Kamis, 04 Maret 2021

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG ( KERUCUT)

 HARI / TANGGAL  : KAMIS / 4 MARET 2021

KELAS                      :  9F,9G

KD                              3.7     Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun

                                      ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)

Materi Pokok              : Bangun Ruang Sisi Lengkung


Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik  diharapkan dapat menyebutkan unsur, sifat sifat serta membuat generalisasi luas permukaan  bangun ruang sisi lengkung (kerucut) sampai benar.


Assalamualaikum anak- anak.......

  Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya. 

 Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 


KERUCUT

Pengertian Kerucut

Kerucut merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki sebuah alas yang berbentuk lingkaran dengan selimut yang mempunyai irisan dari lingkaran.

Di dalam geometri, kerucut merupakan sebuah limas istimewa yang memiliki alas lingkaran. Kerucut mempunyai 2 sisi dan 1 rusuk. Sisi tegak kerucut tidak berwujud segitiga namun berwujud bidang miring yang disebut sebagai selimut kerucut.

Yang membedakan antara limas dengan kerucut yaitu alas kerucut memiliki bentuk lingkaran, sementara pada limas berbentuk segi n beraturan.

Unsur-unsur Kerucut

luas permukaan kerucut

luas permukaan kerucut
1. Bidang alas, yakni sisi yang berbentuk lingkaran (daerah yang diraster).
2. Diameter bidang alas (d), merupakan ruas garis AB.
3. Jari-jari bidang alas (r), merupakan garis OA serta ruas garis OB.
4. Tinggi kerucut (t), yakni jarak dari titik puncak kerucut ke pusat bidang alas (ruas garis CO).
5. Selimut kerucut, merupakan sisi kerucut yang tidak diraster.
6. Garis pelukis (s), merupakan garis-garis pada selimut kerucut yang ditarik dari titik puncak C ke titik pada lingkaran.

s2 = r2 + t2

r2 = s2 ─ t2

t2 = s2 ─ r2


Sifat Kerucut

Terdapat beberapa sifat pada bangun ruang kerucut, antara lain ialah sebagai berikut:

1. Kerucut memiliki 2 sisi.
2. Kerucut tidak  memiliki rusuk.
3. Kerucut memiliki 1 titik sudut.
4. Jaring-jaring kerucut terdiri atas lingkaran serta segitiga.
5. Tidak memiliki bidang diagonal
6. Tidak memiliki diagonal bidang


Rumus luas selimut kerucut

sama dengan luas juring CDD’.

Rumus luas selimut kerucut

Rumus Luas permukaan kerucut

= Luas selimut + Luas alas

Rumus Luas permukaan kerucut

dengan:

r : jari-jari lingkaran alas

s : apotema

π = 22/7 atau 3,14


Contoh Soal Luas Permukaan Kerucut :

Soal 1.

Panjang jari-jari alas sebuah kerucut adalah 7 cm serta tingginya 24 cm. Hitunglah luas seluruh kerucut itu dengan π = 22/7!

Penyelesaian :

Diket :

r = 7 cm

t = 24 cm

Dit : Luas seluruh kerucut?

Jawab :

Perhatikan gambar sebuah kerucut diatas, hubungan antara r,s dan t merupakan sebuah segitiga siku2 sehingga berlaku rumus phytagoras.

s² = r² + t²

s² = 7² + 24²

s² = 625

s  = 25

Luas seluruh kerucut = πr² + πrs

Luas seluruh kerucut = πr(r+s)

Luas seluruh kerucut = 22/7×7×(7+25)

Luas seluruh kerucut = 22×32

Luas seluruh kerucut = 704 cm²



Soal 2.

4.7

Gambar diatas menunjukan kap lampu dengan panjang jari-jari lingkaran atas 5 cm serta jari-jari lingkaran bawah 10 cm. Hitunglah berapa luas bahan yang harus disediakan untuk membuat kap lampu tersebut !

Penyelesaian :

Diket :

rkecil (rk) = 5 cm

skecil (sk) = 8 cm

rbesar (rb) = 10 cm

sbesar (sb) = 20

Dit : luas bahan yang digunakan ?

Jawab :

Luas bahan yang digunakan = luas selimut kerucut besar – luas selimut kerucut kecil

Luas bahan yang digunakan = πrbsb – πrksk

Luas bahan yang digunakan = (3,14 × 10 × 20)-(3,14 × 5 × 8)

Luas bahan yang digunakan = 628 -125,6

Luas bahan yang digunakan = 502,4 cm²


Demikianlah materi kita hari ini, semoga bermanfaat dan untuk lebih pahamnya anak anak.... silahkan kerjakan latihan mandiri ya!

TUGAS

LATIHAN 3 HALAMAN 74 NO 1,2,3

21 komentar:

  1. Terimakasi materi penjelasan tsb buk
    Affan fazle mawla 9G

    BalasHapus
  2. Terimakasih bu
    Gama thorfa riyadi 9f

    BalasHapus
  3. Terimakasih bu
    Febriyanazalianti 9f

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu
    __Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  5. Terimakasih Bu
    M. Rizki asady 9f

    BalasHapus
  6. Terimakasih bu naufal athala 9g

    BalasHapus
  7. terimakasih bu
    hagista pratiwi 9F

    BalasHapus
  8. Terima kasih bu
    FerdiYawan Saputra 9F

    BalasHapus
  9. Terima kasih Bu
    Muhammad Rafif fahrawi 9f

    BalasHapus
  10. Trima kasih bu
    M. Rifky ferdian e 9G

    BalasHapus
  11. Terima kasih bu
    Meria Syahrani

    BalasHapus
  12. Terima kasih bu
    M. Dian alifio f. 9G

    BalasHapus