MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
MATEMATIKA SMP
KOTA BANDAR LAMPUNG
KISI
– KISI PENYUSUNAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
Mata Pelajaran :
Matematika Kurikulum : 2013
Bentuk soal :
Pilihan Ganda Tahun Pelajaran : 2019/ 20120
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Level
kognitif
|
Nomor
Soal
|
|
1.
|
3.1
|
Menjelaskan
dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar,
serta sifat-sifatnya.
|
Bilangan
Berpangkat dan Bentuk Akar
|
Peserta didik memahami sifat-sifat perkalian bilangan
berpangkat
|
Md
|
1
|
Peserta didik mampu menghitung hasil perkalian bilangan
berpangkat
|
Md
|
2,14
|
||||
Peserta didik mampu menghitung hasil pembagian bilangan berpangkat
|
Sd
|
3
|
||||
Peserta didik dapat menerapkan perhitungan perpangkatan
pada bidang datar jika salah satu sisi ditanyakan
|
Sk
|
4
|
||||
4.1
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan
bentuk akar.
|
Peserta didik mampu
menerapkan sifat bilanagn berpangkat untuk menyelesaikan masalah
|
Sk
|
6
|
||
3.1
|
Menjelaskan
dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar,
serta sifat-sifatnya.
|
Peserta didik mampu menerapkan perhitungan perpangkatan
dari pangkat posistif ke pangkat negatif pada bilangan berpangkat atau
sebaliknya
|
Sk
|
5
|
||
Peserta didik mampu menghitung hasil pembagian bilangan berpangkat negatif menjadi
bilangan berpangkat positif
|
Sd
|
7
|
||||
4.1
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar.
|
Peserta ddidik mampu menerapkan pemangkatan pada bentuk
baku(notasi ilmiah)
|
Md
|
8
|
||
|
3.1
|
Menjelaskan
dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar,
serta sifat-sifatnya.
|
Bilangan
Berpangkat dan Bentuk Akar
|
Peserta didik dapat menyelesaikan
operasi
penjumlahan dan pengurangan pada bentuk akar
|
Sk
|
9
|
Peserta didik dapat menyelesaikan
operasi perkalian
dan pembagian pada bentuk akar
|
Sk
|
10
|
||||
Peserta didik dapat menyelesaikan perkalian atau
pemangkatan bentuk akar
|
Sd
|
11
|
||||
4.1
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan
bentuk akar.
|
Peserta didik dapat menerapkan sifat-sifat bentuk akar
pada perhitunngan luas atau keliling bangun datar
|
Sd
|
12, 13
|
||
Peserta didik dapat menerapkan operasi bilangan
berpangkat pada perhitungan penjumlahan bilangan rasional
|
Sk
|
15
|
||||
Peserta didik dapat menggunakan sifat operasi bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar untuk menghitung panjang sisi suatu
segitiga siku-siku
|
Sd
|
16
|
||||
2.
|
3.2
|
Menjelaskan persamaan
kuadrat dan
karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
|
Persamaan Kuadrat
|
Peserta didik dapat menyelesaian persamaan kuadrat
|
Sd, Sk
|
17, 20
|
Peserta didik dapat membentuk persamaan kuadrat yang
akar-akarnya telah diketahui
|
Sd
|
18
|
||||
Peserta didik dapat menghitung bentuk persamaan kuadrat dengan
melengkapkan kuadrat sempurna
|
Sd
|
19
|
||||
Peserta didik dapat
menerapkan sifat-sifat akar persamaan kuadrat
|
Sk
|
21
|
||||
2.
|
4.2
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
Persamaan Kuadrat
Persamaan Kuadrat
|
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dua buah bilangan
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
|
Sk
|
22
|
3.2
|
Menjelaskan persamaan
kuadrat dan
karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
|
Peserta didik
dapat menerapkan sifat-sifat akar persamaan kuadrat
|
Sk
|
23
|
||
4.2
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
Peserta didik
dapat menerapkan pengetahuanya untuk memahami persamaan kuadrat dan
menyelesaikannya
|
Sd
|
24
|
||
3.
|
3.3
|
Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan,
dan grafik
|
Fungsi Kuadrat
|
Peserta didik dapat
menghitung nilai fungsi kuadrat
|
Sd
|
25,26
|
Peserta didik dapat
menentukan pembuat nol fungsi kuadrat
|
Sd
|
27
|
||||
Peserta didik dapat menentukan
titik potong grafik fungsi kuadrat pada sumbu Cartesius
|
Sk
|
28
|
||||
Peserta didik dapat
menentukan koordinat titik balik suatu fungsi
|
Sk
|
29
|
||||
Peserta didik dapat
menghitung luas maksimum bangun datar dengan konsep fungsi kuadrat
|
Sk
|
30
|
||||
4.3
|
Menyajikan fungsi kuadrat
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
Peserta didik dapat
menentukan grafik fungsi kuadrat
|
Sk
|
32,33
|
||
4.4
|
Menyajikan dan menyelesaikan masalah
kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
|
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi
kuadrat
|
Sk
|
31
|
||
4.
|
3.5
|
Menjelaskan transformasi geometri
(refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual |
Transformasi
|
Peserta didik dapat
menentukan kooordinat titik yang ditranslasi
|
Sd
|
34 , 35
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan
bayangan titik yang dicerminkan terhadap suatu garis
|
Sd
|
36
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat
menentukan bayangan titik yang direfleksi terhadap suatu garis
|
Sd
|
37
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan bayangan titik yang
dirotasi
|
Sd
|
38
|
Peserta didik dapat menentukan bayangan titik yang di
dilatasi
|
Sd
|
39
|
||||
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan bayangan sebuah titik
yang mengalami beberapa kali transformasi
|
Sk
|
40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar