Kamis, 14 Januari 2021

DUA SEGITIGA YANG KONGRUEN

 HARI/TANGGAL  : KAMIS / 14 JANUARI 2021

KELAS                    : 9F,9G

KD                           : 3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun                                     datar

TUJUAN                 : Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

·                                       Menentukan kesebangunan dan kekongruenan segitiga-segitiga sebangun


D     DUA SEGITIGA YANG KONGRUEN


Secara geometris dua segitiga yang kongruen ialah dua segitiga yang saling menutupi dengan tepat. Sifat dua segitiga kongruen tersebut, yaitu:
a. Pasangan sisi yang bersesuaian adalah sama panjang
b. Sudut yang bersesuaian adalahsama besar
Bahwa dua bangun datar dikatakan kongruen, jika sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. 
Pengertian kekongruenan bangun datar tersebut berlaku untuk semua jenis bangun datar termasuk bangun datar segitiga.
Apakah dua segitiga yang sebangun pasti kongruen? Apakah dua segitiga yang kongruen pasti sebangun?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sekarang perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas terdapat tiga buah segitiga siku-siku, yakni ∆ABC, ∆PQR, dan ∆KLM. Di mana ∆ABC memiliki sisi yang sama panjang dengan ∆PQR, sedangkan ∆KLM memiliki panjang sisi yang berbeda dari ∆ABC dan ∆PQR.

Perhatikan segitiga ∆ABC dan ∆PQR. Kedua segitiga tersebut memiliki panjang sisi yang sama, oleh karena itu segitiga ∆ABC kongruen dengan ∆PQR. Sekarang perhatikan ∆ABC  dengan ∆KLM. Kedua segitiga tersebut tidak memiliki sisi yang sama, oleh karena itu ∆ABC tidak kongruen dengan ∆KLM.

Sekarang perhatikan lagi segitiga ∆ABC dan ∆PQR. Di mana kedua segitiga tersebut memiliki sisi-sisi yang besesuaian dengan perbandingan yang sama, sehingga ∆ABC sebangun dengan ∆PQR. Sekarang lihat juga pada ∆ABC dan ∆KLM, sisi-sisi yang besesuaian dengan perbandingan yang sama sehingga kedua segitiga tersebut sebangun.

Berdasarkan pemaparan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dua dua segitiga yang kongruen pasti sebangun, tetapi dua segitiga yang sebangun belum tentu kongruen.
Contoh Soal 1
Perhatikan gambar di bawah ini.
Pada bagian depan tenda berbentuk segitiga seperti gambar di bawah ini.
Apakah ACP kongruen dengan ∆AMP? (jelaskan).

Penyelesaian:
ACP kongruen dengan AMP, karena ∆ACP dapat tepat menempati AMP dengan cara mencerminkan ACP terhadap garis AP atau semua sisi ACP memiliki panjang yang sama dengan AMP.

Contoh Soal 2
Perhatikan gambar segitiga siku-siku di bawah ini.

Agar segitiga siku-siku ABC kongruen dengan segitiga siku-siku PQR maka tentukan nilai x?

Penyelesaian:
Dua segitiga dikatakan kongruen jika semua sisi yang besesuaian sama panjang. Oleh karena itu AB = PQ, AC = PR dan BC = QR. Sekarang kita cari panjang BC dengan menggunakan teorema Pythagoras, yakni:
BC = √(AB2 + AC2)
BC = √(62 + 82)
BC = √(36 + 64)
BC = √100
BC = 10 cm

BC = QR
10 cm = (3 + x) cm
x = 10 – 3
x = 7
Jadi, agar segitiga siku-siku ABC kongruen dengan segitiga siku-siku PQR maka nilai x adalah 7.
Demikianlah materi kita hari ini, semoga mudah untuk di pahami. Kalau masih ada yang belum paham, silahkan bertanya lewat WA.


Latihan Mandiri 1 hal. 12 buku cetak 3B latihan 3 no 1,2,3,4,5
TUGAS DIKIRIMKAN KE EMAIL IBU
budiutami77@gmail.com

28 komentar:

  1. Terima kasih bu
    __Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  2. Terimakasih bu naufal athala 9g

    BalasHapus
  3. Terimakasih buk materi penjelasan tsb
    Affan fazle mawla 9G

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu
    Dewinta Fortuna Augustin 9f

    BalasHapus
  5. terimakasii bu
    hagista pratiwi 9F

    BalasHapus
  6. Terimakasih buk atas materinya bagas fadhil haryanto 9F

    BalasHapus
  7. Terima kasih bu
    Naila nayyara 9g

    BalasHapus
  8. Terimakasih Bu
    Debby Caroline 9f

    BalasHapus
  9. Terima kasih bu wendy ramadhan 9G

    BalasHapus
  10. Terimakasih Bu
    Adimas Sandy Aryobimo 9F

    BalasHapus
  11. Terimakasih bu
    Dimas Adjie wicaksono 9f

    BalasHapus
  12. Terima kasih Bu
    Muhammad Rafif fahrawi 9f

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Terimakasih bu
    Azzuri ramadhan 9f

    BalasHapus
  15. Terima kasih bu
    M. Didan alifio f. 9G

    BalasHapus
  16. Terimakasih bu
    Muhammad Rahmad dani 9f

    BalasHapus