HARI/TANGGAL : KAMIS / 11 FEBRUARI 2021
KELAS : 9F, 9G
KD : 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar
bangun datar
MATERI : Kesebangunan dan Kekongruenan
TUJUAN : Peserta didik dapat:
· Mengidentifikasi perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren·
Assalamualaikum anak- anak.......
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya.
Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Kesebangunan Trapesium Bentuk 1
Trik cepat yang disimpulkan melalui rumus kesebangunan trapesium untuk bentuk pertama adalah menggunakan rumus berikut.
atau |
Kesebangunan Trapesium Bentuk 2
Perhatikan sebuah bangun datar berbentuk trapesium seperti yang diberikan di atas. Pada trapesium memuat titik E dan titik F yang masing – masing merupakan titik tengah garis AC dan BD. Sehingga, AE : AC = BF : BD = 1: 2
Rumus cepat untuk mendapatkan panjang EF adalah melalui rumus kesebangunan trapesium berikut.
Contoh Soal dan Cara Penyelesaian Kesebangunan
Jika E dan F adalah titik tengah diagonal AC dan BD maka panjang EF pada gambar di atas adalah ….
A. 4 cm
B. 8 cm
C. 16 cm
D. 32 cm
Pembahasan:
Diketahui:
- AB = 20 cm
- CD = 12 cm
- Titik E dan F adalah titik tengah diagonal AC dan BD
Menghitung EF:
Jawaban: A
Demikianlah materi pembelajran kita hari ini, semoga bermanfaat buat kalian dan jangan lupa kalau masih ada yang belum jelas silahkan ditanya lewat WA.
Untuk lebih pahamnya anak anak... silahkan kerjakan latihan 10 halaman 48 buku paket 3b
NO 6,9,10.
Kumpulkan ke email ibu budiutami77@gmail.com
Terimakasih Bu
BalasHapusSherly
Terima kasih bu
BalasHapus__Suci Ramadhani 9G
trimakasih bu
BalasHapusbunga nur 9f
Terimakasih bu
BalasHapusLuthfia 9F
Trimakasih bu
BalasHapusNurliza dasyu 9G
Terima kasih bu
BalasHapusFerdiYawan Saputra 9F
terima kasih bu
BalasHapusfalsya nanda 9f
terimakasih bu
BalasHapushagista pratiwi 9F
trimakasih bu
BalasHapusneva 9g
Terimakasih materi penjelasan tsb buk
BalasHapusAffan fazle mawla 9G
terima kasih bu
BalasHapusM. Akbar Maulana Prakoso 9G
Terimakasih bu
BalasHapusDimas Adjie wicaksono 9f
terimakasih bu
BalasHapusnatasya fanesia 9g
terimakasih bu
BalasHapusraya aurelli 9g
Terimakasih bu
BalasHapusGama thorfa riyadi 9f
Trimakasih bu atas materinya hari ini
BalasHapusAditya zikri 9G
Terima kasih bu
BalasHapusDewinta Fortuna Augustin 9f
Terima kasih bu
BalasHapusNaila nayyara 9g
Terimakasih bu
BalasHapusM.aqdam setiawan 9f
Terimakasih bu
BalasHapusNATHAN LUTH ZAKIYA 9G
Terimakasih bu
BalasHapusMuhammad Rahmad dani 9f
Terimakasih bu
BalasHapusLyra fariska aprilyani 9f
Terima kasih Bu
BalasHapusMuhammad Rafif fahrawi 9f
trimakasih bu
BalasHapuszaskia ramadhina 9g
Terima kasih bu
BalasHapusM. Didan alifio f. 9g