HARI/TANGGAL : KAMIS / 4 FEBRUARI 2021
KELAS : 9F,9G
KD : 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar
bangun datar
MATERI : Kesebangunan dan Kekongruenan
TUJUAN : Peserta didik dapat:
· Mengidentifikasi perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren·
Assalamualaikum anak- anak.......
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya.
Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Kesebangunan dan Kekongruenan
Kesebangunan
- Sudut – sudut yang bersesuaian sama besar (sudut – sudut – sudut)
- Panjang sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama (sisi – sisi – sisi)
- Dua sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama dan sudut bersesuaian yang diapit sama besar (sisi – sudut – sisi)
Terdapat beberapa bentuk kesebangunan pada bidang datar, baik untuk bidang datar berbentuk segitiga atau bidang datar segi empat seperti pada trapesium. Berikut ini persamaan yang dihasilkan melalui kesebangunan pada kedua jenis bangun tersebut.
Kesebangunan pada Segitiga:
Bentuk 1: kesebangunan pada segitiga
1. Perhatikan gambar berikut!
Tentukan Panjang DB
Pembahasan:
Gambar di atas adalah gambar bangun ΔABC dan ΔADE dan kedua bangun tersebut adalah sebangun. Untuk menentukan DB, langkah yang dilakukan adalah menentukan AB terlebih dahlu dan ambil perbandingan alas dan tinggi dari kedua sisi segitiga seperti berikut.
Dengan demikian, DB = AB – AD = 15 cm – 10 cm = 5 cm
2. Perhatikan gambar segitiga dibawah ini!
Tentukan QR dan QU
Pembahasan:
Seperti penyelesaian pada soal nomor 2. Ambil perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dari segitiga PQR dan segitiga SUR!
QU = QR – UR = 20 cm – 15 cm = 5 cm
Jadi, panjang sisi QR = 20 cm dan panjang sisi QU = 5 cm
3. Perhatikan segitiga dibawah ini!
Jika telah diketahui panjang SR adalah 8 cm, tentukan panjang QS!
Pembahasan:
kedua segitiga SPQ dan RPS di atas adalah kongruen. Untuk mencari panjang QS, maka tentukanlah terlebih dahulu panjang PS dan gunakanlah phytagoras akan didapat angka 6 cm untuk panjang PS. Selanjutnya lakukan perbandingan sisi yang sesuai!
Jadi, dapat diketahui bahwa panjang QS adalah 4,5 cm
Demikianlah materi hari ini semoga bermanfaat dan jika ada yang belum jelas silahkan bertnya lewat WA.
Untuk lebih paham dengan materi hari ini silahkan kalian kerjakan latihan.
Buku paket 3B halaman 43 latihan 9 no 1,2,3
dan halaman 47 latihan 10 no 1,2.
Jangan lupa kirimkan ke email ibu budiutami77@gmail.com
Terima kasih bu
BalasHapus__Suci Ramadhani 9G
Terimakasih Bu
BalasHapusSherly arpansa
terimakasih bu
BalasHapusbunga nur 9f
Trimakasih bu
BalasHapusNurliza dasyu 9G
Terimakasih bu
BalasHapusLyra fariska aprilyani 9f
Terimakasih bu
BalasHapusHagista pratiwi 9f
trimakasih bu
BalasHapuszaskia ramadhina 9g
Terimakasih bu
BalasHapusMuhammad Rahmad dani 9f
terimakasih bu
BalasHapusraya aurelli 9g
Terimakasih bu naufal athala 9g
BalasHapusTrimakasih bu atas materinya hari ini
BalasHapusAditya zikri 9G
Terima kasih bu
BalasHapusFerdiYawan Saputra 9F
Terimakasih buk materi penjelasan tsb
BalasHapusAffan fazle mawla 9G
terimakasih bu
BalasHapusfalsya nanda 9f
trimakasih bu
BalasHapusneva 9g
terimakasih bu
BalasHapusNaqqia 9G
Terima kasih Bu
BalasHapusMuhammad Rafif fahrawi 9f
terimakasih bu
BalasHapusdagista bilbina ogata 9f
Terima kasih bu wendy 9G
BalasHapusTerima kasih bu
BalasHapusRizky adrian saputra 9G
Terima kasih bu
BalasHapusRizky adrian saputra 9G
Terima kasih bu
BalasHapusNaila nayyara 9g
Terima kasih bu
BalasHapusMeria Syahrani 9G
Terimakasih bu Nathan Luth zakiya 9G
BalasHapusTerimakasih bu
BalasHapusGama thorfa riyadi 9f
Terimakasih bu
BalasHapusM.aqdam setiawan 9f
Terimakasih bu
BalasHapusM.Zahran rahmadi P
9G
Terima kasih bu
BalasHapusM. Didan alifio f. 9G
Terimakasih bu
BalasHapusMuhammad rafha pratama 9G