HARI / TANGGAL : SENIN / 5 APRIL 2021
KELAS : 9B,9C,9D,9E
KD : 3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
Materi Pokok : Bangun Ruang Sisi Lengkung
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat menghitung volume (bola) sampai benar.
Assalamualaikum anak- anak.......
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, Bagaimana libur akhir pekannya?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melaksanakan pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan opening class, Serta dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan doa belajar ya.
Serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Rumus Volume Bola
- Pertama, Anda harus sediakan sebuah bola plasti yang sudah dilubangi dan juga model kerucut dari seng atau plastik. Untuk ukuran jari-jari dan juga tinggi kerucut harus sama dengan ukuran jari-jari bola.
- Isi model kerucut tersebut dengan menggunakan pasir sampai bisa penuh. Kemudian tuangkan semua pasir dalam model kerucut tersebut ke dalam bola plastik.
- Lakukan langkah ke dua hingga beberapa kali sampai bola plasti bisa penuh terisi oleh pasir.
- Berapa kali Anda bisa mengisi bola plasti sehingga bola tersebut penuh terisi oleh air?
Dari kegiatan ini, jadi apa yang bisa Anda simpulkan? Buatlah laporannya
Silahkan Anda perhatikan gambar 1. Gambar (a) adalah gambar setengah lingkaran. Apabila bangun tersebut sejauh 360 derajat pada bagian garis tengah AB maka akan didapatkan bangun seperti pada gambar (b).
Untuk dapat mengetahui rumus volume bola maka bisa dilakukan dengan percobaan sebagai berikut ini:
- Siapkan sebuah wadah yang memiliki bentuk bola berjari-jari r (wadah (1)) dan juga sebuah wadah yang memiliki bentuk kerucut berjari-jari r dan tingginya juga r (wadah (2)).
- Isian beras ke dalam wadah (2) hingga penuh.
- Kemudian pindahkan beras di dalam wadah (2) ke wadah (1)
Dari aktivitas tersebut bisa kita lihat bahwa setelah memindahkan beras langsung wadah (2) ke wadah (1) hingga empat kali, wadah (1) yang memiliki bentuk model bola penuh. Dengan demikian untuk bangun bola dan juga kerucut yang memiliki tinggi setengah kali diameter bola dan jari-jari kerucut sama seperti jari-jari bola, maka:
Jadi, untuk volume bola dengan jari-jari r bisa dinyatakan dengan rumus sebagai berikut ini :
Contoh Soal Volume Bola
1). Hitunglah volume bola yang mempunyai jari-jari 9 cm.
Penyelesaian
Diketahui : r = 9 cm
Ditanyakan : Volume bola?
Jawab:
Jadi, volume bola tersebut tersebut adalah 3052,08 cm3
Demikianlah materi kita hari ini, semoga bermanfaat. Dan untuk lebih jelasnya anak anak kerjakan latihan ya....
LATIHAN MANDIRI
KERJAKAN LATIHAN DI BUKU PAKET 3B
HALAMAN 93, LATIHAN 9
NO. 1,4,9
Terima kasih bu
BalasHapusMuhammad Daffa al haaq 9.b
Terimakasih Bu
BalasHapus-Nabilla Syahiya 9C
terimakasih bu
BalasHapusadara elma 9d
terimakasih bu
BalasHapus-salsabila cintami 9b
BalasHapusterimakasih bu
Aina niken r 9E
Terima kasih Bu
BalasHapusMelda Rizta 9E
terimakasih bu
BalasHapusAdekia Rafa Na'ilah 9b
Terimakasih Bu
BalasHapus-sasta humayra 9c
terima kasih bu
BalasHapussagita abdhi dharma 9b
terimakasih bu
BalasHapusfarida febrian f 9E
Terima kasih Bu
BalasHapusNajwa Azzukhrufiah
Kelas 9D
Terima kasih bu
BalasHapusOktaviana Safitri 9B
Terimakasih bu
BalasHapusM.fauzan Oktriananda 9C
Terima kasih bu
BalasHapusM. Rashky zaid 9e
terimakasih bu
BalasHapusAmanda Shafa 9C
terima kasih bu
BalasHapusklara rahma 9e
Terimakasih bu
BalasHapus-abell nadila zhra 9d
Terima kasih Bu
BalasHapusRadit heka ramadhan 9b
Terimakasih bu
BalasHapusRafi ahmad b 9c
Terima kasih bu
BalasHapusBanyu laksana bimantara 9E
Trims bu
BalasHapusRadithya Wirasena 9b
Terima kasih bu
BalasHapusBalqis zahra fairus 9e
trimakasih bu
BalasHapusBima cahya ramadhan 9D
terimakasih bu
BalasHapus—Saskia salsabila 9C
Trimakasih bu
BalasHapus-Muhammad Tri Zaeri 9c
Terimakasih bu
BalasHapusSalsabila 9e
Terimakasih Bu
BalasHapusAsyifa nur Annisa 9D
Terima kasih Bu
BalasHapusRifki Yudika 9D
Terima kasih bu
BalasHapusRizky Kurniawan 9d
terimakasih bu
BalasHapussiti astiya zulfa 9d
Terima kasih Bu
BalasHapusM. Dzaky Taruna 9C
terimakasih bu
BalasHapusfaiz daka w 9c
Terimakasih bu
BalasHapusAmanda Fitri Yani 9d
Terima kasih Bu
BalasHapusRiffa Yudika P 9D
Trimakasih Bu
BalasHapusM.Rafi fazli 9E
Terima kasih buk
BalasHapusReyhan Pratama 9D
Terimakasih bu
BalasHapusM Adryan Syaputra 9D
Terima kasih bu
BalasHapusDedi setiawan 9d
Terima Kasih Bu
BalasHapusM.Farhan 9c
Terima kasih Bu
BalasHapusR.wiguna Bimasenda Alif
9e
Terimakasih bu
BalasHapusRafli rahmat dani 9D
Terima kasih Bu
BalasHapusFavian Arkaanda 9B
Terimakasih bu
BalasHapusRisky 9e
terimakasih bu
BalasHapussalsabilah puspa 9d
Terimakasih bu
BalasHapusAyu maharani 9d
terimakasi ibu
BalasHapuslaudy salwa 9e
Terimakasih bu
BalasHapusChalista Marta a 9D
Terimakasih bu
BalasHapusWiarya Winata 9e
Terimakasih bu
BalasHapus-dhea rachma 9C
terima kasih bu
BalasHapus—M.farid Nur rasyid 9C
Terima kasih Bu
BalasHapus-Muhammad Fathi Farhat 9c
Terima kasih bu
BalasHapusCaesar Abdurrahman 9B
terimakasih bu
BalasHapusManda vivian andreans 9b
Terimakasih Bu
BalasHapusM.Rafif Rifaldi 9c
Terimakasih bu
BalasHapusAlyaa Raisya Rahmadhani IX c
Terima kasih Bu
BalasHapusAlita Aura 9b
Terima kasih bu
BalasHapus__Suci Ramadhani 9G