Senin, 31 Juli 2023

MEMBANDINGKAN BILANGAN BULAT

  Hari/ Tanggal : Senin - Jumat, 31 Juli  - 4 Agustus 2023

 Kelas              : 7A - 7D
 Materi            :  Bilangan bulat 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial). Peserta didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
 1 .  Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.      Bergotong royong

3.      Berkebinekaan global

4.      Mandiri

5.     Bernalar Kritis, dan Kreatif

Maka peserta didik Diharapkan :
  • Mampu Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat dan meletakkan pada garis bilangan
  • Mampu Mengenal dan menggunakan hubungan antara bilangan dan kebalikannya (invers penjumlahan) untuk menyelesaikan masalah

Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan  nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 
Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi 

Cara Membandingkan & Mengurutkan Bilangan Bulat

Cara pertama yaitu, menggunakan garis bilangan. Pada garis bilangan, semakin ke kanan nilainya semakin besar. Sebaliknya, semakin ke kiri nilainya semakin kecil.

Selanjutnya cara kedua yaitu, dengan menggunakan ketentuan membandingkan bilangan bulat!”

Berdasarkan ketentuan keempat, disebutkan jika bilangan bulat positif dibandingkan dengan bilangan bulat negatif dan sebaliknya, maka bilangan bulat positif selalu lebih dari bilangan negatif. Dengan demikian, lima lebih besar dari minus lima.”

Mengurutkan bilangan bulat,. Contohnya seperti ini!”



LATIHAN SOAL

Soal Pilihan Ganda

1. 8 … 9
a. >
b. <
c. =

2. 15 … 14
a. >
b. <
c. =

3. 57 … 75
a. >
b. <
c. =

4. 68 … 86
a. >
b. <
c. =

5. 79 … 97
a. >
b. <
c. =

6. 125 … 215
a. >
b. <
c. =

7. – 23 … 23
a. >
b. <
c. =

8. -34 … -43
a. >
b. <
c. =

9. -112 … -79
a. >
b. <
c. =

10. -123 … -321
a. >
b. <
c. =








BILANGAN PANGKAT NEGATIF DAN PANGKAT NOL

 HARI / TANGGAL  : SENIN DAN RABU / 31 JULI dan 2 AGUSTUS  2023

KELAS                      :  9C,9D

KD                              3.1   Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan

                                               rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya

                                     4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan   

                                               berpangkat bulat dan bentuk akar

Materi Pokok              : BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR


Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi  peserta didik  diharapkan

  •     Memahami cara menentukan bilangan pangkat bulat negativ
  •           Memahami cara menentukan bilangan pangkat nol

Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan  nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 
Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi 

Pengertian Bilangan Berpangkat Bulat Negatif

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang definisi bilangan berpangkat.
Bilangan berpangkat merupakan bentuk sederhana dari perkalian berulang.
Misalnya, 23   merupakan bentuk sederhana dari 2 × 2 × 2. Sekarang, bagaimana cara menguraikan  2-3  ? Untuk menjawabnya, pelajarilah uraian berikut dengan baik.

Perhatikan Sifat Bilangan Berpangkat berikut!

Untuk a bilangan real dan m, n bilangan bulat positif yang memenuhi m > n, berlaku

Apa yang terjadi jika m < n? Jika m < n maka m – n merupakan bilangan bulat negatif. Pelajari pembagian bilangan berpangkat berikut.


Dari (i) dan (ii) diperoleh bahwa


Pengertian Pangkat Nol

 Amati sifat tersebut untuk m = n. Sebagai contoh,a5/a5 = a 5–5 = a 0 .......(1)

Dengan cara menuliskan ke dalam bentuk faktor-faktornya, pembagian tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.

a5/a5 = (a x a x a x a x a)/( a x a x a x a x a) = 1 ... (2)

Berdasarkan (1) dan (2) dapat disimpulkan bahwa 0 .  = 1.

Uraian tersebut memenuhi konsep bilangan berpangkat nol seperti definisi berikut.0 .  = 1, dengan a bilangan rasional dan a ≠ 0. Jadi, berapapun bilangan itu kalau dipangkatkan dengan bilangan nol maka hasilnya akan satu, kecuali bilangan nol dipangkatkan nol.

