MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : 9C,9D
MATERI : PERSAMAAN KUADRAT
PERTEMUAN : KE 4 DARI 4
GURU PENGAMPU : SARI BUDI UTAMI, S.Pd
WAKTU PEMBELAJARAN : 2 X 40 MENIT
HARI/TANGGAL . : SENIN : 18 SEPTEMBER 2023
KD
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, dan presentasi peserta didik diharapkan
- Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
- Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, menyusun persamaan kuadrat baru yang diketahui akar-akarnya dan tentang hasil jumlah dan hasil kali akar akar persamaan kuadrat dengan benar
Menyusun Persamaan Kuadrat Baru
Jika sebelumnya kita telah belajar bagaimana mengetahui akar-akar dari persamaan tersebut, maka sekarang kita akan belajar menyusun persamaan kuadratnya dari akar-akar yang telah diketahui sebelumnya.
Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyusun Persamaan Kuadrat baru.
1. Menyusun persamaan jika telah diketahui akar-akarnya
Jika sebuah persamaan memiliki akar x1 dan x2, maka persamaan dari akar tersebut bisa dinyatakan dalam bentuk
(x- x1)(x- x2)=0
Contoh:
Tentukan persamaan kuadrat dimana akar-akarnya diantaranya -2 dan 3.
Penyelesaian:
x1 = -2 dan x2=3
(x-(-2)) (x-3)=00
(x+2) (x-3)=0
x2-3x+2x-6=0
x2-x-6=0
Jadi, hasil persamaan dari akar-akar tersebut adalah x2-x-6=0
2. Menyusun persamaan kuadrat jika jumlah serta hasil kali akar diketahui
Jika akar-akar persamaan kuadratnya dengan jumlah dan kali x1 dan x2 telah diketahui, maka persamaan kuadratnya dapat diubah dalam bentuk sebagai berikut.
x2-( x1+ x2)x+(x1.x2)=0
Contoh:
Tentukan persamaan kuadrat yang memiliki akar 7 dan -4
Penyelesaian:
x1=7 dan x2= -4
x1+ x2=7 +(-4) = 7-4 = 3
x1.x2 = 7.-4 = -28
Sehingga, persamaan kuadratnya yaitu:
x2-( x1+ x2)x+(x1.x2)=0
x2-3 x – 28=0
X2 -3X-28=0
Jadi, persamaan kuadratnya dari akar 7 dan -4 adalah x2 - 3X -28=0 .
Untuk lebih jelasnya perhatiakna video pembelajaran di bawah ini ya nak
Berdasarkan rumus abc di atas, akar-akar persamaan kuadrat adalah sebagai berikut.
a. Jumlah akar-akar persamaan kuadrat
Jadi, rumus jumlah akar-akar persamaan kuadrat adalah:
b. Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
Jadi, rumus hasil kali akar-akar persamaan kuadrat adalah:
Contoh:
a. x1 + x2 = –(-3)/1 = 3
b. x1 ・ x2 = 5/1 = 5
KESIMPULAN
Demikianlah materi hari ini, ibu harapkan anak anak paham dengan materi hari ini yaitu tentang cara menyusun persamaan kuadrat baru, kalau ada yang belum paham supaya lebih paham silahkan anak anak bertanya langsung ke ibu ada tulis di kolom komentar ya nak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar