Kamis, 04 Februari 2021

 HARI/TANGGAL      : KAMIS / 4 FEBRUARI 2021

  KELAS                    : 9F,9G

  KD                           : 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan                                         antar  

                                     bangun  datar

   MATERI                 : Kesebangunan dan Kekongruenan

  TUJUAN                 :  Peserta didik dapat:

                                                             ·      Mengidentifikasi perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren·                  



Assalamualaikum anak- anak.......

  Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya. 

 Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 


Kesebangunan dan Kekongruenan

Kesebangunan

Dua buah bangun datar dikatakan sebangun jika memiliki besar sudut yang bersesuaian sama besar. Selain itu, perbandingan panjang sisi – sisi yang bersesuaian pada dua buah bangun datar tersebut juga sama.


Kesimpulannya, hubungan antara dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi syarat berikut.

  1. Sudut – sudut yang bersesuaian sama besar (sudut – sudut – sudut)
  2. Panjang sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama (sisi – sisi – sisi)
  3. Dua sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama dan sudut bersesuaian yang diapit sama besar (sisi – sudut – sisi)

Terdapat beberapa bentuk kesebangunan pada bidang datar, baik untuk bidang datar berbentuk segitiga atau bidang datar segi empat seperti pada trapesium. Berikut ini persamaan yang dihasilkan melalui kesebangunan pada kedua jenis bangun tersebut.

Kesebangunan pada Segitiga:

Bentuk 1kesebangunan pada segitiga





atau



 Bentuk 2kesebangunan pada segitiga




CONTOH


1. Perhatikan gambar berikut!

Tentukan Panjang DB

Pembahasan:

Gambar di atas adalah gambar bangun ΔABC dan  ΔADE dan kedua bangun tersebut adalah sebangun.  Untuk menentukan DB, langkah yang dilakukan adalah menentukan AB terlebih dahlu dan ambil perbandingan alas dan tinggi dari kedua sisi segitiga seperti berikut.

Dengan demikian, DB = AB – AD = 15 cm – 10 cm = 5 cm

2. Perhatikan gambar segitiga dibawah ini!

Tentukan QR dan QU

Pembahasan:

Seperti penyelesaian pada soal nomor 2. Ambil perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dari segitiga PQR dan segitiga SUR!

QU = QR – UR = 20 cm – 15 cm = 5 cm

Jadi, panjang sisi QR = 20 cm dan panjang sisi QU = 5 cm

3. Perhatikan segitiga dibawah ini!

Jika telah diketahui panjang SR adalah 8 cm, tentukan panjang QS!

Pembahasan:

kedua segitiga SPQ dan RPS di atas adalah kongruen. Untuk mencari panjang QS, maka tentukanlah terlebih dahulu panjang PS dan gunakanlah phytagoras akan didapat angka 6 cm untuk panjang PS. Selanjutnya lakukan perbandingan sisi yang sesuai!

Jadi, dapat diketahui bahwa panjang QS adalah 4,5 cm

Demikianlah materi hari ini semoga bermanfaat dan jika ada yang belum jelas silahkan bertnya lewat WA.

Untuk lebih paham dengan materi hari ini silahkan kalian kerjakan latihan.

Buku paket 3B halaman 43 latihan 9 no 1,2,3

dan halaman 47 latihan 10 no 1,2.

Jangan lupa kirimkan ke email ibu  budiutami77@gmail.com


29 komentar:

  1. Terima kasih bu
    __Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  2. Terimakasih bu
    Lyra fariska aprilyani 9f

    BalasHapus
  3. Terimakasih bu
    Muhammad Rahmad dani 9f

    BalasHapus
  4. Trimakasih bu atas materinya hari ini
    Aditya zikri 9G

    BalasHapus
  5. Terimakasih buk materi penjelasan tsb
    Affan fazle mawla 9G

    BalasHapus
  6. Terima kasih Bu
    Muhammad Rafif fahrawi 9f

    BalasHapus
  7. terimakasih bu
    dagista bilbina ogata 9f

    BalasHapus
  8. Terima kasih bu
    Rizky adrian saputra 9G

    BalasHapus
  9. Terima kasih bu
    Rizky adrian saputra 9G

    BalasHapus
  10. Terima kasih bu
    Naila nayyara 9g

    BalasHapus
  11. Terima kasih bu
    Meria Syahrani 9G

    BalasHapus
  12. Terimakasih bu Nathan Luth zakiya 9G

    BalasHapus
  13. Terimakasih bu
    M.Zahran rahmadi P
    9G

    BalasHapus
  14. Terima kasih bu
    M. Didan alifio f. 9G

    BalasHapus
  15. Terimakasih bu
    Muhammad rafha pratama 9G

    BalasHapus