Kamis, 21 Januari 2021

SEGITIGA - SEGITIGA KONGRUEN

  SEGITIGA - SEGITIGA KONGRUEN

  HARI/TANGGAL  :  KAMIS / 21 JANUARI 2021

  KELAS                    : 9F, 9G

  KD                           : 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar  

                                     bangun  datar

  TUJUAN                 : Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

·                                         Menentukan kesebangunan dan kekongruenan segitiga-segitiga yang kongruen



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha?  

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melaksanakan postest hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya. 

 Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 


Tetep semangat ya....


Kongruen dilambangkan dengan 

, sehingga jika terdapat dua buah segitiga yang kongruen misalnya ΔABC kongruen dengan ΔPQR, maka dapat ditulis sebagai .
Perhatikan gambar berikut.
Dari gambar di atas diketahui bahwa ΔACM adalah segitiga sama kaki. Sisi AP merupakan garis tinggi ΔACM, sehingga membentuk ΔACP dan ΔAMP. Apakah ΔACP kongruen dengan ΔAMP? ΔACP kongruen dengan ΔAMP (ΔACP ≅ ΔAMP) karena:
  • ΔACP dapat tepat menempati ΔAMP dengan cara mencerminkan ΔACP terhadap garis AP atau semua sisi ΔACP memiliki panjang yang sama dengan ΔAMP.
  • ΔCAM merupakan segitiga sama kaki, sehingga ∠ACP = ∠AMP (sudut pada kaki segitiga samakaki ΔCAM) dan ∠APC = ∠APM = 90⁰. Ini berakibat ∠CAP = ∠MAP.
Dari uraian di atas diperoleh kesimpulan sebagai berikut.

Sifat-Sifat Dua Segitiga yang Kongruen

  • Sisi–sisi yang bersesuaian mempunyai panjang yang sama
  • Sudut–sudut yang seletak besarnya sama
Segitiga dapat dikatakan kongruen mana kala dapat memenuhi syarat yskni sebagai berikut:

a. Tiga Sisi yang Bersesuaian Sama Besar (sisi, sisi, sisi)


kesebangunan trapesium

Berdasarkan gambar dari segitiga ABC serta segitiga PQR di atas, diketahui jika keduanya mempunyai panjang AB = PQ, panjang AC = PR, serta panjang BC = QR. 

b. Sudut dan Dua Sisi yang Bersesuaian Sama Besar (sisi, sudut, sisi)

kesebangunan segitiga

Berdasarkan dari gambar bangun segitiga ABC serta segitiga PQR di atas, diketahui jika kedua bangunnya memiliki sisi AB = PQ, ∠B = ∠Q, dan juga sisi BC = QR

c. Satu Sisi Apit dan Dua Sudut yang Bersesuaian Sama Besar (sudut, sisi, sudut)

contoh soal kesebangunan dan kekongruenan segitiga

Berdasarkan dari gambar bangun segitiga ABC dan segitiga PQR di atas, diketahui bahwa, ∠A = ∠P, sisi AC = PR, serta ∠Q = ∠R.

Contoh 1

Perhatikan gambar berikut.
Jika ΔABC kongruen dengan ΔPQR, maka tentukan:
- panjang PR
- panjang QR
- ∠PQR
- ∠QRP
Penyelesaian:
  • Oleh karena sisi PR bersesuaian dengan AC, maka panjang sisi PR = AC = 9 cm.
  • Oleh karena sisi QR bersesuaian dengan CB, maka panjang QR = CB = 11 cm.
  • Oleh karena ∠PQR bersesuaian dengan ∠ABC, maka ∠PQR = ∠ABC = 50⁰.
  • Oleh karena ∠QRP bersesuaian dengan ∠ACB, maka ∠ QRP = ∠ ACB = 60⁰.

Perbedaan antara Kesebangunan dan Kekongruenan pada Segitiga


DEMIKIANLAH MATERI HARI INI, SEMOGA BERMANFAAT BUAT KALIAN. KALAU MASIH
 ADA YANG BELUM PAHAM SILAHKAN BERTANYA LEWAT WA.


UNTUK LATIHAN MANDIRI SILAHKAN KERJAKAN LATIHAN 5 BUKU PAKET 3B

 HAL. 22    NO 1,2,3,4,5.

KIRIMKAN KE EMAIL IBU

TERIMA KASIH

29 komentar:

  1. Terima kasih bu
    __Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  2. Terimakasih bu naufal athala 9g

    BalasHapus
  3. Terimakasi buk materi penjelasan tsb
    Affan fazle mawla 9G

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu
    Luthfia salsabila sungkar 9F

    BalasHapus
  5. terimakasii bu
    hagista pratiwi 9F

    BalasHapus
  6. Terimakasih bu
    Lyra fariska aprilyani 9f

    BalasHapus
  7. Terimakasih bu
    Bagas adji wirangga 9F

    BalasHapus
  8. Terimakasih Bu
    Debby Caroline 9f

    BalasHapus
  9. Trimakasih bu atas materinya hari ini
    Aditya zikri 9G

    BalasHapus
  10. Terimakasih bu
    Nathan Luth zakiya 9G

    BalasHapus
  11. Terima kasih bu
    Dewinta Fortuna Augustin 9f

    BalasHapus
  12. Terima kasih Bu
    Muhammad Rafif fahrawi 9f

    BalasHapus
  13. Terimakasih buk atas materinya bagas fadhil haryanto 9F

    BalasHapus
  14. Terima kasih bu
    Rizky adrian saputra 9g

    BalasHapus
  15. terimakasih bu
    dagista bilbina ogata 9f

    BalasHapus
  16. Terimakasih bu
    Muhammad rafha pratama 9g

    BalasHapus