LATIHAN SOAL

1. Ubahlah bilangan pangkat negatif ini dalam bentuk positif?                          

a. 5‾²                                                                                                         

b. (-7)‾³              

2. Tentukan bentuk pangkat negatif dari bilangan di bawah ini:                        

a. 1/2³                                                                                                           

b. 1/5⁶                     

3. Ubahlah bilangan pangkat negatif ini dalam bentuk positif!                          

a. 3‾²                                                                                                           

b. (-7)‾²        




Senin, 24 Juli 2023

BILANGAN BERPANGKAT

HARI / TANGGAL  : SENIN / 24-28  JULI 2023

KELAS                      :  9C,9D

KD                              3.1   Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan

                                               rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya

                                     4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan   

                                               berpangkat bulat dan bentuk akar

Materi Pokok              : BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR


Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi  peserta didik  diharapkan 

 Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat

·               Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat


Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan  nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 
Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi 


BILANGAN BULAT

 Hari/ Tanggal : Senin - Jumat, 24 - 28 Juli 2023

 Kelas              : 7A - 7D
 Materi            :  Bilangan bulat 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial). Peserta didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
 1 .  Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.      Bergotong royong

3.      Berkebinekaan global

4.      Mandiri

5.     Bernalar Kritis, dan Kreatif
 Diharapkan :

  •       Peserta didik mampu Menjelaskan hubungan antara bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif dengan memodelkannya pada garis bilangan (arah dan jarak)
  •      Peserta didik mampu Menggunakan notasi yang tepat untuk menyatakan bilangan bulat


Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....
Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan  nya ya nak.
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 
Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi 


Senin, 17 Juli 2023

MPLS

 Senin 17 Juli 2023

 

MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)

 

 

Assalamualaikum wr.wb

 

Apa kabar anak soleh/solehah? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah tak terasa saat ini kita sudah memasuki tahun pelajaran 2023/2024.

Dan selamat datang untuk para Siswa/Siswa baru kelas VII,VIII,IX  di SMP Al Azhar 3 Bandar lampung. Untuk mengawali kegiatan di tahun pelajaran 2023/2024 , Ada beberapa agenda kegiatan yang akan kita laksanakan sebelum memulai pembelajaran di tahun pelajaran ini.

 

MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk kelas VII

Untuk kelas VIII dan IX akan mengikuti serangkaian kegiatan yang menarik dan akan mempersiapkan beberapa kegiatan untuk acara unjuk gelar.


Kegiatan di atas akan dibimbing oleh wali kelas dan para mentor yang handal. Jangan sampai terlewatkan rangkaian kegiatan tersebut. Semangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan di atas, jangan lupa selalu berdoa agar kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

 

Wassalamualaikum wr.wb

Selasa, 23 Mei 2023

PELUANG

  MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS : 8 ( DELAPAN) A

GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

WAKTU PEMBELAJARAN :  23 dan 26 Mei  2023



KOMPETENSI DASAR
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian  dari suatu percobaan


Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
  Memahami peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh dari sekelompok data. • Membandingkan peluang empirik suatu percobaan dengan peluang teoritiknya



MATERI PEMBELAJARAN

Pengertian peluang
Peluang dapat diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa. Dalam setiap permasalahan ada ketidakpastian yang disebabkan suatu tindakan yang kadang-kadang berakibat lain. Misalnya contoh tadi yaitu sebuah mata uang logam yang dilemparkan ke atas akibatnya dapat muncul sisi gambar (G) atau sisi angka (A), maka sisi yang akan muncul tidak dapat dikatakan secara pasti.

Akibat melemparkan sebuah mata uang logam ada salah satu dari dua kejadian yang dapat terjadi yaitu munculnya sisi G atau A. Kegiatan melemparkan mata uang logam tersebut dinamakan suatu tindakan acak. Tindakan itu dapat diulang beberapa kali dan rangkaian tindakan tersebut dinamakan percobaan. Tindakan satu kali juga dapat disebut suatu percobaan.

Rumus Peluang Matematika
Percobaan melemparkan mata uang logam hasilnya adalah G atau A. Apabila percobaan dilempar 10 kali dan muncul G 4 kali maka frekuensi relatif munculnya G adalah 4/10. Jika percobaan dilakukan 10 kali lagi dan muncul G 3 kali sehingga dalam 20 kali percobaam G muncul sebanyak 7 kali maka frekuensi relatif muncul G pada 20 percobaan adalah 7/20.

Frekuensi Relatif
Frekuensi merupakan perbandingan antara banyaknya percobaan yang dilakukan dengan banyaknya kejadian yang diamati. Dari Percobaan melemparkan mata uang logam tadi maka frekuensi relatif dirumuskan sebagai berikut :

Contoh lagi
Pada percobaan melempar mata uang logam sebanyak 100 kali ternyata muncul permukaan gambar sebanyak 30 kali


Frekuensi relatif muncul gambar = 30/100 = 3/10

Peluang

Contoh
Pada percobaan mengetos atau melempar undi sebuah mata uang logam maka
Materi Peluang Matematika dan Rumus Peluang SMP 4

Peluang muncul angka = 1/2

1 adalah banyak permukaan angka pada mata uang
2 adalah adanya dua kemungkinan yaitu muncul angka atau gambar

Ruang Sampel 
Ruang sampel merupakan himpunan dari semua kejadian (hasil) percobaan yang mungkin terjadi. Ruang sampel dilambangkan dengan S.

