MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IX A
MATERI : PERSAMAAN KUADRAT
PERTEMUAN KE : 3 dari 5
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd.
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi peserta didik diharapkan
- Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus ABC
Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan menggunakan
Rumus ABC
Rumus abc dinyatakan dalam sebuah persamaan yang cukup mudah dihafal. Nilai a, b, dan c pada
rumus abc mewakili koefisien dari persamaan kuadrat. Nilai a untuk koefisien dari variabel x2, b
untuk koefisien dari variabel x, dan c adalah nilai untuk konstanta.
Secara umum, persamaan kuadrat dinyatakan melalui persamaan ax2 + bx + c = 0.
Misalkan terdapat persamaan kuadrat x2 – 5x + 6 = 0 maka
§ a = 1 (angka di depan x2)
§ b = – 5 (angka di depan x)
§ c = 6 (angka tanpa variabel)
Untuk mencari akar – akar dari suatu persamaan kuadrat dapat digunakan rumus abc. Persamaan rumus abc diberikan seperti berikut.
Cara menghafal rumus abc: x satu dua sama dengan min b plus minus akar b kuadrat min empat a c per dua.
CONTOH
Jawab:
3x² +5x – 2 = 0 didapat a = 3, b = 5, c = -2
2. Dengan menggunakan rumus abc, tentukan himpunan penyelesaian dari x2 + 2x = 0
Di ketahui a = 1 , b = 1, c = 0
maka akar-akar dari persamaan tersebut adalah sebagai berikut
assalamu'alaikum wr.wb
BalasHapusqueensha zhafirah mulia a.
9b
hadir
trmksh atas materinya buu