Jumat, 19 November 2021

SPLDV

  Hari/ Tanggal : Jumat, 19 November 2021

 Kelas              : 8F

 Materi            :  Sistem Persamaan Linier Dua Variabel


KOMPETENSI DASAR

3.2  Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata

Tujuan Pembelajaran :

Siswa diharapkan dapat:

     -  Membedakan persamaan linier satu variabel dan persamaan linier dua variabel

     -  Menghitung persamaan linier dua variabel dengan cara substitusi

Assalamualaikum anak- anak yang sholeh sholehah....

Apa kabarnya hari ini ?

Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin.....

Dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan dan selalu memakai prokes nya ya nak.

Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran di pagi ini, alangkah baiknya kita awali dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaahnya terlebih dahulu ya nak, dan tak lupa setelah itu pembacaan asmaul husna dan doa belajar ya supaya ilmu yang dipelajari hari ini akan bermanfaat, mudah diterima dan akan berkah ilmunya 

 Baiklah untuk pertemuan kali ini kita akan memasuki materi 

 Penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

Cara penyelesaian SPLDV dapat dilakukan dengan cara :


1. Substitusi
Menggantikan satu variable dengan variable dari persamaan yang lain.
contoh :

jawab :

Kita ambil persamaan pertama yang akan disubstitusikan yaitu x + 2y = 8
Kemudian persamaan tersebut kita ubah menjadi x = 8 – 2y,
Kemudian persamaan yang diubah tersebut disubstitusikan ke persamaan
2x – y = 6 menjadi :
2 (8 – 2y) – y = 6
à (x persamaan kedua menjadi x = 8 – 2y)
16 – 4y – y = 6
16 – 5y = 6
-5y = 6 – 16
-5y = -10
5y = 10
y = 10/5 = 2
masukkan nilai y=2 ke dalam salah satu persamaan :
x + 2y = 8
x + 2. 2 = 8
x + 4 = 8
x = 8 - 4
x = 4




2. Eliminasi
Dengan cara menghilangkan salah satu variable x atau y
contoh :
Selesaikan soal di atas dengan cara eliminasi:
Jawab ;
x + 2y = 8
2x – y = 6
(i) mengeliminasi variable x

5y = 10

y = 10/5
y = 2
masukkan nilai y = 2 ke dalam salah satu persamaan
x + 2 y = 8
x + 2. 2 = 8
x + 4 = 8
x = 8 – 4
x = 4




(ii) mengeliminasi variable y

x = 20/5

x = 4
masukkan nilai x = 4 ke dalam salah satu persamaan
x + 2 y = 8
4 + 2y = 8
2y = 8 – 4
2y = 4
y = 4/2
y = 2


3. Grafik
Dengan menggambarkan persamaan linearnya pada koordinat Cartesius, titik potong dari kedua persamaan linier tersebut merupakan penyelesaiannya.
Contoh:
Carilah penyelesaian dari:

Jawab:


·                     Tentukan titik potong garis x + y = 8 dengan sumbu x dan sumbu y

·                     titik potong dengan sumbu y jika x = 0

·                     jika x = 0 à maka y = 8 – x = 8 – 0 = 8

·                     titik potong dengan sumbu x jika y = 0

·                     jika y = 0 à x = 8 – y = 8 – 0 = 8

·                     Maka persamaan garis x + y = 8 adalah melalui titik (0.8) dan (8,0)

 

·                     Tentukan titik potong garis 2x – y = 4 dengan sumbu x dan sumbu y

·                     titik potong dengan sumbu y jika x = 0

·                     jika x = 0 à maka y = 2x – 4 = 2.0 – 4 = - 4

·                     titik potong dengan sumbu x jika y = 0

·                     jika y = 0 à2 x = y + 4 = 0 + 4 = 4, maka x = = 2

·                     Maka persamaan garis 2x – y = 4 adalah melalui titik (0, -4) dan (2,0)


dari gambar grafik terlihat titik potong garis x + y = 8 dan 2x – y = 4 adalah (4,4).



