Kamis, 11 Februari 2021

  HARI/TANGGAL      : KAMIS / 11 FEBRUARI 2021

  KELAS                    : 9F, 9G

  KD                           : 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan                                         antar  

                                     bangun  datar

   MATERI                 : Kesebangunan dan Kekongruenan

  TUJUAN                 :  Peserta didik dapat:

                                                             ·      Mengidentifikasi perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren·                  



Assalamualaikum anak- anak.......

  Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya. 

 Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 


Kesebangunan Trapesium Bentuk 1

Trik cepat yang disimpulkan melalui rumus kesebangunan trapesium untuk bentuk pertama adalah menggunakan rumus berikut.


atau



Kesebangunan Trapesium Bentuk 2

Perhatikan sebuah bangun datar berbentuk trapesium seperti yang diberikan di atas. Pada trapesium memuat titik E dan titik F yang masing – masing merupakan titik tengah garis AC dan BD. Sehingga, AE : AC = BF : BD = 1: 2

Rumus cepat untuk mendapatkan panjang EF adalah melalui rumus kesebangunan trapesium berikut.


Contoh Soal dan Cara Penyelesaian Kesebangunan

 cara mengerjakan soal kesebangunan yang berbentuk trapesium dimana tiap sudut dari trapesium tersebut dihubungkan dengan garis yang berpotongan ditengah bangun datar trapesium tersebut.
Contoh Soal 1
Perhatikan gambar trapesium ABCD di bawah ini.
Tentukan panjang EF

Penyelesaian:
Untuk menjawab soal ini ada dua alternatif yakni dengan rumus dan dengan cara memotongnya menjadi sebuah segitiga yang sebangun. Oke kita gunakan kedua cara tersebut.

Cara pertama (dengan rumus)
Rumus untuk mencari panjang EF yakni:
EF = [(CD × BF) + (AB × CF)]/(BF + CF), maka:
EF = [(7 × 4) + (12 × 6)]/(4 + 6)
EF = [28 + 72]/10
EF = 10 cm

Cara kedua (dengan segitiga)
Untuk cara yang kedua ini kita harus membuat garis yang sejajar AD dan dimulai dari titik C, maka gambarnya akan tampak seperti ini.

Perhatikan ΔBCY yang sebangun dengan ΔCFX, dengan menggunakan konsep kesebangunan maka:
BY/XF = BC/FC
5/XF = 10/6
XF = 30/10
XF = 3 cm

EF = EX + XF
EF = 7 cm + 3 cm
EF = 10 cm
Jadi panjang EF adalah 10 cm.

2. Perhatikan gambar di bawah!

Jika E dan F adalah titik tengah diagonal AC dan BD maka panjang EF pada gambar di atas adalah ….
A. 4 cm
B. 8 cm
C. 16 cm
D. 32 cm

Pembahasan:

Diketahui:

  • AB = 20 cm
  • CD = 12 cm
  • Titik E dan F adalah titik tengah diagonal AC dan BD

Menghitung EF:


\[ EF = \frac{1}{2} \left( AB - CD \right) \]

  \[ EF = \frac{1}{2} \left( 20 - 12 \right) \]

  \[ EF = \frac{1}{2} \times 8 = 4 \; cm \]

Jawaban: A

Demikianlah materi pembelajran kita hari ini, semoga bermanfaat buat kalian dan jangan lupa kalau masih ada yang belum jelas silahkan ditanya lewat WA.

Untuk lebih pahamnya anak anak... silahkan kerjakan latihan 10 halaman 48 buku paket 3b 

NO 6,9,10.

Kumpulkan ke email ibu budiutami77@gmail.com


25 komentar:

  1. Terima kasih bu
    FerdiYawan Saputra 9F

    BalasHapus
  2. terimakasih bu
    hagista pratiwi 9F

    BalasHapus
  3. Terimakasih materi penjelasan tsb buk
    Affan fazle mawla 9G

    BalasHapus
  4. terima kasih bu
    M. Akbar Maulana Prakoso 9G

    BalasHapus
  5. Terimakasih bu
    Dimas Adjie wicaksono 9f

    BalasHapus
  6. Trimakasih bu atas materinya hari ini
    Aditya zikri 9G

    BalasHapus
  7. Terima kasih bu
    Dewinta Fortuna Augustin 9f

    BalasHapus
  8. Terima kasih bu
    Naila nayyara 9g

    BalasHapus
  9. Terimakasih bu
    NATHAN LUTH ZAKIYA 9G

    BalasHapus
  10. Terimakasih bu
    Muhammad Rahmad dani 9f

    BalasHapus
  11. Terimakasih bu
    Lyra fariska aprilyani 9f

    BalasHapus
  12. Terima kasih Bu
    Muhammad Rafif fahrawi 9f

    BalasHapus
  13. Terima kasih bu
    M. Didan alifio f. 9g

    BalasHapus