atas adalah kongruen. Untuk mencari panjang QS, maka tentukanlah terlebih dahulu panjang PS dan gunakanlah phytagoras akan didapat angka 6 cm untuk panjang PS. Selanjutnya lakukan perbandingan sisi yang sesuai!

Jadi, dapat diketahui bahwa panjang QS adalah 4,5 cm

Demikianlah materi hari ini semoga bermanfaat dan jika ada yang belum jelas silahkan bertnya lewat WA.

Untuk lebih paham dengan materi hari ini silahkan kalian kerjakan latihan.

Buku paket 3B halaman 43 latihan 9 no 1,2,3

dan halaman 47 latihan 10 no 1,2.

Jangan lupa kirimkan ke email ibu  budiutami77@gmail.com





                   
    

98 komentar:

  1. Terimakasih Bu
    -Nabilla Syahiya 9C

    BalasHapus
  2. terima kasih bu
    AINA NIKEN R 9E

    BalasHapus
  3. Terima kasih bu
    Sagita abdhi IX B

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu
    Melda Rizta Viola 9E

    BalasHapus
  5. Terima kasih bu
    Dinda azizah 9e

    BalasHapus
  6. Terima kasih Bu.
    Alwahid Alfareza S 9C

    BalasHapus
  7. Terimakasih bu
    -Annisa Lutfiah cessaria 9E

    BalasHapus
  8. Terimakasih bu
    Alyaa Raisya Rahmadhani IX c

    BalasHapus
  9. Terimakasih bu
    -Fathia Thirza Dianti 9B

    BalasHapus
  10. Terimakasih Bu
    Asyifa nur Annisa 9D

    BalasHapus
  11. Terimakasih Bu
    Rasya Indi r.9c

    BalasHapus
  12. Terimakasih bu
    -dhea rachma 9C

    BalasHapus
  13. Terima kasih bu
    Muhammad Daffa al haaq 9.b

    BalasHapus
  14. Terima kasih Bu
    Radit heka ramadhan 9b

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Terimakasih bu
    -Alisa Awaliyah 9C

    BalasHapus
  17. Terimakasih bu
    M.Dzaky Taruna 9c

    BalasHapus
  18. Terima kasih bu
    Banyu laksana bimantara 9E

    BalasHapus
  19. Terimakasih bu
    -Clarisma Hana A 9C

    BalasHapus
  20. Trimakasih Bu
    Adelia Rafa Na'ilah 9b

    BalasHapus
  21. Terima kasih bu
    Dzaky Wira Narendra 9B

    BalasHapus
  22. Terimakasih Bu
    Zaky Lutfi H 9e

    BalasHapus
  23. terimakasih bu
    m.rasya adia c 9D

    BalasHapus
  24. Terima kasih Bu
    -Muhammad Fathi Farhat 9c

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Oke Bu trimakasih
    Nadira cassy Kusnadhi 9b

    BalasHapus
  27. Terima ksih bu
    —Saskia salsabila 9C

    BalasHapus
  28. Oke Bu terimakasih
    Rahadian Nauffal Rusiwa 9B

    BalasHapus
  29. Terima kasih bu materi ny
    -Feri Yogha Permana Putra 9b

    BalasHapus
  30. Terimakasih bu
    Siti astiya zulfa 9D

    BalasHapus
  31. Terimakasih bu
    Syahwal Aziz Pradana 9c

    BalasHapus
  32. Terima kasih Bu
    Balqis zahra fairus 9e

    BalasHapus
  33. Terimakasih bu
    -Muhammad Tri Zaeri 9c

    BalasHapus
  34. Terima kasih bu materinya
    Caesar Abdurrahman 9B

    BalasHapus
  35. Terima kasih Bu
    Riffa Yudika P 9D

    BalasHapus
  36. Terimakasih bu
    Chalista Marta a 9d

    BalasHapus
  37. Terima kasih bu
    M. Rashky zaid 9e

    BalasHapus
  38. Terima kasih bu
    Najwa Azzukhrufiah
    Kelas 9D

    BalasHapus
  39. oke bu terimakasi
    shafira intan zahrani 9b

    BalasHapus
  40. Terima kasih bu
    Wahyu ardianto 9b

    BalasHapus
  41. Terima kasih bu atas materinya
    Mahesa caesar ali 9B

    BalasHapus
  42. Terima kasih bu
    Andini Nailah Z 9B

    BalasHapus
  43. Baik bu terima kasih
    Athallah Rafif A 9e

    BalasHapus
  44. Terimakasih bu
    Rafli rahmat dani 9D

    BalasHapus
  45. Terima kasih bu
    M.Faqih rahman 9E

    BalasHapus
  46. Terima kasih Bu
    Daffa satria reffandi 9d

    BalasHapus
  47. Terimakasih bu
    Alya syahara 9d

    BalasHapus
  48. Terimakasih Bu
    Dzakwan Richy 9D

    BalasHapus
  49. Terimakasih Bu atas materinya
    Ananda Neyza Syachputra 9c

    BalasHapus
  50. terimakasih ibu
    laudy salwa ramadhina 9e

    BalasHapus
  51. Terima kasih Bu
    M.rafif Rifaldi 9c

    BalasHapus
  52. Terima kasih bu
    Daniel mardova renaldi 9b

    BalasHapus
  53. Terima kasih bu
    Neli rahma wati 9e

    BalasHapus
  54. Terima kasih bu
    Nabil aura hasya 9b

    BalasHapus
  55. Terimakasih bu
    Neza agnesia 9D

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Terima kasih Bu
    Raksa Wiguna Bimasenda Alif
    9e

    BalasHapus