Contoh
a. Ruang sampel pada pengetosan sebuah dadu adalah S = (1, 2, 3, 4, 5, 6)
b. Ruang sampel pada pengetosan sebuah mata uang logam adalah S = (A, G)

Menentukan Ruang Sampel
Ruang sampel hasil dari melempar dua mata uang dapat ditentukan dengan menggunakan tabel (daftar) seperti berikut.

Ruang sampelnya adalah S = {(A,A), (A,G), (G,A), (G,G)}
Kejadian A1 yang memuat dua gambar = (G,G)
Kejadian A2 yang tidak memuat gambar = (A,A)

Titik Sampel
Titik sampel adalah anggota-anggota dari ruang sampel

Contoh
Ruang sampel S =  ((A,A), (A,G), (G,A), (G,G))
Titik sampelnya adalah  ((A,A), (A,G), (G,A), (G,G))

Peluang Kejadian A atau P(A)
Peluang kejadian dapat ditentukan dengan cara sebagai berikut.
S = {1,2,3,4,5,6} maka nilai n(S) = 6
A = {2,3,5} maka n(A) = 3

Uraian tersebut menjelaskan bahwa jika setiap titik sampel dari anggota ruang sampel S memiliki peluang yang sama, maka peluang kejadian A yang jumlah anggotanya dinyatakan dalam n(A) dapat dinyatakan dengan rumus sebagai berikut.


Nilai Peluang
Nilai-nilai peluang yang diperoleh berkisar antara 0 sampai dengan 1. Untuk setiap kejadian A, batas-batas nilai P(A) secara matematis ditulis sebagai berikut.

0 ≤ P (A)  ≤ 1 dengan P(A) adalah peluang suatu kejadian A


Jika P(A) = 0, maka kejadian A adalah kejadian mustahil, maka peluangnya adalah 0
Contoh :
Matahari terbit di sebelah selatan adalah kejadian mustahil, maka peluangnya = 0

Jika P(A) = 1, maka kejadian A adalah kejadian pasti
Contoh :
Makhluk yang bernyawa pasti mati adalah kejadian pasti, maka peluangnya = 1

Ada juga peluang kejadian yang bernilai antara 0 dan 1, berarti kejadian tersebut mungkin terjadi. Misalnya peluang seorang murid menjadi juara kelas. Jika L merupakan kejadian komplemen dari kejadian A maka peluang kejadian L adalah 1- peluang kejadian A. Secara matematis ditulis.

P (L)  = 1 - P(A) atau P(L) + P(A) = 1

Contoh :
Jika peluang turun hujan pada hari ini = 0,6 maka
Peluang tidak turun hujan pada hari ini = 1 - P (hujan)
                                                               = 1 - 0,6
                                                              = 0,4

Frekuensi Harapan
frekuensi harapan suatu kejadian adalah harapan banyaknya muncul suatu kejadian dari sejumlah percobaan yang dilakukan. Secara matematis ditulis sebagai berikut

Frekuensi harapan = P(A) x banyak percobaan
Frekuensi harapan = P(A) x banyak percobaan

Contoh :
Pada percobaan mengetos sebuah dadu sebanyak 60 kali, maka :
Peluang muncul mata 2 = 1/6
Frekuensi harapan muncul mata 2 = P (mata 2) x banyak percoban
                                                       = 1/6 x 60
                                                       = 10 kali

Contoh Soal Peluang
Untuk memantapkan pemahaman materi peluang matematika, simak beberapa contoh soal beserta penyelesaiannya berikut ini.

Contoh Soal Peluang 1
Pada percobaan melempar sebuah mata uang logam sebanyak 120 kali, ternyata muncul angka sebanyak 50 kali. Tentukan frekuensi relatif muncul angka dan frekuensi relatif muncul gambar!

Penyelesaian
Frekuensi relatif muncul angka = Banyak angka yang muncul/Banyak percobaan
                                                  = 50/120
                                                  = 5/12

Frekuensi relatif muncul gambar = Banyak gambar yang muncul/Banyak percobaan
                                                     = (120 - 50) / 120
                                                     = 70/120
                                                     = 7/12

Contoh Soal Peluang 2
Sebuah huruf dipilih secara acak dari huruf-huruf pada tulisan " JURAGAN". Tentukan peluang terpilihnya huruf A!