Contoh soal penggunaan sistem persamaan linear dua variabel :


Harga 2 buah mangga dan 3 buah jeruk adalah Rp. 6000, kemudian apabila harga untuk membeli 5 buah mangga dan 4 buah jeruk adalah Rp11.500,-. Berapa jumlah uang yang harus dibayar apabila kita akan membeli 4 buah mangga dan 5 buah jeruk ?


Jawab :


Dalam menyelesaikan persoalan cerita seperti di atas diperlukan penggunaan
model matematika.
Misal: harga 1 buah mangga adalah x dan harga 1 buah jeruk adalah y
Maka model matematika soal tersebut di atas menjadi :


2x + 3 y = 6000
5x + 4 y = 11500
Ditanya 4 x + 5 y = ?


Kita eliminasi variable x :
masukkan ke dalam salah satu persamaan :
2x + 3 y = 6000

2x + 3 . 1000 = 6000

2x + 3000 = 6000
2x = 6000 – 3000
2x = 3000
x = 1500


didapatkan x = 1500 (harga sebuah mangga) dan y = 1000 (harga sebuah jeruk) sehingga uang yang harus dibayar untuk membeli 4 buah mangga dan 5 buah jeruk adalah


4 x + 5 y = 4. 1500 + 5. 1000
= 6000 + 5000
= Rp. 11.000,-


Untuk lebih jelas dengan materi ini, silahkan anak anak kerjakan latihan di bawah ini

LATIHAN

1. Rina membeli 3 kg apel dan 2 kg jeruk. Uang yag harus dibayarkan adalah Rp 65.000,00.
Jika diubah menjadi persamaan linear dua variabel, maka pernyataan tersebut menjadi ....
a. 3x + 2y = 65.000
b. 3x – 2y = 65.000
c. 3x + 2y = 65
d. 3x – 2y = 65

2. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 

x + y = 12,  

 x – y = 4 adalah ....


a. { 4 , 8 }
b. { 12 , 4 }
c. { 4 , 12 }
d. { 8 , 4 }


3. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan

 x - y = 6,

 x + y = 10 adalah ....


a. {8 , 2}
b. {2 , 8}
c. {6 , 10}
d. {10 , 6}

4. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan

 2x - 5y = 1,

 4x – 3y = 9 adalah ...

.
a. {1, 3 }
b. {2, 5 }
c. {3, 1 }
d. {4, 3 }

5. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 
2x - y = 4,
 -2x – 3y = -4 adalah ....

a. {4 , -4}
b. {2 , 0}
c. {2 , 3}
d. {2 , -2}

KERJAKAN PAKE JALAN YA NAK.... KALAU SUDAH KIRIMKAN LEWAT EMAIL budiutami77@gmai.com

16 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Nama Bilal pratama
    Kls8f
    Ket Hadir
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Nama albhi zafaran
    Kls8f
    Ket Hadir
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,
    Nama:Kayla Assyfa Listhon
    Kelas:8F
    Hari/tanggal:Jum'at/19 November 2021
    Terimakasih bu.
    Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Safira Azzahra
    8F
    Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Wafa Aziza
    8F
    Hadir

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Nama Alvin Aditya Nugraha
    Kls8f
    Ket Hadir
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  7. Assalammualaikum
    Nama:Zullia Ade Rono W
    Kelas:8F
    Hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Khalista Sheila Lathifah.
    Dari kelas 8 F.
    Hari/Tanggal: Jum’at, 19 November 2021.
    Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum
    Nama : Sabina laiqa derina
    Kls : 8F
    Ket : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama saya Khalisa Putri Mukhbita
    Dari kelas 8F || Absen : 12
    Keterangan: Hadir mengikuti pembelajaran
    Hari/Tanggal : Jum'at, 19 November 2021.
    Terimakasih bu atas materinya 🙏🏻.
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Nama were fadhil a
    Kls 8F
    Hadir

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama : Arga aditya
    Kelas : 8F
    Ket : hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum wr wb
    Nama:Raytama Aldino Putra
    Kelas:8F
    Ket hadir
    Wassalmualaikum wr wb

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum
    Nama : Muhammad Yusuf Isa
    Kelas : 8F
    Terimakasih

    BalasHapus