HARI / TANGGAL : KAMIS / 4 MARET 2021
KELAS : 9F,9G
KD : 3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
Materi Pokok : Bangun Ruang Sisi Lengkung
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat menyebutkan unsur, sifat sifat serta membuat generalisasi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung (kerucut) sampai benar.
Assalamualaikum anak- anak.......
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya.
Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
KERUCUT
Pengertian Kerucut
Kerucut merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki sebuah alas yang berbentuk lingkaran dengan selimut yang mempunyai irisan dari lingkaran.
Di dalam geometri, kerucut merupakan sebuah limas istimewa yang memiliki alas lingkaran. Kerucut mempunyai 2 sisi dan 1 rusuk. Sisi tegak kerucut tidak berwujud segitiga namun berwujud bidang miring yang disebut sebagai selimut kerucut.
Yang membedakan antara limas dengan kerucut yaitu alas kerucut memiliki bentuk lingkaran, sementara pada limas berbentuk segi n beraturan.
Unsur-unsur Kerucut
luas permukaan kerucut
1. Bidang alas, yakni sisi yang berbentuk lingkaran (daerah yang diraster).
2. Diameter bidang alas (d), merupakan ruas garis AB.
3. Jari-jari bidang alas (r), merupakan garis OA serta ruas garis OB.
4. Tinggi kerucut (t), yakni jarak dari titik puncak kerucut ke pusat bidang alas (ruas garis CO).
5. Selimut kerucut, merupakan sisi kerucut yang tidak diraster.
6. Garis pelukis (s), merupakan garis-garis pada selimut kerucut yang ditarik dari titik puncak C ke titik pada lingkaran.
s2 = r2 + t2 | r2 = s2 ─ t2 | t2 = s2 ─ r2 |
Sifat Kerucut
Terdapat beberapa sifat pada bangun ruang kerucut, antara lain ialah sebagai berikut:
1. Kerucut memiliki 2 sisi.
2. Kerucut tidak memiliki rusuk.
3. Kerucut memiliki 1 titik sudut.
4. Jaring-jaring kerucut terdiri atas lingkaran serta segitiga.
5. Tidak memiliki bidang diagonal
6. Tidak memiliki diagonal bidang
Rumus luas selimut kerucut
sama dengan luas juring CDD’.
Rumus Luas permukaan kerucut
= Luas selimut + Luas alas
dengan:
r : jari-jari lingkaran alas
s : apotema
π = 22/7 atau 3,14
Contoh Soal Luas Permukaan Kerucut :
Soal 1.
Panjang jari-jari alas sebuah kerucut adalah 7 cm serta tingginya 24 cm. Hitunglah luas seluruh kerucut itu dengan π = 22/7!
Penyelesaian :
Diket :
r = 7 cm
t = 24 cm
Dit : Luas seluruh kerucut?
Jawab :
Perhatikan gambar sebuah kerucut diatas, hubungan antara r,s dan t merupakan sebuah segitiga siku2 sehingga berlaku rumus phytagoras.
s² = r² + t²
s² = 7² + 24²
s² = 625
s = 25
Luas seluruh kerucut = πr² + πrs
Luas seluruh kerucut = πr(r+s)
Luas seluruh kerucut = 22/7×7×(7+25)
Luas seluruh kerucut = 22×32
Luas seluruh kerucut = 704 cm²
Soal 2.
Gambar diatas menunjukan kap lampu dengan panjang jari-jari lingkaran atas 5 cm serta jari-jari lingkaran bawah 10 cm. Hitunglah berapa luas bahan yang harus disediakan untuk membuat kap lampu tersebut !
Penyelesaian :
Diket :
rkecil (rk) = 5 cm
skecil (sk) = 8 cm
rbesar (rb) = 10 cm
sbesar (sb) = 20
Dit : luas bahan yang digunakan ?
Jawab :
Luas bahan yang digunakan = luas selimut kerucut besar – luas selimut kerucut kecil
Luas bahan yang digunakan = πrbsb – πrksk
Luas bahan yang digunakan = (3,14 × 10 × 20)-(3,14 × 5 × 8)
Luas bahan yang digunakan = 628 -125,6
Luas bahan yang digunakan = 502,4 cm²
Demikianlah materi kita hari ini, semoga bermanfaat dan untuk lebih pahamnya anak anak.... silahkan kerjakan latihan mandiri ya!
TUGAS
LATIHAN 3 HALAMAN 74 NO 1,2,3
Terimakasi materi penjelasan tsb buk
BalasHapusAffan fazle mawla 9G
Terimakasih bu
BalasHapusLuthfia 9F
Terimakasih Bu
BalasHapusSherly
Terimakasih bu
BalasHapusGama thorfa riyadi 9f
Trimakasih bu
BalasHapusNurliza dasyu 9G
Terimakasih bu
BalasHapusFebriyanazalianti 9f
Terima kasih bu
BalasHapus__Suci Ramadhani 9G
terima kasih bu
BalasHapusneva 9g
terima kasih bu
BalasHapusfalsya nanda 9f
Terimakasih Bu
BalasHapusM. Rizki asady 9f
Terimakasih bu naufal athala 9g
BalasHapusterimakasih bu
BalasHapushagista pratiwi 9F
trimakasih bu
BalasHapuszaskia ramadhina 9g
trimakasih bu
BalasHapuszaskia ramadhina 9g
Terima kasih bu
BalasHapusFerdiYawan Saputra 9F
terimakasih bu
BalasHapusbunga nur 9f
Terima kasih Bu
BalasHapusMuhammad Rafif fahrawi 9f
terimakasih bu
BalasHapusraya aurelli 9g
Trima kasih bu
BalasHapusM. Rifky ferdian e 9G
Terima kasih bu
BalasHapusMeria Syahrani
Terima kasih bu
BalasHapusM. Dian alifio f. 9G