Penyelesaian
Banyak kejadian yang dimaksud = 2 karena huruf A ada 2
Banyak kejadian yang mungkin = 7 karena jumlah huruf ada 7
Jadi P (huruf A) = 2/7

LATIHAN SOAL

1. Pada pelemparan dua buah dadu, kejadian muka dadu berjumlah 5 adalah ....
A. {(1,4), (2,3), (3,2), (4,1)}
B. {(0,5), (1,4), (3,2)}
C. {(1,1), (1,2), (1,3), (1,4), (1,5)}
D. {(1,1), (1,2), (1,3), (1,4), (1,5)}

2. Tiga mata uang dilempar sekaligus sebanyak 80 kali. Frekuensi harapan muncul dua sisi angka adalah ....
A. 20 kali
B. 25 kali
C. 30 kali
D. 40 kali

3. Sebuah koin dilempar sekali. Peluang muncul angka adalah ....
A. 1/2
B. 1/3
C. 3/4
D. 1/5

4. Tiga belas kartu diberi nomor 1 sampai 13. Kartu-kartu tersebut dikocok kemudian diambil 1 kartu secara acak. Peluang terambilnya kartu bernomor genap adalah ....
A. 1
B. 5
C. 7/13
D. 6/13

5. Sebuah dadu dilempar sebanyak 20 kali. Ternyata muncul muka dadu bernomor 3 sebanyak 3 kali. Frekuensi relatif munculnya angka tiga adalah ....
A. 1/20
B. 3/20
C. 6/20
D. 20

6. Ibu membeli telur puyuh sebanyak 500 butir. Ternyata 40 butir telur pecah. Jika sebutir telur diambil secara acak, peluang terambilnya telur pecah adalah ....
A. 2/25
B. 20/23
C. 2/12
D. 12/23

7. Dika melemparkan dua buah dadu secara bersamaan. Peluang muncul muka dadu bertitik genap pada dadu pertama dan muka dadu bertitik ganjil pada dadu kedua adalah ....
A. 1/2
B. 1/3
C. 1/4
D. 1/5

8. Peluang Rio untuk menjadi juara kelas adalah 0,73. Peluang Rio tidak menjadi juara kelas adalah ....
A. 0,13
B. 0,4
C. 0,27
D. 0,43

9. Sebuah dadu dilempar 36 kali. Frekuensi harapan muncul mata dadu bilangan prima adalah .... kali.
A. 6
B. 18
C. 24
D. 36

10. Sebuah kotak berisi 15 kelereng hitam, 12 kelereng putih, dan 25 kelereng biru. Jika sebuah kelereng diambil secara acak, maka peluang terambilnya kelereng putih adalah ....
A. 1/2
B. 1/4
C. 1/10
D. 3/13

Senin, 22 Mei 2023

LATIHAN SOAL PENYAJIAN DATA

   MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

 KELAS : 7 ( TUJUH) A-B-C-D

 GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd

 WAKTU PEMBELAJARAN : 22 - 26  Mei 2023

 

KOMPETENSI DASAR


3.12        Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis,  diagram batang,  dan diagram lingkaran)

4.12        Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran


Tujuan Pembelajaran :
  • Memahami  cara pengumpulan data dan penyajian data
  • Dapat membaca diagram batang, garis, lingkaran
  • Dapat menyajikan dan menafsirkan data  dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran
Materi Pembelajaran



LATIHAN SOAL SOAL




1. Perhatikan diagram garis di atas!
Kenaikan suhu tertinggi terjadi pada hari .......
a)Kamis - Jumat
b)Kamis - Jumat
c)Jumat - Sabtu
d)Selas - Rabu


2. Data siswa SDN Durensewu I dari Tahun 2009 sampai Tahun 2012. Selisih banyaknya siswa tahun 2012 dan tahun 2009 adalah …
a)25 orang
b)75 orang
c)100 orang
d)50 orang


3. Jika semua pemilih ada 250 siswa,
banyak siswa yang memilih Hidayat adalah...
a)40 siswa
b)35 siswa
c)32 siswa
d)30 siswa


4.Siswa yang lulus sebanyak 50 orang terjadi pada tahun ...


a)2002
b)2001
c)2004
d)2003



5.Jumlah siswa yang tingginya kurang dari 153 adalah ... .
a)17 anak
b)10 anak
c)15 anak
d)27 anak




6. Pernyataan yang benar adalah
a)Pada bulan desember, penjualan baju koko lebih besar dari sarung
b)Jumlah total barang yang terjual bulan oktober adalah 500 buah
c)Jumlah sarung yang terjual bulan september = desember
d)Pada bulan november, penjualan baju koko lebih kecil dari sarung



7. Diagram yang biasanya digunakan untuk menyajikan data
dalam bentuk persentase adalah
a)Diagram grafik
b)Diagram Batang
c)Diagram Garis
d)Diagram Lingkaran





8.Hijau + Putih + Merah = ... derajat

a)206
b)207
c)205
d)204